Liburan ke Melaka 3D2N

Memanfaatkan libur panjang setelah pesta demokrasi, saya berangkat liburan ke Melaka 2 hari 1 malam. Kenapa Melaka? Karena Melaka ini dekat, dan murah meriah. 2 harinya di jalan, 1 hari beneran jalan-jalan. Meskipun singkat, tapi Melaka ini patut untuk dikunjungi, apalagi yang suka sama museum, budaya, dan kuliner. 

Oh iya, rute perjalanan kita adalah Batam - Johor - Melaka menggunakan angkutan laut dan darat 😁

Jumat 18 April 2019

Hari Pertama
Perjalanan ke Melaka ditempuh dari Batam ke Johor melalui jalur laut. Janjian sama Nurmei jam 6.30 di Batam Centre Ferry Terminal dengan tujuan Stulang Laut, Johor, Malaysia. Berhubung ada insiden, saya dateng jam 7. Harga tiket Rp 325.000. Beli tiket sehari sebelumnya di Anshun travel, soalnya kalau beli di pelabuhan agak mahal. Berbeda denga ferry ke Singapura, ferry ke Malaysia ini pajaknya dibayar terpisah, sekali bayar pas di Batam Rp 65.000, sekali lagi di Malaysia pas pulang. Harganya RM 21 kalo gak salah. 



Kira-kira segini lama di jalan doang

Untuk tiket ferry ke Malaysia ini open ticket, dan mereka udah bikin konsorsium. Ada 3 penyedia jasa ferry untuk ke Malaysia yaitu Citra, Pintas, dan Indomas. Jadi, dengan tiket yang kita beli, kita bisa naik ferry mana aja, dan jam berapa aja.

Kita berangkat pakai kapal jam 08.45 WIB naik Citra Ferry. Kapalnya bagus, mirip sama Majestic yang ke Singapura. Waktu perjalanan dari Batam ke Johor sekitar 2 jam. Sementara perjalanan dari Johor - Melaka menempuh waktu 3 jam.

Dalem feri menuju Johor cukup nyaman

Kita bisa menggunakan bus umum di Larkin Terminal dari Johor menuju ke Melaka. Dari Pelabuhan kita bisa pesen Grab atau taxi. Kalau naik Grab biayanya sekitar RM 10. Kalau naik taxi tanyain aja argonya hidup apa engga. Cuma kalau ditawar, biasanya sekitar RM 15 ke Larkin, diatas itu jangan mau soalnya kemahalan. Waktu tempuh 15-20 menit. Sebelum naik tanya dulu, inget, tanya dulu.

Perut udah keroncongan waktu kita sampai di Larkin. Langsung ngacir cari tempat makan. Pilihannya ada fast food macem Mc. Donalds sama Subway. Terus kalau yang agak murah silahkan ke tempat semacam warung makan. Kita memilih untuk ke warung makan karena fast food rame banget. Jadi kita makan kayak di tempat makan orang India/Pakistan gitu, menunya coyyy ada ayam penyet juga. Sama aja kayak di Indonesia wkwkwk bedanya cuma porsi doang yang seabrek-abrek. Sepiring di sana bisa kali buat dua orang.

Kejadian yang lucu itu sewaktu kita pesen minum. Jadi waktu itu saya mau pesen teh tarik. Nah, jadi pas pesen kayak ada language gap gitu sama pelayannya. Asli, berasa bego banget waktu itu.

Ane : Teh tarik satu
Pelayan : .... *bengong*
Ane : "Iced tea, iced tea* (ga mungkin kita nyebut pull tea->teh tarik wakakaka)
Pelayan : Iced tea? 
Ane : Iced tea (serah ae yang penting minum)

Pas nyampe tau gak apa yang dateng? Tea itu ternyata teh susu bambangggg -___- 11 12 sama teh tarik njay

Pada saat itu saya mikir, oke meskipun bahasa Indonesia sama Malaysia hampir mirip tapi nggak jarang juga menimbulkan kebingungan. Kejadian lain masalah bahasa juga kejadian waktu kita mau naik bus. Sempet nunggu 2 jam karena telat beli tiket. Oh iya, betewe beli tiket bus di sini asik juga ternyata. Jadi tinggal antri di konter, terus pilih mau bus yang jam berapa. Jadi gak ada konter bus A atau konter bus B, C, D, E dst. Cuma harga busnya agak beda-beda sedikit.

