Membuat Paspor Di Imigrasi Batam

15:49

Setelah kemarin nge-post tentang mendaftar paspor secara online, sekarang saya mau bercerita tentang cara bikin paspor setelah pendaftaran online tersebut. Kebetulan saya membuat paspor di imigrasi Batam. Lokasinya di daerah Batam Centre (bagi yang nggak tau) :3

 Apa aja yang dibutuhkan sebelum berangkat ke Imigrasi untuk mengurus paspor? 

1. Fotokopi KTP
Untuk fotokopi KTP ini harus besar. Fotokopi di kertas ukuran A4 dan kertasnya nggak boleh dipotong. Bisa aja sih fotokopi di kantor imigrasi, cuma kadang tempat fotokopinya tutup, kadang rusak -_- 

Kalaupun fotokopi sama calo, biasanya selembar bisa dipatok hingga Rp 10.000, udah gitu kadang ada yang tertukar KTPnya ketika dikembalikan. Repot deh kan nyari-nyari KTP yang tertukar, mau ngalahin putri yang tertukar kali, ya :3 padahal aslinya biaya fotokopi cuma Rp 500 perak ._. *nggak mau rugi* :3

Kalau memang bingung, coba fotokopi di deretan kios depan Carnaval Mall di Jl. Engku Putri. Pokoknya dari imigrasi jalan aja lurus ke arah Masjid Raya, ada lampu merah luruuuus aja sampe nemu Carnaval Mall. Terus bilang deh ke abang-abang atau om-om fotokopi, "Bang, fotokopi KTP untuk paspor" kalau mau gratis, godain aja abangnya -_- but this is not recommended apalagi kalau kamu juga cowok wkwkwk.

2. Fotokopi KK
3. Fotokopi Akta Lahir/Ijazah/Surat Nikah

4. Fotokopi Paspor lama*
Ini khusus untuk yang memperpanjang masa berlaku paspor atau menghidupkan paspor mati -_- silahkan fotokopi paspor yang lama dan bawa juga paspor lamanya.

Masing-masing dokumen 1 lembar. Jangan lupa bawa dokumen asli beserta bukti permohonan yang sudah di-print.

Tambahan:
- Bawa pena dengan tinta hitam. Kalau penanya nggak ada tinta bisa repot soalnya -..-
- Bawa materai, dan lem untuk nempel materai
- Kalau bisa bawa cemilan, soalnya bakal lama nunggu :|

Untuk lebih lengkap, silahkan langsung aja cek di website imigrasi  tentang persyaratan, prosedur, biaya dan hal-hal lain.

 Datang ke Imigrasi... 


NOTES
- Jangan memakai sendal
- Jangan pakai baju berwarna putih
- Jangan memakai celana pendek

Soalnya kemarin banyak kejadian ketika mengantri nomer antrian. Jadi sebelum masuk itu, si pemohon dicek. Yang pakai sendal disuruh ganti, yang pakai celana pendek nggak boleh masuk. Yang nggak pakai celana disuruh pake dulu.. becanda deh xD

Nah, imigrasi itu buka jam 08.00 tapi usahakan datang jam 07.00 biar dapat nomor antrian awal, jadi prosesnya cepat selesai. Soalnya jam kerja imigrasi itu dari jam 08.00 - 12.00 dari hari Senin sampai Kamis, (hari Jumat kurang tau deh sampe jam berapa -_-) Terus buka lagi jam 13.00 - 16.00. Kalo antrian nomor buncit, siap-siap aja kepotong jam makan siang, ngantri deh tuh sampai sore. 

Makanya dateng pagian biar cepat selesai :3 Saya aja nggak mandi demi dateng pagi, eh?


Wajib ngantri :)

Setelah datang ke imigrasi, kita harus ngantri dulu. Seperti gambar di atas, ini baru antrian sebelum masuk ke kantornya, nanti di dalam kantor antri lagi. Barang-barang diletakkan untuk menandai antrian. Bisa helm, botol minum, tas, map, dan sebagainya. Asal jangan klaim barang orang aja demi dapat antrian awal -___- Kalau sudah hampir jam 8, baru deh manusianya pada ngantri :3

Jam 8 pintu dibuka, di dalam ngantri lagi. Jadi ketika masuk, pemohon berbaris untuk mengambil nomor antrian di costumer service. Fotokopian tadi bakalan di cek di sini. Kalau udah lengkap, baru bisa mengambil nomor antrian. Kalau belum lengkap, disuruh lengkapin dulu :|



Setelah mendapatkan nomor antrian, pemohon harus mengambil surat pernyataan di loket yang telah di sediakan. Letak loketnya ini di seberang CS. Gini deh denahnya. Jangan sampai kebalik, soalnya itu barisan bisa aja diserobot orang belakang :|


Gini deh kira-kira denahnya

Nah, jadi mekanismenya itu begini. Antri di CS untuk mengambil nomor antrian. Kemudian mengambil formulir di loket. Formulir yang diberikan harus diisi dengan pena bertinta hitam tadi. Setelah itu kamu duduk cantik sampai nomor antrian dipanggil.

