FLS 2015: Part 1

Pada tanggal 18 - 20 September 2015 saya akhirnya napakin kaki untuk pertama kalinya di Semarang untuk ikutan Future Leader Summit (FLS). Yaaaayyyy!!! Kali ini jadi single fighter lagi lantaran cuma saya delegasi FLS dari Batam ._.

"delegasi-future-leader-summit"
Foto sebelum ke Wisma Perdamaian x)

Jumat pagi saya berangkat ke bandara Hang Nadim dengan berbagai masalah yang berkecamuk di kepala saya. Salah satunya adalah presentasi UKM. Saya bikin video dari pulang magang sampai pagi. Terus minta tolong Fuji untuk presentasi tanggal 19 meskipun sebenernya harap-harap cemas juga ninggalin anak-anak Pena :') Paginya baru packing terus ke KPw BI nganter surat izin magang dan berangkat ke bandara. Too bad kamera saku saya rusak. Jadi untuk dokumentasi di blog ini tentang FLS, gambanya disadur dari berbagai sumber. 

Setelah terbang selama 1.5 jam saya tiba di bandara Achmad Yani, Semarang. Waktu keluar dari arrival gate, saya nyariin panitia. Biasanya kalau ada acara gini tinggal nyari orang yang bawa kertas terus ada nama acaranya. Atau nyari sekumpulan manusia yang lagi ngumpul. Waktu itu ada sekumpulan manusia, namun sayangnya bukan peserta FLS :') melainkan pengunjung bandara. Ya udah saya muterin bandara. Ternyata Achmad Yani itu bandaranya mini. Berhubung ngga nemu siapa pun, saya hubungin PIC saya si Jamal. Saya mutusin untuk makan baso dulu daripada bengong diliatin orang kayak anak ilang dibandara. Takut kalau misalnya ada yang ngedeketin terus bilang, "Dek, mamanya dimana? Ikut oom, yuk!" :'v

Pas banget pas kelar makan saya didatengin sama Dana dan Jamal, PIC di room kebijakan publik yang akhirnya datang menjemput. Kemudian kita meluncur menuju Griya Paseban tempat Room Summit diadakan. Semarang itu antik, menurut saya yang baru pertama kali berkunjung ke sana. Terus budayanya kental. Saya cuma tau inggih-inggih doang wkwkwk Sayangnya Semarang kering banget waktu itu karena memang sudah lama ngga turun hujan. Daun-daun kering kerontang mendambakan siraman menyegarkan dari langit. Huhuuu~

Waktu datang ke Griya Paseban tempatnya udah rame. Daaaaan seketika itu juga saya melihat sosok Septian! Temen yang saya temuin di event ICN tahun ini. Jadi Septian yang bilang tentang FLS, hari-H deadline. Pada akhirnya kita bisa ikut acara ini meskipun beda room. Senang sekali rasanya bisa berjumpa dengan teman lama :) Mendadak kita jadi heboh seketika hahaha

Waktu kita ngobrol ternyata cewek yang nyeletuk. 

"Kak, kenal aku ngga?" katanya.  
"Ngga. Siapa ya?" 
"....."

Getok gueee, getooookkk hahaha. Ternyata itu Shadiaaa! Anak di room Kebijakan Publik pertama yang saya temui di FLS. Gilanya dia masih SMA lho, SMA -.- saya jadi inget umur coba :') Nah, karena anak Kebijakan Publik cuma berdua, jadi kami bingung yang lain pada dimana. Mungkin lagi pada sibuk orasi buat nyari massa 5 tahun ke depan kali, ya? -_-

