Sinergi di Kala Pandemi Covid-19 #Gara-Gara Corona Bag. 2

Maaf, ini postingan maha telat. 
Udah di draft sejak Februari terus didiemin. 
Untung ga ngambek.

Sejak Covid-19 muncul Februari, kerjaan penempatan di kantor berkurang drastis, tapi kerjaan di luar job desc bertambah.

Februari kerja di-rolling pakai jadwal piket di kantor. Kalau gak piket ya WFH. Absen fingerprint gak boleh, jadi selama WFH absen online di asik (semacam web kepegawaian). Terakhir, WFH diperpanjang lagi sampai pertengahan Mei, lanjut lagi sampai akhir Mei. 

Meskipun kegiatan penempatan udah gak ada, BP2MI / BNP2TKI tetap kerja. Fokusnya sekarang jadi perlindungan. Berhubung Malaysia sempat lockdown, banyak PMI kita yang dipulangkan balik ke Indonesia. Salah satunya lewat Kepri.

Terus awal Juni wajib WFO dong buat BP2MI wilayah Kepri. Meanwhile edaran dari pusat yang masuk kantor tuh maksimal 50% pegawai, sedangkan sisanya WFH. Ya maklumlah, di daerah pada suka kerja-kerja-kerja ke lapangan dengan deskjob yang suka bikin kaget. Jadi emang kita masuk full team. 

Ntar deh bikin postingan sendiri kerjaan yang bikin terkaget-kaget. Ada banyak soalnya =)

***

Sebenernya PMI yang kerja di Malaysia itu banyak banget. Sempat juga ada wacana 3 juta PMI bakalan pulang ke Indonesia. Angka ini jauh lebih banyak daripada data BP2MI. Data di kita lebih sedikit lantaran pekerja unprosedural dan gak lapor jumlahnya lebih banyak. Buat yang mau ngeliat datanya bisa langsung ke sini.

Untuk mulangin PMI, khususnya PMI-B (PMI Bermasalah), biasanya instansi terkait bakal disuratin sama perwakilan Kemlu dalam hal ini KBRI / KJRI untuk koordinasi pemulangan, termasuk nyuratin BP2MI. Yang bahaya banget itu kalau misalnya ada PMI unprosedural dari Malaysia balik ke Indonesia lewat jalur tikus dan gak terpantau.

Biasanya PMI-B yang dipulangkan dari Malaysia ditampung di shelter kita sebelum difasilitasi ke daerah asal. Karena lagi pandemi, PMI-B ini diurus sama Satgas Covid Kota Batam. Kita bagian bantu fasilitasi kepulangan.

Saya pernah ikut pendataan covid ini sekali. PMI-B dikarantina terlebih dahulu di rusun Tanjung Uncang selama 14 hari. Yang kerja di sini juga lintas intansi. Sinergi gitu ceritanya, pada saat itu.

Sebelum balikin ke daerah asal, unit kerja saya juga kordinasi sama UPT di daerah asal PMI buat infoin warganya mau dipulangkan. Paling absurd tuh kalau ga jelas mau dipulangin ke mana. Pas dicari alamatnya gak ada, kadang ada daerah yang merasa doi bukan warganya, atau keluarga ga mau terima dll. Kendalanya kadang ya suka aneh-aneh kayak gini.

***

Selama pandemi, kantor butuh banget masker. Udah kemana-mana nyariin kalau ga abis ya mahal. Dari yang harganya cuma Rp 25.000 sekotak, sekarang jadi Rp. 400.000. Gils ga sih?

Jadi sempet tuh pas Februari dapat tugas pendampingan ke Padang. Terus saya nginep di rumah sodara di Padangpanjang, and, the heck sempet-sempetin nyari masker karena di Batam udah gak ada yang jual. Sampai sini pun kosong, adapun harganya Rp. 400.000 woyyy!!! MAHALLLL!!! Ya udah deh ga jadi beli.

Suatu hari, temen-temen PNS BNP2TKI angkatan 7 inisiatif bersinergi menggalang dana untuk membeli keperluan seperti masker, hand sanitizer dan sebagainya untuk didistribusikan ke teman-teman yang bertugas di perbatasan dan pintu-pintu kedatangan seperti bandara dan pelabuhan.