Setelah nomor antrian dipanggil, datanglah ke CS. Serahkan formulir tadi beserta dokumen yang telah dipersiapkan dari rumah tadi. Petugas imigrasinya bakal ngecek dokumen tersebut. Kalau misalnya udah oke, kita bakalan dikasih nomor antrian untuk wawancara dan foto.

Khusus untuk berfoto, kamu nggak boleh memakai baju putih. Alasannya biar kamu nggak disangka mbak Kunti :v Boong deh, alasannya karena background fotonya juga putih, makanya usahakan memakai baju yang berwarna selain putih. Terserah deh mau pakai kaos atau kemeja. 

Dapet A131, dateng jam 8 kurang~

Saya dapat nomor antrian A131. Dipanggil sekitar jam 10an. Terus setelah menyerahkan dokumen, saya dapat nomor antrian B (untuk foto dan wawancara), dan saya dipanggil setelah makan siang. 

Kalau misalnya nomer antrian kamu udah dipanggil, tapi kamunya entah dimana, siap-siap aja disuruh ngantri lagi -_- So, you should pay attention :|

Nanti nomor antrian kita dipanggil untuk foto dan wawancara. Saya kebagian foto dan wawancara setelah makan siang. Di ruangan itu, petugasnya minta liat dokumen asli. Ketika dikeluarkan nggak liat diliat juga ternyata -_- 

Pertanyaan wawancaranya itu nanya tanggal lahir, nama, alamat. Gitu-gitu aja deh. Terus nanti sidik jari kita di-scan. Setelah itu baru masuk sesi foto.

Karena saya bikin hari Rabu, paspornya bisa diambil hari Senin karena kepotong Sabtu Minggu. Oh iya, paspor yang lama bisa kita ambil nantinya ketika pengambilan paspor baru. Lumayan buat kenang-kenangan :')

Good luck with your passport! :)

You Might Also Like

87 comments

  1. Itu dokumen ga wajib fotokopi di imigrasi situ y, kalau map hrs bli di imigrasi?
    Itu tmpt fotokopiny buka jam brapa y apakah sblm jam 8 n distu ada jual map jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imigresen pelabuhan batam sekarang sudah mulai lagi meresakan masyarakat yg mau berangkat ke luar negri,,,meraka berani lagi meminta uang kepada masyarakat..memang kurang hajar

      Delete
  2. Tempat fotokopi di imigrasi batam sudah tidak ada. Anda bisa jalan ke gedung walikota sebelah imigrasi, disitu ada koperasi utk fotokopi. Tanya aja ke satpam ged.walikota utk loksinya.

    ReplyDelete
  3. Tempat fotokopi di imigrasi batam sudah tidak ada. Anda bisa jalan ke gedung walikota sebelah imigrasi, disitu ada koperasi utk fotokopi. Tanya aja ke satpam ged.walikota utk loksinya.

    ReplyDelete
  4. Oh gtu, mapnya sendiri bebas y ga perlu standar imigrasi..
    Ftkp KTP nya diperbesar depan sama belakang y atau cukup depan aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mapnya dibawa dari rumah. KTP cukup diperbesar depannya saja mas.

      Delete
  5. Sekedar tukar pengalaman
    Knpa tgl 12 okt'15
    Adik saya mo bikin pasport
    Ujung2nya 3 minggu lagi d suruh ambil formulir
    Pdahal urgent
    Gimana solusinya..bs bntu ng'
    Mkasih jwabnnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, kayaknya regulasi untuk pembuatan paspor sekarang sedikit berbeda dengan pengalaman saya >.< Sekarang kayaknya lebih lama :| Udah pernah coba daftar online mbak?

      Delete
  6. Sekedar tukar pengalaman
    Knpa tgl 12 okt'15
    Adik saya mo bikin pasport
    Ujung2nya 3 minggu lagi d suruh ambil formulir
    Pdahal urgent
    Gimana solusinya..bs bntu ng'
    Mkasih jwabnnya..

