911, Indonesia

21:41

Kalau nonton fim Hollywood pasti udah tau dong nomor telpon sakti itu, 911. Nine one one. Pas aktor atau aktrisnya lagi panik mereka biasanya nelpon polisi, pemadam kebakaran atau ambulans ke 911. Pokoknya nomor itu ampuh banget di Amerika Serikat.


Sepertinya masyarakat di sana sudah mengerti kemana mereka harus 'mengadu'.  Nomor ajaib itu bisa bantu segala kesulitan. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Apa coba 911nya Indonesia? Jujur, aku nggak tau -___-"


Kalau misalnya ada bangunan kebakaran, orang awam kayak aku mungkin bingung nyari nomor pemadam kebakaran berapa. Terus bangunannya keburu hangus. Kalau ada orang yang kritis? Jangan sampe lewat deh cuma gara-gara nggak tau nomer telepon ambulans.


Mungkin nggak semua dari kita juga punya Yellow Pages. Jadi nyari nomer nggak segampang yang kita kira. Perkaranya cuma 1, nggak ada satu nomor multifungsi di negara ini. Segala sesuatu terasa berbelit-belit kalau sudah di Indonesia.


Pas searching di Google, katanya nomor darurat itu beda-beda tiap daerah. Jadi, kalau misalnya pindahan gimana dong ya? Otomatis harus nyari tau dulu soal nomor darurat. Iya kalau yang pindahan sadar sama pentingya nomor darurat, kalau nggak sadar darimana coba informasinya. Pas ada kejadian baru pada sibuk :P


nomor penting dari wikipedia.org
lumayan banyak kan? -_-"

Nah, kalau nomornya cuma 1 kan enak, gampang, simpel, nggak ribet dll. Lagian nomor penting juga nggak disosialisasiin sih di Indonesia. Jujur nomor penting  yang aku tau cuma 14045 ditambah jingle parap pap pap paa, I'm lovin' it! dibelakanganya. Yap, McD delivery. Suer, ini bantu kelangsungan hidup juga meeen! 


Coba deh di film-film atau iklan Indonesia ditambah informasi gitu. Misalnya aktor A lagi kepepet terus nelpon 911nya Indonesia. Penonton pasti mikir "Oh, telpon ke sini ya kalau darurat". Otomatis nanti orang jadi tau mau mengadu ke mana. Ya nggak? Ini udah nomornya banyak nggak ada sosialisasi lagi. Ujung-ujungnya nggak ada yang nelpon deh tuh, hahaha :D


Semoga kedepannya birokrasi di Indonesia semakin baik, aamiin :)

You Might Also Like

6 comments

  1. amin..

    kalau diluar negri emang udah terkonsep, coba deh hubungi 911,pasti nyambung, kalau diindonesia ada kecelakaan,katanya hubungi 118, tapi coba hubungin...gak nyambung khan?haha..

    ReplyDelete
  2. hai qistina, salam kenal, aku anak batam juga, kamu tim expresi batam pos yg ke amrik itu ya.. heheh.. salam kenal ya.. follow sukses, di tunggu polowbeknya..

    ReplyDelete
  3. @I-one:

    Haha, udah pernah hubungin 118 ya bang :D
    saya belum pernah, hehe

    ReplyDelete
  4. @affie9:

    Waah, anak Batam!
    iya fi, aku di Xpresi.
    Salam kenal juga :D

    ReplyDelete
  5. ....

    hahahaha..
    di batam mengasyik kan cuyy
    banyak orang nya kikikikiki

    ReplyDelete
  6. Halo Mady!

    kamu lagi berkunjung ke Batam ya?
    Selamat jalan jalan :)

    ReplyDelete

Ayooo! Dikomen dikomen. Dikomen dikomen.