Demi apa PNS angkatan saya solid luar biasa. PNS BNP2TKI angkatan 7 ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dan sewaktu pandemi Covid-19 melanda, pada sinergi buat bantuin temen-temen di daerah. Soswit banget yak.

Berawal dari pesbuk barukuuu~ 

Berawal dari inisiatif salah satu temen angkatan 7 sih hahaha yaudah deh daripada ngetik mending ditaro di sini aja kali ya. Maap deh ya, ini ngeblog emang suka antara niat dan ga niat. 

"donasi-angkatan-untuk-covid"
Luar biasa gais inisiatifnya

Untungnya gayung chat bersambut. Ga cuma diread doang terus ga dibales. Masih mending diread, parahnya kalo ga diread terus diblok. Lanjut lagi yaa, anak-anak PNS BNP2TKI angkatan 7 pada nanggepin positif.

"rencana-bantuan-covid"
Oke, gayungnya disambit yaa

Setelah pada setuju, didiskusikanlah kemana bantuan buat Covid-19 ini bakal disalurkan dan apa aja item-item yang bakal dibeli.

"diskusi-bantuan-covid"
Mulai deh diskusi buat eksekusi

"penyaluran-bantuan-covid"
Masih lanjut diskusi

"bantuan-untuk-daerah-terdampak-covid"
Nentuin daerah yang bakal dikasih bantuan

Berhubung angkatan 7 ini tersebar di berbagai daerah, jadi dilist dulu angkatan kita yang butuh bantuan dan bisa bantu penyaluran dimana aja.

Ini beberapa paket yang disalurin:

"bantuan-covid"
Anak-anak diperbatasan pada ditanyain

Setelah penggalangan dana dilakukan, barang-barangnya didistribusikan. Kebetulan yang bantu akomodir barang-barang adalah temen-temen di pusat, terus dikirim ke daerah-daerah yang membutuhkan bantuan selama Covid-19.

"bantuan-covid19"
Testimoni pertama, tapi gambarnya udah lama. Jadinya ga terunduh wkwk

"bantuan-covid19"
Yang udah dapet ngelapor di grup haha

"paket-menangani-covid"
Paketnya udah nyebar
"bantuan-covid-entikong"
Ayo tebak, Entikong itu dimana? :)


Tebak-tebakan lagi nih, Sambas di pulau mana ayoo?

Dannn angkatan kita dapat apresiasi. Ehe~ :)





"ASN-MILENIAL"
Kalo di film-film ini kayak post credit scene

Capek nih abis bikin klipingan dari WA grup *negak teh obeng*

Ternyata gini rasanya pertemanan dan sinergitas PNS milenial, solidaritasnya tinggi hahaha. Ini ngingetin juga sama Panca Prasetya Korpri poin 4, memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kesetiakawanan korps pegawai Republik Indonesia. Hibah-hibahan ini masuk ke kesetiakawanan nih.

Takjub ngeliat isu yang dihadapi direspon dengan aksi.
Semoga angkatan ini bisa terus menginspirasi =)

Intinya sih apresiasi untuk kekompakan dan kesetiakawanan teman-teman angkatan 7 BNP2TKI. Senang jadi bagian dari angkatan yang luar biasa! Semoga kekompakannya terus terjaga 💛 

***

Untuk series Covid-19 ada di sini:
Gara-Gara Corona Bag. 2 (postingan inih)

Komentar

  1. Semoga season ini cepat berlalu ya mbak, jadi semuanya bisa berjalan seperti sedia kala. Amin!

    Salam kenal ya, mbak! :D

    BalasHapus
  2. Seru banget circle nyaa

    Aku juga sih pas pelatihan
    Seru banget anak2nya

    Tapi pas udah kerja beuhhhhh

    Mulai deh

    Ngilang-ngilang
    Sikut-sikutan
    Dulu-duluan
    Sembunyi-sembunyi...

    ahahahhahaha

    Gamau bahas corona nya aku lagi detoks sementara soalnya udah stress haha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru keliatan aslinya pas udah kerja ya bang hahaha

      Hapus

Posting Komentar

Ada pertanyaan, kripik dan saran?

Postingan Populer