    ReplyDelete
  7. Sekedar tukar pengalaman
    Knpa tgl 12 okt'15
    Adik saya mo bikin pasport
    Ujung2nya 3 minggu lagi d suruh ambil formulir
    Pdahal urgent
    Gimana solusinya..bs bntu ng'
    Mkasih jwabnnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau mbak, sepertinya itu regulasi baru ya mbak, soalnya berbeda dengan saat saya memperbarui paspor.

      Delete
  8. Mau nanya kalau kwitansi pembayaran (bayar melalui bank BNI) hilang bagaimana ya?

    ReplyDelete
  9. Mau nanya kalau kwitansi pembayaran (bayar melalui bank BNI) hilang bagaimana ya?

    ReplyDelete
  10. hai mau tanya, kamu ke kanim dan wawancara pada hari itu juga, pembayarannya kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, wawancaranya pada hari itu juga. Pembayaran dilakukan sebelumnya. Baru setelah bayar dan konfirmasi secara online bisa ke kanim untuk antri dan wawancara.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. mau nanya gan itu wawancaranya hari itu jga apa enggak,dan brapa hari siap paspornya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telat jawab saya~ Wawancaranya hari itu juga mas. Biasanya 3-5 hari kerja udah jadi. Saya dulu siapnya 5 hari karena kena Sabtu Minggu.

      Delete
  13. Iya foto copynya tak ada lagi,ane karna tak ada kendaraan,jd datang pagi jam 6 lewat dapat antrian luar 37,d tawarkan poto copy, y udh lah ane potocopy aja sklian beli matrai,kenak 20rb :V sklian beli pena 5000 total 25.000 :V,pas di dalam ane dapat nmor antrian 021,allhamdulillah awal :D,ane kirain susah,ternyata dengan syarat yg lengkap tak sampai jam 10 selesai deh ane semuanya,ini ane udh santai di rumah :D,tinggal nantik nih,nunggu jam 2 buat pembayaran ke bank bni,soalnya menurut orang yg kasih kan pembayan ke bank itu,skrg jringan nya masih lambat,jd tnggu jam 2.an gtu deh kata nya :) nah udah siap hari ini data2,photo,sama wawancara,tinggal nunggu 4hari lagi deh dari hari kerja imigrasi,baru bisa ambil paspor nya :), gak serepot yg ada di pikiran ane ternyata,jalan nya gampang,asal syaratnya lengkap. Selamat mencoba bagi yang belum. Good luck ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih Boy udah ngeshare pengalamannya bikin paspor :D

      Delete
  14. Klo ktp bukan asli batam apa bisa mas? Ijazahnya tingkat apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, asal syaratnya lengkap. Ijazah terakhir anda mas, tingkatnya terserah :)

      Delete
    2. Bearti tidak perlu surat keterangan domisili ya?

      Delete
  15. Passpor yg lama difotocopy bagian yg mana ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagian depan mas, yang ada foto dan namanya.

      Delete
  16. Maaf mau tanya kalau ga punya ijaza,pakai akte kelahiran bisa ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Ngga wajib pakai ijazah. Yang penting ada KTP sama KK. Boleh pake akte kelahiran kalau ngga ada ijazah.

      Delete
  17. Klw saya daftar online tgl 30 Juli, bayar ke BNI tgl 1 Agus, bisa gk saya memilih tanggal ke kantor imigrasiny 2 minggu lagi?

    ReplyDelete
  18. kalau KTP bukan asli batam. terus kita hanya punya fotocopy kartu keluarga, aslinya di kampung bisa gak ya?? dan syaratnya yang di butuhkan KTP.KK.Akte lahir Izajah dan apa lagi ya? dan photo copy KTP harus sebesar Kertas A4 full ya atau setengah dan timbal balik ya? mohon replaynya thanks.

    ReplyDelete
  19. kalau KTP bukan asli batam. terus kita hanya punya fotocopy kartu keluarga, aslinya di kampung bisa gak ya?? dan syaratnya yang di butuhkan KTP.KK.Akte lahir Izajah dan apa lagi ya? dan photo copy KTP harus sebesar Kertas A4 full ya atau setengah dan timbal balik ya? mohon replaynya thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KTP bukan asli Batam ngga apa-apa. Kalau bisa bawa yang asli, soalnya kalau ngga bawa disuruh pulang -_- KTP, KK, Akte/Ijazah. Opsional aja yang terakhir. Fotokopi setengah kertas aja.

