Pengalaman Membuat Paspor di Imigrasi Batam

FASE DAFTAR DARING 

Berhubung paspor bakalan habis awal tahun depan, saya memutuskan untuk perpanjang paspor bulan lalu. Prosedurnya sedikit berbeda dengan pada saat saya membuat paspor 5 tahun yang lalu. Kalau dulu berasa barbar karena harus berebut antrian dari pagi, bahkan dari subuh. Sekarang ngantri cukup sambil leyeh-leyeh di rumah muehehe

Setelah tanya temen sana-sini, saya mencoba untuk mendaftar paspor online lewat aplikasi APAPO atau Antrian Paspor Online. Sebenernya ada beberapa cara buat antri. Pertama lewat aplikasi APAPO ini, terus daftar lewat Whatsapp, kemudian antri lewat website, dan terakhir antri di mall pelayanan publik. Cuma paling gampang lewat APAPO, karena pas saya coba di website malah error mulu. 

Untuk yang mau antri lewat web silahkan ke sini https://antrian.imigrasi.go.id/ 

Kalau mau nyoba daftar via WA silahkan ke sini:



Terus gimana caranya daftar lewat APAPO? Gampang banget! Yang penting ada hape sama paket internet. Caranya: Buka Playstore, cari deh antrian online imigrasi, terus unduh. Aplikasinya yang ini:


Setelah unduh, daftar dulu. Oh iya, antrian di APAPO ini dibuka Jumat sore sampai Minggu, jamnya kurang tau. Pengalaman saya nyoba daftar Jumat siang di kantor beberapa kali error. Pas coba antri malem baru deh lancar jaya, aman, damai sentosa. Step by stepnya kurang lebih bisa liat gambar di bawah. 

1. Pilih lokasi kantor imigrasi terdekat
2. Pilih jumlah pemohon dan tanggal kedatangan, tanggal yang hijau berarti masih ada kuota 


3. Setelah selesai akan muncul konfirmasi, cuma kemarin rada eror. Jadi tetep coba aja sampai bisa
4. Setelah nyoba sekian kali akhirnya berhasil. Kalau berhasil daftar akan muncul tanda centang berhasil
5. Setelah berhasil akan muncul QR code dan jadwal antrian

Berhubung gak ada opsi perpanjangan pas antri, jadi saya tetap pilih pembuatan paspor baru. Yang penting tetap datang ke kantor imigrasinya. Jika permohonan pembuatan paspor dibatalkan, maka kita bisa daftar lagi 30 hari kemudian. Lama nunggu kalau salah wkwkwk makanya, pas daftar usahakan teliti ya.

***

FASE DI KANTOR IMIGRASI

Beda sama dulu, sekarang gak perlu repot antri di luar

Jadwal saya Hari Jumat, jam 14.30-15.30. Saya datang jam 1 lewat. Pas masuk liatin QR codenya ke petugas, terus saya di suruh masuk. Sampai sini saya ngeliat orang ngisi formulir. Ya udah, saya ke loket dong buat ambil formulir, dan ternyata belom boleh karena antrian saya pukul 14.30, sementara sekarang masih jam 1an. Yaudah deh nunggu sampai jam 14.30

Ngomong-ngomong fasilitas yang disediakan di Kanim Imigrasi Kelas I Batam cukup lengkap. Ada ruang bermain anak, tempat nunggu lumayan lega dan lumayan dingin, terus ada akua sama permen gratis juga disediakan. Alur pelayanan, syarat pembuatan paspor prosedur A to Z semuanya ada, lengkap dipajang.

Ruang tunggu yang sekarang lebih lega

Terus ketentuan umum kayak:
- Ga boleh pake sandal jepit
- Ga boleh pake baju putih dan
- Ga boleh pake softlens 

Masih berlaku. Jadi mohon dicermati sebelum datang.

Jangan lupa bawa alat tulis juga dan materai.

Setelah waktu yang ditentukan tiba, pukul 14.30 set, saya antri di loket. Pada rebutan wkwkwk terus ada yang ngantri satu cuma berkasnya banyak. Alamat lama deh, itu bikin paspor sekampung kali ya? Pas sampai di loket kita serahin deh berkas asli sama fotokopi buat dicek, terus petugasnya juga nanyain mau bikin baru apa perpanjang. Untuk opsi perpanjang setelah saya liat ternyata cuma butuh E-KTP, paspor lama dan formulir.

antri imigrasi kelas 1 batam
Ini lagi antri untuk mendapatkan formulir nih

Setelah ngisi formulir, saya duduk anteng sampai nomor antrian saya dipanggil. Pas dipanggil juga sekalian diarahkan ke loket berapa. Nomor antrian yang dipanggil juga ada di LCD. Setelah dipanggil masuk ke ruangan wawancara. Sesampainya di loket wawancara, petugas imigrasi ngecek berkas kita. Terus petugasnya juga nanya mau perpanjang e-paspor atau paspor biasa. 

Ruang wawancara masih ditempat lama, tapi lebih rapi dan tertata

Kemudian karena kebetulan nama saya di paspor lama salah dikit, jadi petugasnya inisiatif buat benerin nama saya di paspor baru sesuai sama yang tertera di KTP. Terus dimintain deh fotokopi ktp, akta lahir, kartu keluarga.

Waktu wawancara juga ditanyain alasan bikin paspor. Kalau yang udah kerja kadang suka dimintain surat sedang bekerja. 

Selesai wawancara, petugas memberikan kertas billing buat bayar paspor. Untuk biayanya masih sama, paspor biasa Rp 350.000 dan kalau bikin e-paspor Rp 650.000. Jadi kalau dulu bayar paspor diawal, sekarang bayar paspornya setelah selesai wawancara. 

***

FASE PENGAMBILAN PASPOR

Karena belum butuh banget, jadi saya nunggu sampai ada SMS masuk dari imigrasi, sekitaran 2 minggu. Nah, setelah dapet SMS saya datang keesokan harinya.

Saya antri siang. Pas masuk, scan barcode yang di bukti pembayaran untuk pengambilan nomor antrian di mesin yang tersedia. Setelah dapet nomor antrian, tinggal duduk anteng sampai nomornya dipanggil.

Dari ambil nomor antrian sampai dipanggil itu sekitar 15 menit. Dan kalau misalnya berhalangan hadir, bisa diwakilkan dan harus pakai surat kuasa. Paspor baru dikasih sekalian sama paspor lama. Jadi paspor lama bisa disimpan untuk kenang-kenangan. Yayy!!!

Untuk peraturan pembuatan paspor lain silahkan cek laman imigrasi http://www.imigrasi.go.id/

Dan untuk informasi silahkan cek di Instagram Imigrasi Batam @kantorimigrasibatam

Semoga membantu~

Komentar

Postingan Populer