Magang di Bank Indonesia Batam

23:39

Ngomong-ngomong postingan tentang NIDA Summer Camp belum saya tulis semua. Sementara ngutang 11 tulisan dulu -__- Berhubung sekarang saya di semester 7, ada kewajiban berupa magang yang harus dilakukan. Gue magang di Bank Indonesia, men! :v KPw BI Batam tepatnya. Alias Kantor Perwakilan BI Batam. Btw ini ngepostnya pendek aja -_-"

Kegiatan ini bakal saya jalani selama 30 hari kerja, sekitar 6 mingguan. Sebenernya banyak faktor juga akhirnya mutusin magang di sini. Yang pertama, ada si Raihan yang bantuin masuk wkwkwk. Terus emang minat sama masalah moneter juga. Deket dari rumah saya tempatnya, 6-7 menit sampai :| di sebelah KPBI ada Megamall juga hahahalay gue :'D 

Dari Universitas Batam ada 5 orang yang bakal magang di sini. Ada saya, Raihan, Amoy dari manajemen. Terus Kadek sama Fitri dari akuntansi. Mulai magang sejak tanggal 7 kemarin. Kostum khusus buat anak magang itu item putih. Saya pake rok gitu, suka terbang-terbang kalo ditiup angin. Enakan pake celana deh, serius -.-" ditambah lagi pake sepatu yang ada haknya meskipun ga tinggi-tinggi amat. Efeknya kaki jadi pegel banget seminggu. AAAAAIIII miss my Converse~ T^T

2 hari pertama kita diberikan materi tentang BI. Tentang unit-unitnya juga. Magang dimulai pukul 07.45 sampai 4.45. 5 hari kerja kerja kerja :') Cuma di waktu senggang kita mainin fasilitas di sana meskipun ngga ada yang nyuruh ._. Ada yang nge-gym, main pingpong. Anak baru udah belagu wakakak :v Cuma sejak dipisah ke masing-masing unit, kita jadi jarang main. 

Ngomong-ngomong di KPw BI Batam ada 7 unit. Saya sendiri sekarang lagi tugas di unit LNKP2SP. Kepanjangannya lupa saking panjangnya -_- Unit ini tugasnya ngurusin perduitan, kayak misalnya bank minta duit, atau ngurusin KUPVA-KUPVAan dan lain-lain. Buat yang nanya di BI bisa nabung apa ngga? Jawabannya ngga :3 Saya sendiri tugasnya milah-milah dokumen. Standar tugas anak maganglah. Bedanya ngga disuruh fotokopi ._. 

Nanti kita di-rolling tiap 5 hari sekali ke unit yang berbeda. Kecuali di unit Kas, kita ngga masuk ke sana. Soalnya itu harus steril, secara gudang duit di sono. Kalau mau masuk ruangan kudu digrepe-grepe dulu. Makanya semua yang ada di unit kas cowo. Bahkan celana pun pinggirnya dijahit, masuk ke sana juga pakai baju kayak baju lab :}

Sejauh ini seru sih, orangnya baik. Tempatnya asik. Yang paling seru itu waktu diajarin milah-milah duit asli sama palsu. Terus ngecek duit pake lampu UV gitu. Dulu kan saya bingung banget kalau misalnya belanja di supermarket kasirnya narok-narok duit di bawah lampu. Apaan sih nih orang? Ngapain duit ditarok di bawah lampu? -.- eh ternyata emang ada yang muncul pas duitnya disinari wkwkwk. Sebenernya banyak cara ngebedain uang palsu sama asli. Di post lain kali bakal saya share kalo ngga males ._.

Ada lagi masalah inflasi di Batam yang melonjak dari terendah se-Sumatra, hingga pada akhirnya jadi inflasi nomer 2 tertinggi se-Sumatra. Emang Batam masuk Sumatra? Iyeeeeh :v Salah satunya karena impor dari luar ke Batam ditutup. Terus Batam juga tergantung sama 'impor' dari daerah lain :| Secara di sini ladangnya industri kan yak :v

Sekian dulu untuk hari ini. 
Kalau ngga sibuk dan males saya bakal update lagi tulisannya x)

You Might Also Like

6 comments

  1. Hai mba. Boleh minta contactnya Ga? E-mail atau line gt mau nanya2 nih. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Trivita! Silahkan. Lineku qisatria :)

      Delete
    2. woi pitaaa, mau magang di BI ya unchhh semangat yaaaa(sorry ini teman SMA aku)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. halo kak saya Yanti mau nanya, magang dari universitas saya itu selama 60 hari, jadi gimana ya solusi nya apakah BI ada program magang untuk 4 hari kerja juga kah? trus mau nanya juga kalau magang di BI itu kata temen sy khusus bahas fiskal ya, jadi sy yg anak jurusan administrasi, peminatan keuangan kurang cocok magang di BI apakah benar? Mohon balasannya, terimakasihh:)

    ReplyDelete

Ayooo! Dikomen dikomen. Dikomen dikomen.