Magang di Bank Indonesia Batam

23:39

Ngomong-ngomong postingan tentang NIDA Summer Camp belum saya tulis semua. Sementara ngutang 11 tulisan dulu -__- Berhubung sekarang saya di semester 7, ada kewajiban berupa magang yang harus dilakukan. Gue magang di Bank Indonesia, men! :v KPw BI Batam tepatnya. Alias Kantor Perwakilan BI Batam. Btw ini ngepostnya pendek aja -_-"

Kegiatan ini bakal saya jalani selama 30 hari kerja, sekitar 6 mingguan. Sebenernya banyak faktor juga akhirnya mutusin magang di sini. Yang pertama, ada si Raihan yang bantuin masuk wkwkwk. Terus emang minat sama masalah moneter juga. Deket dari rumah saya tempatnya, 6-7 menit sampai :| di sebelah KPBI ada Megamall juga hahahalay gue :'D 

Dari Universitas Batam ada 5 orang yang bakal magang di sini. Ada saya, Raihan, Amoy dari manajemen. Terus Kadek sama Fitri dari akuntansi. Mulai magang sejak tanggal 7 kemarin. Kostum khusus buat anak magang itu item putih. Saya pake rok gitu, suka terbang-terbang kalo ditiup angin. Enakan pake celana deh, serius -.-" ditambah lagi pake sepatu yang ada haknya meskipun ga tinggi-tinggi amat. Efeknya kaki jadi pegel banget seminggu. AAAAAIIII miss my Converse~ T^T

2 hari pertama kita diberikan materi tentang BI. Tentang unit-unitnya juga. Magang dimulai pukul 07.45 sampai 4.45. 5 hari kerja kerja kerja :') Cuma di waktu senggang kita mainin fasilitas di sana meskipun ngga ada yang nyuruh ._. Ada yang nge-gym, main pingpong. Anak baru udah belagu wakakak :v Cuma sejak dipisah ke masing-masing unit, kita jadi jarang main. 

Ngomong-ngomong di KPw BI Batam ada 7 unit. Saya sendiri sekarang lagi tugas di unit LNKP2SP. Kepanjangannya lupa saking panjangnya -_- Unit ini tugasnya ngurusin perduitan, kayak misalnya bank minta duit, atau ngurusin KUPVA-KUPVAan dan lain-lain. Buat yang nanya di BI bisa nabung apa ngga? Jawabannya ngga :3 Saya sendiri tugasnya milah-milah dokumen. Standar tugas anak maganglah. Bedanya ngga disuruh fotokopi ._. 

Nanti kita di-rolling tiap 5 hari sekali ke unit yang berbeda. Kecuali di unit Kas, kita ngga masuk ke sana. Soalnya itu harus steril, secara gudang duit di sono. Kalau mau masuk ruangan kudu digrepe-grepe dulu. Makanya semua yang ada di unit kas cowo. Bahkan celana pun pinggirnya dijahit, masuk ke sana juga pakai baju kayak baju lab :}

Sejauh ini seru sih, orangnya baik. Tempatnya asik. Yang paling seru itu waktu diajarin milah-milah duit asli sama palsu. Terus ngecek duit pake lampu UV gitu. Dulu kan saya bingung banget kalau misalnya belanja di supermarket kasirnya narok-narok duit di bawah lampu. Apaan sih nih orang? Ngapain duit ditarok di bawah lampu? -.- eh ternyata emang ada yang muncul pas duitnya disinari wkwkwk. Sebenernya banyak cara ngebedain uang palsu sama asli. Di post lain kali bakal saya share kalo ngga males ._.

Ada lagi masalah inflasi di Batam yang melonjak dari terendah se-Sumatra, hingga pada akhirnya jadi inflasi nomer 2 tertinggi se-Sumatra. Emang Batam masuk Sumatra? Iyeeeeh :v Salah satunya karena impor dari luar ke Batam ditutup. Terus Batam juga tergantung sama 'impor' dari daerah lain :| Secara di sini ladangnya industri kan yak :v

Sekian dulu untuk hari ini. 
Kalau ngga sibuk dan males saya bakal update lagi tulisannya x)

You Might Also Like

2 comments

  1. Hai mba. Boleh minta contactnya Ga? E-mail atau line gt mau nanya2 nih. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Trivita! Silahkan. Lineku qisatria :)

      Delete

Ayooo! Dikomen dikomen. Dikomen dikomen.