Pacu Jawi - Sumatra Barat

11:33

Pacu Jawi adalah salah satu event kultural tahunan yang diadakan di Sumatra Barat, tepatnya di Kabupaten Tanah Datar dan sedikit di Kabupaten 50 kota. Untuk di Kabupaten Tanah Datar, saya berkesempatan untuk melihat pacu jawi di Kecamatan Sungai Tarab, Batusangkar. Soalnya  kampung saya di sana :)

Untuk mencapai Batusangkar dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Padang. Soal transportasi, bisa menggunakan mini bus. Kalau di Padang biasanya bus ini di sekitar Basko, pasti ada yang teriak teriak 'Bukittinggi', 'Payakumbuh' atau 'Batusangkar' tinggal pilih aja tujuannya mana. Waktu saya ke sana, tarifnya  masih Rp 18.000 untuk sekali jalan. Pretty cheap :D

Back to Pacu Jawi. Jawi sendiri dalam bahasa Minang artinya sapi atau kerbau. Jadi bisa disimpulkan kalau Pacu Jawi berarti Pacu Sapi atau bahasa kerennya Cow Race #eaa

Untuk track-nya sendiri, adalah di sawah yang berlumpur yang sudah selesai panen. Nah, tahun kemarin waktu saya ke sana, event ini diadakan pertengahan tahun. Cuma sayang waktu itu nggak liat pembukaan sama penutupan, well, maybe next time.

I should put some more pictures :/

Bisa lihat spanduknya? :o

Fighters :D

The cow is out of the track!

This is my fave!

Look at her feet! The space is too tight :/

Even the cow is enjoying the view :)

Asik asik, mejeng dulu :D

Pretty crowd, isn't it? :o

Go back home :)

Selain mengadakan pacu jawi, mereka juga bikin semacam pasar kecil kecilan. I can't find a right words :/ Jadi di pasar kecil-kecilan itu ada bianglala mini, terus makanan dan minuman. Yaa, pokoknya rame dan seru! It is one of the must-see event ;)

Untuk informasi lebih lanjut just go to this site :)

You Might Also Like

0 comments

Ayooo! Dikomen dikomen. Dikomen dikomen.