Perkara Nyoblos

Besok udah pemilu coyyy!

Udah pada cek DPT belom? Buat yang belom buruan dicek. Buat yang ga peduli dan emang ga mau milih silahkan pindah ke negara Api aja.

Akhir-akhir ini lagi heboh sama kisruh pemilu di luar negeri. Pemilu di Indonesia akan diadakan tanggal 17 April, dan untuk di luar negeri dilakukan lebih awal. Rasanya antusiasme WNI di luar negeri juga besar banget kali ini. Hype pemilihan presiden ngaruh banget yak. Di Indonesia nanti pasti lebih rame lagiiii~

Cuma nih ya, banyak banget masalah. Dari yang tempat nyoblosnya ternyata jauh banget dari alamat, ada lagi ga bisa nyoblos gara-gara TPS tutup sepihak karena jamnya udah abis, katanya. Padahal udah antri berjam-jam. Sampai sini saya ngamatin doang. 

Mungkin panitianya kurang maksimal. Masa iya yang pengen nyoblos seabrek-abrek, tapi tempat nyoblos terbatas. Orang udah cape-cape ngantri, eh ternyata TPS ditutup dan ngga bisa nyoblos. Kayak ngga diantisipasi sama panitia.

Sementara dari regulasi sendiri abu-abu. Banyak yang ngurus A5 tapi toh ga bisa nyoblos. Eh malah ada yang bawa paspor doang bisa. Dan ga jelas tutup TPS jam berapa, taunya tiba-tiba tutup. Masyarakat kurang informasi, dan panitia kurang informatif.

Cukuplah pemilu di luar negeri jadi pelajaran buat kita-kita di Indonesia biar engga ada kejadian serupa. 

Balik lagi ke topik tadi: kenapa harus nyoblos?

Karena emang itu hak kita sebagai warga negara, yang kita cuma dapet sekali lima tahun. Kalau tiap hari adanya claim koin Shopee. Jadi sayang bangetlah kalau ngga dipake. Seenggaknya kita udah berkontribusi buat menentukan arah kemana Indonesia nantinya.

Buat yang mikir pemilu ga bakal ngaruh sama idupnya, ya gapapa. Tapi buat saya ngaruh. Presiden terpilih bakal milih orang-orangnya buat menduduki jabatan strategis. Lembaga atau kementerian ngikutin menteri mau kayak apa. Mungkin masyarakat ngga peduli tentang stabilitas ekonomi, inflasi dsb. Yang masyarakat mau cuma harga bahan pokok stabil, listrik ga mahal, BBM murah, lapangan kerja ada dst 

Mungkin buat yang golput ngerasa capres sama caleg ya sama aja, ga ngaruh siapa pun yang terpilih. Cuma, buat orang lain mungkin bakalan berdampak. Mungkin efeknya bukan ke kita, bisa jadi yang dapat dampak masyarakat yang hidup di pelosok contohnya. Gimana yang tinggal di remote area ga punya listrik, ga punya jalan, ga ada akses pendidikan bisa dapetin itu semua. Cuma butuh sedikit kepedulian sebenernya. 

Kemudian untuk yang milih, jangan sampai cinta mati sama paslonnya, cinta tuh sewajarnya aja. Jelek-jelekin paslon lain juga ngga bikin paslon pilihan kamu jadi lebih baik. Btw saya kesel aja banyak hoax dan hate speech tapi masih banyak aja yang percaya -_- 

Pilih kandidat terbaik versi kamu untuk memimpin Indonesia. Bukan yang paling sempurna, tapi yang terbaik.


Terus soal pemilihan anggota DPR, DPRD, DPD mungkin engga se-rame pemilihan capres. Cuma ini engga kalah penting juga. Kebanyakan pasti milih random pas nyoblos di bilik suara. Mungkin karena kenal atau tetanggaan, mungkin fotonya bagus, atau namanya keren, bisa jadi milih karena latar suku atau agama, mungkin juga juga udah dikasih amplop duluan. Yang pasti setiap pilihan pasti punya alasan. Jarang bener-bener riset banget tentang track record caleg dan partai :) aint got time for dat wkwkwk ya ngga?

Sesungguhnya, ini juga ngga kalah penting. Kalau presiden itu eksekutif yang tugasnya ngejalanin peraturan, kebijakan atau Undang-Undang. Sementara yang bikin aturan, kebijakan atau Undang-undang itu legislatif. Dan idealnya eksekutif sama legislatif ini berjalan seiring. 

Kalau diibaratkan kayak sendal jepit. Meskipun sendal kanan sama kiri beda, tapi kalau jalan pasti arahnya sama.

Masalahnya sekarang, legislatif itu biasanya bukan nyuarain maunya rakyat, tapi maunya partai. Terus rakyat marah-marah sama anggota dewan. Padahal yang milih anggota dewan itu rakyat. Pas dibilang "kan situ yang milih wakilnya," yang milih pura-pura amnesia.

Lagian 5 taun kemarin harusnya ngikutinlah berita-berita. Kan banyak tuh partai-partai yang bikin sensasi, anggota partai yang bikin sensasi. Tandain aja deh, biar next time kita bisa kasih kesempatan orang yang lebih baik yang duduk mewakili. Jangan tiba-tiba nyalahin 'abisnya banyak banget calon' atau 'KPU engga lengkap ngasih biodata'. Haaalahalesan. Kalo niat ya pasti cari tau sebelum nyoblos.

Setelah dipikir-pikir, saya ngga mau juga milih wakil rakyat yang kerjanya nyinyir doang di sosmed, syukurlah beberapa nama udah ga masuk bursa caleg. Saya juga engga mau yang duduk nantinya dari partai-partai munafique dan doyan korupsi :(

Pertanyaan lanjutan: Terus harus pilih siapa? 

Kemarin saya ketemu satu situs. Namanya jariungu.com yang di dalemnya ada macem-macem caleg dari 34 provinsi di Indonesia. Bisa di-sort sampai skala kecamatan.

Milih caleg juga ga gampang sih. Satu partai aja calonnya bisa puluhan. Itu baru satu partai, belom partai lain-lain.  

Saya udah liat-liat beberapa caleg dari beberapa partai, di sini ada CVnya meskipun engga semua ada. Nama calegnya bisa di-googling aja, tinggal baca deh tuh kalau ada jejak digitalnya. Enaknya era teknologi tuh gini, gampang tau kalau ada jejak digital~

Jadi, sebenernya saya salut sama tingginya antusiasme orang-orang buat ikutan pemilu. Artinya kesadaran politik mulai tumbuh. Ke depan semoga masyarakat makin cerdas dalam memilih. Bukan cuma semangat nyoblos, tapi semangat juga buat kenal sama calon wakil rakyat biar engga salah pilih.

Ini postingan agak ribet yak, intinya, your vote matters

Gunakanlah hak pilih kamu 17 April nanti :)

Komentar

Postingan Populer