Sekilas Wajah Islam di Amerika Serikat

20:37

Hampir setahun silam kunjungan ke Amerika Serikat itu masih lekat dalam memoriku. Selama 1 bulan di sana, kami melaksanakan solat 5 kali sehari dan 4 kali solat Jum'at. Mungkin solat Jumat di sini sedikit berbeda dengan di Indonesia, solat Jumat di sini juga dihadiri oleh kaum wanita. 

Yap, it was the first time in my life to prayed Juma, in United States. Not only with Indonesians but also Americans. Totally excited! XD


Salah satu flayer untuk solat Jumat



Untuk solat wajib, para wanita di sini tidak mengenakan mukenah seperti di Indonesia. Mungkin untuk pertama kali agak janggal dilihat. Cukup dengan jilbab, baju panjang, rok/celana ditambah kaos kaki mereka sudah bisa melaksanakan ibadah. Simpel.

Nah, menurut pengalamanku, saat pertama kali aku melihat muslim wanita di Amerika Serikat mengikuti solat berjamaah secara langsung adalah ketika solat Jumat di Capitol Hill. Mereka juga bikin komunitas muslim di Capitol Hill. 


Solat di Capitol Hill
Liatkan gambar di atas? Ruangan di atas adalah ruangan yang biasa digunakan untuk solat di Capitol Hill. Aku bersama rombongan IYLP 2010 pernah mengikuti solat Jumat di sini.
*Solat bareng bule, imamnya bule, makmumnya bule, jarang-jarang euy.

Satu hal yang aku ambil dari sini, walaupun kebanyakan dari kita menganggap banyak warga Amerika Serikat beragama Kristen atau Yahudi bukan berarti nggak ada Islam di sana. Mereka hidup dengan tenang kok di Amerika.

Praying in Capitol Hill [mungkin ini pas lebaran ya?]

Bicara tentang Islam, mari kembali lagi ke abad 16. Abad dimana Islam mulai masuk ke Amerika Serikat ini. Estevanico dari Azamor, muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Amerika Utara. Sungguh hebat. Apalagi sampai saat ini Islam berkembang dengan pesat di Amerika.



Terakhir, What a great experience! :D


*Pictures: google.com

You Might Also Like

3 comments

  1. yah, islam akan selalu berkembang di mana saja, tapi kita sebagai orang islam jg hrus menjaga citra islam yg baik, biar g dilecehkan ma orang barat...

    ReplyDelete
  2. wah,banyak juga muslim diamerika,kirain dari keturunan arab aja,ternyata bule juga ada ya

    ReplyDelete
  3. @kira: iya betul, setuju banget deh :D

    @i-one: Ada dong. cantik loh bule pake jilbab :)

    ReplyDelete

Ayooo! Dikomen dikomen. Dikomen dikomen.