Sekilas Wajah Islam di Amerika Serikat

Hampir setahun silam kunjungan ke Amerika Serikat itu masih lekat dalam memoriku. Selama 1 bulan di sana, kami melaksanakan solat 5 kali sehari dan 4 kali solat Jum'at. Mungkin solat Jumat di sini sedikit berbeda dengan di Indonesia, solat Jumat di sini juga dihadiri oleh kaum wanita. 

Yap, it was the first time in my life to prayed Juma, in United States. Not only with Indonesians but also Americans. Totally excited! XD

Untuk solat wajib, para wanita di sini tidak mengenakan mukenah seperti di Indonesia. Mungkin untuk pertama kali agak janggal dilihat. Cukup dengan jilbab, baju panjang, rok/celana ditambah kaos kaki mereka sudah bisa melaksanakan ibadah. Simpel.

Nah, menurut pengalamanku, saat pertama kali aku melihat muslim wanita di Amerika Serikat mengikuti solat berjamaah secara langsung adalah ketika solat Jumat di Capitol Hill. Mereka juga bikin komunitas muslim di Capitol Hill. 

Kelar solat ceritanya

Satu hal yang aku ambil dari sini, walaupun kebanyakan dari kita menganggap banyak warga Amerika Serikat beragama Kristen atau Yahudi bukan berarti nggak ada Islam di sana. Mereka hidup dengan tenang kok di Amerika.

Bicara tentang Islam, mari kembali lagi ke abad 16. Abad dimana Islam mulai masuk ke Amerika Serikat ini. Estevanico dari Azamor, muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Amerika Utara. Sungguh hebat. Apalagi sampai saat ini Islam berkembang dengan pesat di Amerika.

Terakhir, What a great experience! :D

Komentar

  1. yah, islam akan selalu berkembang di mana saja, tapi kita sebagai orang islam jg hrus menjaga citra islam yg baik, biar g dilecehkan ma orang barat...

    BalasHapus
  2. wah,banyak juga muslim diamerika,kirain dari keturunan arab aja,ternyata bule juga ada ya

    BalasHapus
  3. @kira: iya betul, setuju banget deh :D

    @i-one: Ada dong. cantik loh bule pake jilbab :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Ada pertanyaan, kripik dan saran?

Postingan Populer