      Delete
  20. Mba sya maw tanya kmren sya buat paspor di imigrasi batam... udah siap sih tinggal bayar n ambil.. tnggal skian di suruh dtang.. sya buat buln 11 2015. Tiba2 sya di brngktkn dri PT sya berkerja di NTT. Sekrng sya sudh pulng msih bisa gak ya di ambil...??? Trimksih..

    ReplyDelete
  21. Mba sya maw tanya kmren sya buat paspor di imigrasi batam... udah siap sih tinggal bayar n ambil.. tnggal skian di suruh dtang.. sya buat buln 11 2015. Tiba2 sya di brngktkn dri PT sya berkerja di NTT. Sekrng sya sudh pulng msih bisa gak ya di ambil...??? Trimksih..

    ReplyDelete
  22. Mau tanya simponi online pada metode pembayaran (registrasi online) untuk paspor artinya apa yaa ? Bukannya pembayaran nya ke teller bank yaa
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya belum pernah denger simponi online mbak. Saya taunya juga ke teller bank untuk pembayaran.

      Delete
  23. Bang ,nama saya kan Rizky Amelia di KK tapi di KTP Risky Amelia ,itu gimana bang ya ?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bukan abang-abang mbak haha. Solusinya coba minta surat keterangan ganti nama di kelurahan/kecamatan mbak :)

      Delete
  24. Imigresen pelabuhan batam sekarang sudah mulai lagi meresakan masyarakat yg mau berangkat ke luar negri,,,meraka berani lagi meminta uang kepada masyarakat..memang kurang hajar

    ReplyDelete
  25. Imigresen pelabuhan batam sekarang sudah mulai lagi meresakan masyarakat yg mau berangkat ke luar negri,,,meraka berani lagi meminta uang kepada masyarakat..memang kurang hajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang ada pungutan liar, laporkan saja ke Direktorat Jendral Imigrasi mas supaya cepat ditindaklanjuti, dan praktek pungli bisa diberantas.

      Delete
  26. Kalau masih KTP SIAK bisa tidak ya membuat paspor di batam? Mohon infonya dong

    ReplyDelete
  27. Kalau masih KTP SIAK bisa tidak ya membuat paspor di batam? Mohon infonya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, asalkan syaratnya lengkap semua bisa kok :)

      Delete
  28. Kalau elektronik paspor gimana prosedurnya? Dan pembayaran ke bank bni itu dimananya bayarnya? Apa di dalam kantor imigrasi tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau elektronik kurang tau juga mbak. Untuk pembayaran biasanya di Kantor Imigrasi ada mobil BNI gitu. Nah, kita bisa bayar di sana :D

      Delete
    2. Daftarnya nggak bisa online kah kalau tahun 2017 ini? Berapa hari jadi paspornya waktu itu?

      Delete
    3. Wah kurang tau mbak. Soalnya temen saya juga kesulitan untuk daftar online tahun ini, kurang tau juga kenapa. Waktu itu paspor saya 5 hari jadi mbak.

      Delete
  29. Pas pengambilan paspor perlu antri dari pagi ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pengambilan paspor ngga perlu antri dari pagi mbak

      Delete
    2. Mbak Qistina kalau ektp nya luar batam emang harus pake suratbketerangan domisi batam dari kelurahan?

      Delete
    3. Wah, saya kurang tau mbak. Cuma menurut saya bawa aja mbak surat keterangan domisilinya.

      Delete
  30. Pas pengambilan paspor perlu antri dari pagi ga?

    ReplyDelete
  31. kalo ktp nya ktp kampung , syaratnya apa aja bu...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syaratnya sama semua pak. KTP, KK, ijazah/akta kelahiran/surat nikah.

