Bulan Puasa yang agak Random

11:06

Assalamualaikum semua!


Tepat beberapa hari lagi kita bakal memasuki bulan Ramadhan. Bulan dimana kamu bakalan beribadah lebih banyak daripada bulan sebelumnya. Bulan dimana kamu bakal sadar dengan dosa kamu di bulan-bulan sebelumnya. Menurut aku bulan puasa itu emang syahdu banget. Pokoknya beda deh dari bulan yang lain. 

Pas SD dulu aku ingat banget, biasanya temen temen aku pada pamer --" misalnya aja si X puasa 1 bulan penuh. Terus si Y puasanya setengah haru doang. Dan mamahnya si Z bilang bahwa anaknya puasa 1 bulan penuh untuk pertama kali -_- 

Hal yang ngga bisa terlewatkan itu adalah saat saat menunggu berbuka puasa. 1 Jam sebelum berbuka rasanya lamaaaa banget. Jadi, aku biasanya bantuin beres-beres meja sekalian nonton film ramadhan. Aku ingat film yang sering aku tonton dulu itu Lorong Waktu. Sampai berapa season gitu kalau nggak salah. Terus ada juga Kiamat Sudah Dekat. Last but not least, ada PPT a.k.a Para Pencari Tuhan. Ini film emang kocak gila. Dan di tahun ini, ada lagi! Waaah, bahagia sangat lah :)

Hmm, soal minuman dan makanan pas bulan puasa ya? Kalau di rumah aku, minuman wajib itu adalah teh. Selalu ada pada saat sahur dan berbuka. Tehnya bukan teh botol. Soalnya dirumah kami minum memakai gelas. Bukan memakai botol. hehe. 


Terus soal makanan, kami nggak menggilai korma dengan sangat. Jadi korma jarang ada. Yang pasti ada itu adalah nasi. Soal lauk pauknya yaa macam macam. Kadang ada daging, ayam, sayur, mie goreng dll. Biasanya kalau sore-sore, papa aku suka hunting makanan ringan kayak risoles atau pastel soalnya kalau sore sore banyak yang jualan pabukoan*


Kalau malam hari kami biasanya solat tarawih di masjid. Dulu, waktu masih SD aku solat sama omaku ke mesjid. Jalan kaki sama bawa senter. Ingat! kami bukan ngeronda. Kami mau tarawihan di masjid, clear? 


Pas orang-orang tua solat, kami yang anak anak biasanya beli sate. Kita beli pake carocok*. Jadi kadang cuma beli kerupuk doang sama daging. Atau kuah sate sama tusuk sate tanpa daging aja. Oke, yang terakhir aku bohong. Pokoknya:


Marhaban ya Ramadhan,
Dengan hati yang bersih serta keikhlasan
Aku cuma mau bilang: 


Selamat menjalani bulan puasa semua 

Ya, kira kira gitu dee suasana bulan puasa aku. Ini ceritaku, apa ceritamu? 

*pabukoan = makanan yang dijual untuk berbuka
*carocok     = tempat dari daun pisang yang digunakan kalau beli sate 

You Might Also Like

2 comments

  1. eh, kalo di rumahku, kurma itu wajib.. hehe, selamat menjalankan ibadah puasa juga yaahh... :D

    ReplyDelete
  2. hehe,
    sama sama affie :D

    kamu juga selamat menjalankan ibadah puasa :)

    ReplyDelete

Ayooo! Dikomen dikomen. Dikomen dikomen.