Kerja di Kala Pandemi Covid-19 #Gara-Gara Corona Bag. 3

FYI, tulisan Gara-Gara Corona Bagian 2 masih di draft wkwkwk
ini dulu biar ga lupa.

Belakangan banyak banget kerjaan yang ada hubungannya sama Covid-19. Berhubung penempatan distop, kantor kita, BP2MI fokus sama penanganan Covid-19 buat PMI. Kegiatan yang sering dilakukan akhir-akhir ini adalah pendataan kepulangan PMI.

Sebelumnya udah beberapa kali ke Rusun Tanjung Uncang buat ngedata PMI. Terus yang ter-epic itu yang tadi. Jam kerja bulan puasa dari jam 8-3, dan kirain bakal pulang on time hari ini karena paginya harus keliling Batam buat ngecek penampungan PMI. Ternyataaa, kita dapat kabar kalau ferry dari Malaysia bawa PMI. Saya dan teman-teman disuruh ke pelabuhan buat ngedata. Ini kali pertama saya ngedata di pelabuhan.

Waktu datang, ada puluhan orang yang berjejer. Jadi nanti dicek satu-satu sama KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) mereka reaktif apa engga. Kalau reaktif bakal dibawa ke Galang buat dikarantina.

Biasanya kalau hari normal, kapal Batam-Singapura ini bisa ada tiap 45 menit. Sejak Covid, cuma ada 3 trip sehari. Bahkan tadi satu trip dari Singapura isinya cuma 4 penumpang. Tiga orang diantaranya baru keluar dari penjara karena kerja dan gak punya dokumen. 

Masalahnya kita gak bisa fasilitasi karena jatohnya bukan PMI. Cuma paspor doang. Jadi dianggep warga biasa. Sebenernya kasihan juga, cuma kita ga bisa apa-apa. Kecuali kalau misalnya KBRI nyuratin kita buat ngebantu fasilitasi.

Kondisi pelabuhan yang biasanya nyari parkiran aja susah, sekarang malah dikit banget yang parkir. Banyak banget parkiran kosong. Terus di dalam pelabuhan juga sepi. Tenant-tenant pada tutup, lampu juga dimatiin. Cuma sisa berapa biji yang nyala. Udah mirip rumah hantu :(

Intansi pada turun buat nanganin ini. Tadi ada polisi, TNI, Kemenkes, terus Imigrasi juga ada yang tongkrongannya always di sana. Mereka serius. Ditengah banyaknya pertanyaan, apakah pemerintah serius ngurusin Covid? Jawabannya Iya, meskipun ga sempurna. 

Untuk debarkasi pengamanannya udah bagus. Saya ngeliatin sendiri gimana mereka baris, terus dicek satu-satu. Kelar dicek mereka nunggu hasil. Kalau ada yang reaktif, nantinya bakal diangkut untuk dikarantina.

Epic momentnya pas kita kelar ngedata terus keluar dari ruangan. Tiba-tiba bapak yang tugas di pelabuhan nyamperin kita di pintu.

"Mbak, selesai dari sini mandi terus ganti baju. Cuci semua"
"Oh, iya pak, iya"
"Soalnya di dalem ada yang reaktif"
.................. *shock* *hening*

"Ya udah mbak, cuci tangan dulu, cuci muka"

Now I know gimana perasaan orang-orang yang harus kerja di garda terdepan. Pasti was-was. Cemas kalau misalnya kena. Apalagi kalau tinggal bareng keluarga. Yang jelas bakal khawatir kalau misalnya nularin. Saya aja yang satu ruangan serem.

Selesai ngedata jam 7 malem dengan kondisi belom buka karena gak bawa air. Saya memutuskan untuk ke Megamall buat beli minum. Pas masuk mall parkiran sepi. Mall udah sepi. Tenant-tenant udah pada tutup. Ternyata emang operasional cuma sampe jam 6 sore.

Terus saya ke Hypermart aja buat beli minum. Mall ini sepiiii banget. Ada juga tenant yang emang stop operasi selama Covid-19. Suasana di mall kayak udah tengah malem jadinya. Jalanan juga sepi. Persis kayak tengah malem, padahal baru jam 7.

Terakhir, pemerintah udah ada upaya meskipun ada kurang di sana sini. Alangkah baiknya kalau masyarakat juga ikut berpartisipasi memutus rantai covid ini dengan tidak bepergian dulu sementara waktu. Terserah deh mau nyinyir di medsos, yang penting jangan keluyuran. Kerja gapapa yang penting jaga jarak. belanja kebutuhan gak apa-apa yang penting pakai masker, jaga jarak juga. 

Semoga aja pandemi ini cepat selesai. 

***

Untuk series Covid-19 ada di sini:

Komentar

Postingan Populer