Udah keluar dan ternyata bus belom dateng cuy!

Kejadian epiknya itu pas mau naik bus, denger pengumuman, terus karena bahasanya agak memusingkan, terus kita pun nyosor aja ke pintu busnya, sambil nanya ke orang terus liatin tiket. Waktu itu jam 5.15. Boarding jam 5.30. Kita bingung dong, ini kudu naik bus, apa masih nunggu? Terus kita nanya dong blablablabla ke orang. Terus orang yang ditanya jawab "Ni lambat sikit". Dan seketika kita bengong dong maksudnya apaaa? Lambat? Maksudnya kita telat? Atau gimana? Yaudah dong daripada telat kita inisiatif buat ke pool busnya. 

Dan tau apa yang terjadi? Busnya belum dateng dong, kita kecepetan ternyata. Jadi mungkin maksudnya, kita disuruh agak lambat gitu kali ya karena busnya belom dateng. Susah ternyata bahasa Melayu. Ampooonnn~

Dari Johor ke Melaka itu sekitar 3 jam. Di sepanjang perjalanan kiri kanan bukan pohon cemara, melainkan kebun sawit. Seketika jadi inget kerjaan. Banyak banget nih PMI kita yang kerja di Johor yang bekerja sebagai pekerja kebun kelapa sawit.

Sawit everywhere guys

Sekitar jam 8.30 malem kita sampai di Melaka Sentral Bus Terminal. Terminal udah sepi, kita pun mikirin transportasi untuk ke hotel, dan memutuskan untuk pesan Grab! momen ngakak lagi udah ribet mikirin transport, update Grab dulu, terus gak bisa. Akhirnya pake Grab si Nurmei, dan ribetnya lagi kudu autentifikasi muka wkwkwk kita juga baru tau karena biasanya gak pake gitu-gituan. 

Tempat nginap di Jalan-Jalan guest house. Hostnya super duper ramahhhh

Nah, 15 menit kemudian kita sampai di guest housenya. RM 80 buat 2 hari, udah buat 2 orang. Murah meriah. Lokasinya juga mantep banget, deket sama Jonker Street. Pas dateng ke guest house, udah ditungguin sama yang punya. Ramah bangetlah hostnya, malah dikasih peta terus dijelasin segala macem tempat wisata. Setelah kita check in langsung ditutup guest housenya, dianya balik. Ternyata cuma nunggu kita dateng doang wkwkwk

Enak bener~

Kelar naro barang kita muter-muter cari makan. Sampailah kita di Pak Putra Tandoori yang kata orang enak banget. Ya udah, pesen deh chicken tandori. Dan iya bener, enak. Cuma karena kita kecapean dan ngantuk banget, sampai ngunyah pun gak ada tenaga wkwkwk lemes-selemes-lemesnya pas makan.

Kelar makan balik lagi ke hotel, laper lagi pas nyampe, terus istirahat.

***

Hari ketiga 
Diawali sama jalan-jalan cari makan. Suasana di Melaka sendiri asik banget. Masih berasa atmosfer oldskulnya. Terus enak banget buat jalan kaki soalnya spot wisata pada deket-deket. Namun, Melaka ini panas sodara-sodara. Jadi pastiin bawa air dan topi atau payung agar terhindar dari sinar matahari kalau udah siang. Kalau mau gampang, pakai sunblock aja. 

Salah satu spot foto instagramable di Melaka

Kita mulai jalan jam 7 pagi, dan jam segitu turis-turis udah pada keliaran, terutama di kawasan Red Square/Dutch Square. Banyak banget turis yang foto-foto di sini. Kita ikutan dan foto-foto juga. Gak jarang turis lain minta bantuin foto, alamat jadi fotografer dadakan~

Phot credit: Nurmei

Di Melaka ini banyak opsi untuk jalan. Bisa jalan kaki doang kayak kita biar sehat sekaligus hemat  Bisa juga rental sepeda, dan bisa juga naik becak-becak lucu yang ngetem di sekitaran Red Square. Berhubung kita mau foto-foto juga sambil jalan, jadi emang lebih enak jalan kaki.