Setelah itu kita ngumpul ke Room Summit, and you know what?! Pembicaranya adalah Budiman Sudjatmiko, men! BUDIMAN SUDJATMIKO. Mas Budiman ini adalah salah seorang aktivis yang nentang orde baru. Sampe dicari seantero negeri karena mau nurunin presiden. Sempat dipenjarain juga. Namun begitu, beliau ngga menyesali apa yang telah dilakukannya. Mungkin kalau misalnya ngga gitu, sejarah Indonesia bakalan sedikit berbeda.
20 tahun dari sekarang, kamu akan menyesal,bukan karena apa yang telah lakukan, tetapi apa yang tidak kamu lakukan -Mark Twain-
Semua diawali saat negara api menyerang.. ngga deh. Semua dimulai dari kata-kata Mark Twain. Meskipun saya ngga kenal siapa Mark Twain, dan pada akhirnya setelah Googling saya baru tau kalau Mark Twain adalah seorang penulis terkenal di Amerika yang punya nama asli Samuel Langhorne Clemens. Lha, Mark Twain-nya?! x)

Terus Mas Budiman minta kita untuk merenungkan kata-kata itu, berpikir, mendalami, dan menghayati. Otomatis peserta masang muka mikir keras, dan ada juga yang sok-sok mikir keras seperti saya -_-"

Di sela-sela pembicaraan, Mas Budiman nyebutin kalau ada 3 tipe manusia. Yang pertama leader. Yang kedua yang hobi kritik, dan yang ketiga manusia yang hobi nyinyir. Nah, elu elu pade tipe yang maneee? Silahkan jawab sendiri.

Selain itu beliau juga memaparkan pentingnya berpikir dan bertindak satu. Kalau bahasa Vicky sih biar ngga ada kontroversi hati :v Pokoknya intinya apa yang dilakuin sama yang dipikirin itu sama. Hati sama pikiran harus sinkron gitu deh :3

Kelar dari Grand Summit kita break. Nah, baru deh manusia-manusia Kebijakan Publik (KP) muncul satu persatu. Yang ditunggu sama kita-kita itu si Iko yang terkenal se-room KP berkat hobinya nongkrong depan MPR DPR. Mungkin kalau dia nyalon, bukan ke salon maksudnya -_- tapi mencalonkan diri 5 atau 10 tahun lagi untuk menjadi kepala daerah, dia udah dapat massa 39 orang dari room ini hahaha.


Waktu ngantri soto saya ketemu sama Amien ._. manusia rese' yang berhasil re-branding nama saya jadi Tina. Malah waktu ngobrol sama anak KP yang lain saya dipanggil Tina. Sampe PIC, si Dana manggil Tina T^T Woi woi woi tanggung jawab lu Min!!! *lempar bakiak* Eh ternyata dia aslinya kalem sumveh hahaha.

Ini tersangkanya :'D

Setelah ishoma, anak KP nongkrong dulu di depan roomnya. Kita terhibur dengan adanya duet maut antara Adam dan Fadli yang punya bakat sebagai komika. Jadi, sepanjang event FLS tuh mereka yang jadi provokatornya :3

"future-leader-summit-2015"
Room Inspirasi. Dok: FLS

kita lanjut ke room inspiration. Room KP kedatangan pembicara dari Hysteria. Salah satu komunitas yang concern sama tata kota. Jadi mereka bikin semacam peta gitu tentang Semarang. Salah satunya adalah peta lokasi tempat-tempat nge-hits di Semarang. Idenya simple yet smart. Selain itu mereka juga bikin proyek lain misalnya Gerobak Bioskop dimana mereka mengadakan pemutaran keliling. Sebenernya banyak yang diceritain, cuma berhubung emang udah malem, jadi saya ngga fokus dengerin -_-  

Setelah room ini, kita dibagiin kamar. Satu kamar ada yang 4 orang, ada yang 2 orang. Cewek di KP itu 10 orang minus satu. Satu kamar isi 4 orang ada 2. Jadi ada 1 kamar yang isinya satu orang. Jadi saya dapet satu kamar untuk sendiri. Yaaay!

Mana kamar saya di pojok. Bangunannya lama gitu, sebelahnya tangga sama kamar mandi. Di belakang kamar ada pohon pisang pula -__- beruntung ngga ada penampakan ._. Seenggaknya di hari pertama saya dapet temen baruuu~

Part II di post sebelah x)

Komentar

Postingan Populer