      Delete
  32. Mbak kalau ijazahnya foto copy tp udah di legalisir boleh gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya juga kurang tau untuk fotokopi ijazah yang dilegalisir. Mungkin fotokopi legalisir bisa diganti dengan akta lahir atau surat nikah (bagi yang sudah menikah). Soalnya yang wajib itu KTP serta KK dan sisanya boleh milih antara ijazah/akta lahir/surat nikah, yang penting asli :)

      Delete
  33. Kk... Adik saya... Umurnya ... Masih 16.. Tahun.. Dia tinggal d batam.. Trusss.. Dia cuman ada berkas... Akte lahir asli... Ijazahhnya ngg ada sama skali.. Bisa lolos ngg ya...
    Trusss....
    Anak saya umur nya.. 2 bulan sama 3 tahun... Berapa biaya nya kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak. Untuk adik mbak yang umurnya masih 16 dan anak mbak yang umur 2 bulan sama 3 tahun syaratnya bisa cek link ini http://makassar.imigrasi.go.id/?page_id=5275 persyaratan ini untuk yang berusia 17 tahun ke bawah, jadi mereka daftar pakai KTP orangtua. Untuk lebih jelasnya silahkan dibaca lagi. Biaya paspor biasa sekitar 300 ribu dan untuk e-paspor sekitar 600 ribu. Semoga membantu :)

      Delete
  34. Kalau hari jumat loket pengambilan paspor buka dari jam berapa sampai jam berapa ya mbak ?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam 9/10 udah buka sepertinya mas. Tutupnya kurang tau sampai jam berapa :)

      Delete
  35. Senin sampai kamis.... Pengambilan paspor jam 3 sore bisa ngg ya ,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Angellina! Kalau bisa datang lebih pagi aja buat antisipasi :)

      Delete
  36. Mas saya sdh melakukan prosea wawancara dan foto, lalu petugas kasi kertas untuk pembayaran ke bni, tp krn hari hujan kertas pembayaran nya rusak, apakah saya bisa minta lagi kertas pembayaran nya ya?

    ReplyDelete
  37. Mas saya sdh melakukan prosea wawancara dan foto, lalu petugas kasi kertas untuk pembayaran ke bni, tp krn hari hujan kertas pembayaran nya rusak, apakah saya bisa minta lagi kertas pembayaran nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak, mungkin bisa langsung ditanyakan ke petugas BNInya :) terima kasih.

      Delete
  38. Yang penjelasan di atas mengenai bukti surat permohonan ap ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat permohonan yang mana ya? Ermmmm

      Delete
  39. Paspor lama udah habis 1 tahun..apa harus perpanjang atau bikin baru gan?..

    ReplyDelete
  40. Paspor lama udah habis 1 tahun..apa harus perpanjang atau bikin baru gan?..

    ReplyDelete
  41. Kalo kemarin aku bikin senin sampe proses pembayaran slse jam 11..kira2 bisa diambil kamis ga ya sis?karena jumat katanya sudah cuti orangnya

    ReplyDelete
  42. Biaya pembuatan paspor berapa sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paspor biasa 48 halaman Rp. 300.000,-
      Paspor biasa elektronis (e-passport) 48 halaman Rp. 600.000,-

      Lengkapnya silahkan merujuk di website imigrasi http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#masa-berlaku-dan-biaya

      Delete
  43. Mayerai bawa berapa... Aoa satu cukup sis... Thanks fir the information

    ReplyDelete
  44. Kalu ktp batam tp blm ektp bisa tak ya soalx saya mo perpanjang pasport. Ato hrs buat ektp dulu .makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih bisa mbak. Untuk lebih pastinya coba langsung tanya saja ke imigrasi :)

      Delete
  45. Mba mau tanya.. skr saya lihat di google harus membawa surat rekomendasi.. gimana tuh kalau saya tidak punya.. karna saya mau bikin e_pasport.. tolong donk

    ReplyDelete
  46. Mba mau tanya.. skr saya lihat di google harus membawa surat rekomendasi.. gimana tuh kalau saya tidak punya.. karna saya mau bikin e_pasport.. tolong donk

    ReplyDelete
  47. Sore mas, mau tanya , katanya sekarang ada system WA(whatsapp) jd gak perlu antri dari pagi lg sebelum kantor buka, itu benaran apa hoax aja ya?
    Trus harus pk pakaian kerah selain warna putih? Kaos bisa gak ya?
    Sendal jepit gak boleh , jadi pake sepatu boleh kan? Atau mesti sepatu kantoran ? Sendal tumit tinggi yg depan nya kebuka bisa ?
    Thanks gan for info nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak, saya cewe lol. Itu beneran kok mbak, sekarang bisa antre pake WhatsApp. Terserah mau pakai kaos atau kemeja yang penting warnanya selain putih. Sepatu ngga harus sepatu kantoran mbak. Yang penting bukan sendal jepit. Sendal tumit bisa, soalnya kan bukan sendal jepit. Thanks.

      Delete

Ayooo! Dikomen dikomen. Dikomen dikomen.