Tuh, banyak kan sepedanya

Setelah foto-foto, rencananya kita bakal nyari makan di tempat India gitu seperti yang udah dijabarin panjang lebar sama host kita, cuma karena gak nemu tempatnya, kita pun muter-muter aja. Sampailah kita di salah satu tempat makan India, terletak di persimpangan jalan. Namanya restoran Selvam. 

Waktu kita duduk, salah satu pelayanan nyodorin kita menu. Kita pesen makanan random yang bentuknya gak pernah kita liat di Indonesia. Karena harganya murah, jadi kita coba beberapa jajanan buat dicicip-cicip. Ada yang cukup bersahabat di lidah, ada juga yang rasanya gak biasa di lidah kita. 

Ada cerita yang lucu di restoran India ini. Nah, jadi kan kita udah pesen makanan. Terus si pelayan ini datengin meja kita nunjuk ke arah dapur. Ga paham juga dia bilang apa. Saya ama Nurmei liat-liatan karena kebingungan. Ngasih kode 'Nih pelayan maksudnya apaan?!' Apakah maksudnya makanan kita udah jadi terus diambil sendiri ke dapur? Kita juga gak paham. Dia cuma bilang, "come, come." Saya sama Nurmei masih bingung dan waktu kita nanya, dia tetap bilang "come, come." sambil geleng-geleng, yang entah maksudnya apa. 

Foto eksklusif dari dapur!

Sampai suatu ketika dia nunjuk kamera kita buat ke belakang! Coyyy disuruh foto-foto dong kita di dapur mereka. Narsis juga ternyata. Gile! Kirain ngapain deh tadi. Mana mereka lagi rame di dapur. Salah satu pekerja di sini cerita kalau di tempat ini ada pekerja dari Indonesia. Cuma gak datang. Coba kalau datang, saya tanyain deh E-KTKLN-nya wkwkwk 

Di satu sisi bersyukur PMI yang kerja di tempat ini aman damai sentosa, gak kenapa-kenapa. Meskipun gak tau kerjanya legal atau ilegal, prosedural atau unprosedural. Seenggaknya PMI ini punya rekan kerja yang cukup baik tampaknya. Duh bahas kerjaan lagi LOL oke lanjut yaa. Salah satu pekerja yang lain bilang kalau dia punya istri orang Indonesia! Yaudaaah kita balik aja melipir ke meja kita~

Photo credit: Nurmei lagi

Selesai makan kita keliling lagi, balik ke kawasan Red Square. Terus di sana karena banyak museum, kita beli tiket yang harganya murah pake banget. Satu orang tiketnya RM 5 atau sekitar 20 ribuan kurang, dan itu udah bisa eksplor satu komplek museum! Di kawasan ini ada banyak macam museum. Ada museum pendidikan, museum etnografi, galeri Cheng Ho dll kita kelilingin museum sampai mau tutup LOL 

Dari perjalanan ke museum-museum itu saya jadi mikir, kalau cuma gini doang mah Indonesia harusnya bisa bikin. Simpelnya kayak museum pendidikan. Isinya brosur lembaga pendidikan, tas sama seragam dari jaman baheula sampai zaman kekinian, alat-alat dan buku sekolah dan sebagainya. Terus simsalabim! Mereka bisa bikin museum dan mengemasnya hingga bisa jadi destinasi wisata.

Temanya macem-macem. Ada Hello Kitty, Little Pony, Projen juga ada!

Selain museum kita juga mampir ke Menara Taming Sari di Melaka. Bisa ditempuh jalan kaki kalau di sini. Kalau capek, banget banyak becak lucu yang keliling dengan macam-macam desain. Tinggal disewa aja. Cuma berhubung kemarin ga nyobain naik, jadi kurang tau juga tarifnya berapa.

Nah sebenarnya si Mei pengen banget naik tower ini. Cuma karena saya mikirin budget, dan diatas bentar banget, rasanya sayang aja sama duit. Berasa kurang worth it. Maklum, saya turis kere jadi agak sayang sama duitnya wkwkwk. Terus mutar ke Merdeka Square, dan kita balik lagi ke penginapan.

