HUT Republik Indonesia ke-66

First of All,
Selamat ulang tahun untuk Republik Indonesia yang ke-66!


Setelah ucapan biasanya ada wishesnya kan? :D


Sebagai warga negara, aku punya beberapa harapan untuk Indonesia agar bisa menjadi negara yang lebih baik lagi di masa depan.

Bukannya mau sok tahu tentang negeri ini atau apalah namanya. Aku cuma mikir kalau aku ngomongin tentang penjajahan pasti kalian semua pada ngantuk. Lagian effectnya juga nggak ada kalau cuma membahas tanpa ada solusi. Ya nggak?


Oke, jadi sebenernya tujuan aku buat wishes ini adalah untuk mengintrospeksi bangsa kita. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Aku mengartikan ini sebagai 'Kita harus belajar dari pengalaman' yang dalam kutip barusan, pengalaman adalah sejarah.


Gimana dulu Indonesia dijajah, dan gimana Indonesia nantinya bakal maju dan siap bersaing di kancah internasional. Untuk itulah postingan ini diketik, menuju Indonesia yang lebih baik! Wohoooo!!! XD


Langsung aja kita ke wishesnya:

Pertama, keimanan.
Nggak mau nyangkut SARA nih ceritanya. Soalnya aku yakin setiap agama pasti menganjurkan untuk memperbuat yang baik-baik. Tapi masih aja ada yang korupsi, ngerampok, mencuri, salah pergaulan dan lain-lain. Kalau kayak gini apa mereka pantas disebut orang yang beragama? Sementara berbagai macam agama telah menganjurkan untuk berbuat kebaikan.



Harapan
Semoga pada tobat deh orang orang. Jangan mengabaikan agama dan adat ketimuran atas dasar 'gaul' karena sebenarnya budaya asing yang baik itu sebaiknya di filter dulu.


Kedua, pendidikan.
Banyak sekolah yang rasanya 'belum layak' dan butuh perbaikan. Sementara bantuan untuk memperbaiki sekolah nggak kunjung datang. Padahal untuk menciptakan rakyat yang berpendidikan agar bangsa ini maju dibutuhkan sekolah khususnya yang benar-benar gratis. Terus juga tadi pagi aku dengar di tv, jumlah sekolah SD dan SMP nggak imbang, ini juga bikin kesenjangan yang membuat anak-anak harus putus sekolah.

Harapan
Pemerintah dan kita harus lebih memperhatikan pendidikan. Pendidikan yang akan mengarahkan seperti apa bangsa ini nantinya! Baik besok, lusa, 1 tahun kemudian, 10 tahun kemudian maupun 50 tahun yang akan datang.


Ketiga, kepahlawanan.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengargai para pahlawannya. Sementara Indonesia, apakah sudah pantas menjadi bangsa yang besar? Masih banyak pahlawan yang tidak 'dianggap' keberadaannya. Hidup dengan segala keterbatasan, sementara mereka mengorbankan segalanya berjuang untuk kita, anak cucu mereka.


Harapan
Sadar diri aja, bangsa yang besar menghargai pahlawannya. Jadi mari kita hargai mereka! 
 Jangan tanya apa yang diberikan negara kepadamu, tapi apa yang sudah kamu berikan kepada negara 
 -John F Kennedy-
Keempat, Kemanusiaan.
Negara demokrasi adalah negara yang menjunjung keadilan. Aku pernah lihat berbagai kejadian aneh di negeri ini. Nenek-nenek yang nyolong makanan bisa ditahan bertahun tahun, sedangkan koruptor yang korupsi milyaran masih bisa plesiran ke tempat lain. 


Apakah itu adil? Mereka tidak mampu bukan karena mau mereka, tapi karena ada keterbatasan. Sementara kekayaan, apa karena mereka kaya bisa berbuat semaunya? Manusia itu sama di mata tuhan, yang membedakan itu perbuatan masing-masing.


Harapan
Semoga pihak pemerintah lebih adil, objektif dan transparan dalam menyikapi berbagai kasus yang terjadi di masyarakat.


Kelima, Kebudayaan.
Bangsa Indonesia kaya budaya! Tapi sayang udah banyak yang mulai tidak mengetahui asal mulanya. Nggak bisa ngomong bahasa daerah, nggak hafal lagu daerahnya sendiri dan lain-lain. Jangan mentang-mentang hidup di era globalisasi jadi lupa atau memang sengaja biar nggak dibilang udik, ini labil namanya -_-


Ujung-ujungnya heboh kalau budaya sendiri diklaim sama orang. Kalau bukan dari diri sendiri, siapa lagi yang akan menghargai bangsa ini?


Harapan:
Semoga makin cinta daerahnya masing-masing. Indonesia itu bhineka tunggal ika! Jadi jangan takut dengan adanya perbedaan. Cintai budaya Indonesia! Jangan mau jadi orang labil yang tidak menghargai budaya!



Mungkin ini adalah sedikit dari sekian banyak harapan aku kedepan untuk bangsa ini.


Oh ya, ngomong ngomong juga ya, aku pernah ngobrol sama temen aku. Dapet dari omeg*e. Jujur lupa namanya siapa, tapi aku masih ingat yang dia bilang "I will do everything for my country, I will die for Ind*a" Ya, dia orang Ind*a.


Di satu sisi aku jadi mikir, segini banyak orang Indonesia, ada nggak ya yang mau mati buat bangsa Indonesia. Kalaupun nggak ada, adakah yang mau membangun bangsa Indonesia? 


Oke, itu tugas kalian untuk nyari tahu jawabannya, sekaligus nyari jawaban dari John F Kennedy tadi.


Buat aku, aku bakalan merealisasikan mimpi aku untuk membantu anak tertinggal di pedalaman Indonesia, suatu hari nanti.


Ibu Pertiwiii! Aku ga bakal durhakaaa!
#DirgahayuRIke-66

Komentar

Postingan Populer