Sale TKI

17:59

Take a look to these things!



Saya menemukan gambar ini beberapa hari yang lalu. Ada tulisan yang mengecewakan di sana, Indonesian maids now on sale. NOW ON SALE. Could you see that? Saya bingung,apa yang dipikirkan perusahaan penyalur Tenaga Kerja Indonesia [TKI] sehingga berbuat seperti ini. Menjual TKI seperti menjual benda mati. Lagian, orang jualan hewan ternak malah diskonnya nggak sampai 40% tuh -.-

Mereka cenderung menganggap rendah para TKI lantaran terkadang para TKI ini nggak mengerti tentang teknologi dan segala macamnya. Contohnya saja untuk mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci. Gimana kalau mereka nggak pernah melihat mesin cuci? Kalau nggak pernah melihat, lalu bagaimana menggunakannya? Sorry to say, mereka nggak bisa. 

Atau masalah bahasa. Kebanyakan orang yang menjadi TKI adalah mereka yang berpendidikan rendah. Jadi faktor bahasa terkadang menjadi kendala. TKI yang dikirim keluar negeri mungkin nggak dibekali dengan kemampuan berbahasa, minimal bahasa Inggris. Lagi lagi mereka nggak mengerti. Misalnya disuruh A tapi mereka malah melakukan B. Terus gimana? Hasilnya mereka dianggap bodoh dan kadang disiksa. Disetrika, dicambuk, disiram air panas, disiram minyak tanah, dibakar. Eh?

Penyalur harusnya bertanggung jawab atas hal ini. Kejadian seperti ini nggak hanya sekali, namun acap kali. Dan mereka bahkan nggak bisa mengambil pelajaran. Mereka hanya mengambil untung dari bisnis ini tanpa memikirkan nasib para TKI. Selain itu, para penyalur nggak memberikan desk job yang jelas kepada para TKI ini. Mereka nggak transparan. Kemudian pemerintah seharusnya dengan tegas dapat menuntaskan fenomena ini.

Lantas apa yang harus diubah? Yang paling penting, bekali para TKI dengan kemampuan bahasa, minimal bahasa Inggris dan pengetahuan seputar tetek bengek pekerjaan rumah tangga sekaligus alat elektronik yang berhubungan dengan pekerjaan mereka nanti. Soalnya orang yang berilmu, derajatnya lebih tinggi. Kalau perlu, pemerintah harus menarik balik TKI ke Indonesia, lalu buat lapangan pekerjaan mereka. Tapi sebelumnya, bekali TKI tersebut dengan keterampilan sehingga mereka dapat bekerja.

Dan buat orang-orang yang mau jadi TKI harap bekali dulu diri anda dengan skill dan kalau bisa perginya pakai agen yang resmi. Nggak mau kan kalau pulang gara-gara disetrika majikan? Modal nekad juga tidak cukup, anda juga butuh kemampuan dan keterampilan.

Oke sekian.


Pict source:
http://2.bp.blogspot.com/-JdJf19K11a4/UI6lscaIyCI/AAAAAAAAD2k/Txunyyxhqwk/s1600/tki+on+sale+di+malaysia.jpg

http://media.viva.co.id/thumbs2/2012/11/06/178689_tki-on-sale-singapore_663_382.jpg

You Might Also Like

0 comments

Ayooo! Dikomen dikomen. Dikomen dikomen.