Pas sore kita mampir ke Bukit St. Paul. Di sini ada bekas gereja yang katanya gereja tertua yang ada di Asia Tenggara. Selain itu di dekat sini juga ada benteng A Famosa yang merupakan peninggalan Portugis. Waktu ke sana banyak anak sekolah, terus rombongan turis juga rame banget. Di dekat benteng ini juga ada kuburan Belanda yang kita lewatin pas nyari makan waktu pagi. Sayang kamera habis baterai, jadi gak keambil fotonya.

Jonker Street deket sini nih

Sorenya kita jalan-jalan lagi, destinasi kita adalah Melaka Street Art. Beberapa mural emang gede-gede banget sampai satu gedung gambarnya. Nah, tapi ada juga di sebuah jalan ada gambar-gambar mini nan menggemaskan, gambarnya klasik. Vibenya Melaka bangetlah pokoknya. Lorong instagramable juga. Siapkan OOTD kalian saat berkunjung ke sini gais.

Credit picture: Nurmei

Malamnya nyari makanan. Kebetulan penginapan kita dekat sama Jonker Street, jadi kita liat-liat deh kalau malam rame kayak apa. Ternyata rame, banyak jajanan dan bikin lapar mata. Setelah eksplor kita balik lagi ke penginapan.

Enaknya kalau di Melaka, di sini bisa dijelajahi dengan berjalan kaki. Suasananya bikin betah karena masih banyak bangunan-bangunan lama dan enggak terlalu banyak kendaraan yang hilir mudik.

***

Hari ke-3
Hari terakhir di Melaka, kita check out dan ketemu orang Indonesia juga di hostel. Entah kenapa kalau ketemu orang Indonesia di negara orang itu ada rasa senang. Dari penginapan kita pesen Grab untuk ke terminal bus.

Melaka ini tempatnya asik, asli!

Sembari menuggu grabnya, kita foto-foto lagi di dekat hostelnya. Yang enak itu, di Melaka ini jalannya kecil, terus bangunannya bangunan lama. Jadi berasa kayak ada di zaman dulu. Asik tempatnya, sayang aja agak gerahhhh wkwkwk

Sampai di terminal kita mampir dulu ke Mydin buat beli oleh-oleh. Mydin ini semacam supermarket kayak Hypermart kalau di kita. Di sini saya beli oleh-oleh, gak cuma buat orang rumah,tapi juga buat saya sendiri. Saya beli Milo! Soalnya Milo Malaysia itu coklatnya lebih berasa. Terus untuk orang rumah biasanya saya beliin makanan atau minuman kayak teh celup yang buatan sana, terus mie-mie produksi Malaysia. Seru aja gitu nyicipin makanan kayak gini ketimbang beli gantungan kunci atau kaos. Di Batam gantungan kunci sama kaos banyak yang jual LOL

Setelah beli oleh-oleh, kita jajan Subway. Di Batam gak ada soalnya, makanya kita mau nyoba. Terus setelah makan kita beli tiket. Agak kagok juga pas beli tiket bus, karena ternyata belinya lewat mesin! Pantes nyari konter buat beli tiket gak ketemu-ketemu.

Kira-kira begitulah pengalaman jalan-jalan keliling Malaka 3D2N =)

***

Berhubung ada beberapa item yang dibagi, jadi harganya lebih murah.
Kurang lebih total pengeluaran atau budget untuk liburan ke Melaka 3 hari 2 malam adalah sebagai berikut:

Tiket kapal + tax = Rp 460.000 
Grab sekitar 60RM / 2 = Rp 100.000 
Bus Johor - Melaka- Johor  RM 42 = Rp 142.000 
Simcard beli satu buat berdua terus di-tether  / 2 = Rp 20.000
Hostel RM80 / 2 = Rp 135.000
Tiket masuk museum RM 5 = Rp 17.000
Makan-makan = Rp 200.000
Oleh-oleh = Rp 300.000

Total: Rp 1.374.000 

Bengkak enggaknya pengeluaran bergantung sama akomodasi, makanan dan oleh-oleh muehehehe

Komentar

Posting Komentar

Ada pertanyaan, kripik dan saran?

Postingan Populer