Minggu, 23 Juni 2013

Diklat KTI 2013

Hola yang lagi weekend :3
Di sana! Di sana! dan di sana!
#applause

Jadi ini adalah pengalaman saya waktu ikutan Diklat KTI (Karya Tulis Ilmiah) pemuda yang diadakan di kanpora Batam dari tanggal 18-20 Juni 2012. KTI? Iya KTI. So, am I look smarter, huh? Bhahaha :D

Kenapa bisa ikutan? Awalnya kemarin itu saya dapat sms yang isinya ada diklat selama 3 hari, konfirmasi sebelum jam 8 besok pagi. Ya udah dong, saya oke-kan saja mumpung gratis. Lagian why not trying something new? Maybe it'll be worth.

Pertama mikirnya diklat itu membosankan, apalagi ditambah embel-embel karya tulis ilmiah. Pas saya cek di grup, ternyata kuotanya cuma 7 orang dan itu pun sepertinya tidak terlalu diminati. Karya ilmiah, sih, ya. Coba kalau dikasih tiket konser gratis, saya yakin bakalan rebutan, hehehe

Hari pertama diklat, saya ketemu sama anak satu universitas, anak ekonomi akutansi namanya Sypri. Awalnya kita cuma berdua dan pas registrasi, ternyata peserta dibagi ke dalam 9 grup. Random. Saya masuk kelompok 5, dan nggak ada teman dari satu uni. Oke nggak apa-apa. 5 is my lucky number. Tetap optimis :3

Pas lagi duduk, dibelakang saya ada rombongan anak Poltek dan saya ketemu sama seniornya si Sri! Nah, setelah itu kita diminta untuk duduk sesuai kelompok. Luckily, saya satu kelompok sama kak Vela dan salah satu temennya kak Rhana, seniornya Sri.  Err, I mentioned it two times. Terus yang satu kelompok lagi si Hawa, anak Unrika yang duduk di depan saya dan kita kenalan pas awal acara. anyway guys, world is just too small!

Total anggota kelompok 5 sepuluh orang. Nah, terus kita diminta untuk bikin yel-yel. Saya kepikiran yel-yel banana song. Cuma rasanya ga banget, ahahaha. Jadi kita make yel-yel si Hawa which I forgot more than half of it. Sayang seribu sayang, ketika yel-yel kelompok kami nggak dipanggil panggil. So, we were like losing hope. Hahahaha

Terus.. *mikir dulu*

Jadi kita itu se-klop itu ternyata. Hanya dalam beberapa menit atau jam menuntun kita untuk kegilaan selanjutnya. Nah, saya lupa awal mulanya gimana, tapi yang pasti kita semua ngakak disepanjang diklat hari pertama dan susah nahan ketawa sesusah nahan boker, eh?  Ya, kelompok sarap -__-

Group 5 full team :3            doc: nyolong dari Fita, akakakak

Hari kedua kalau nggak salah kita tetap dikasih materi tentang karya ilmiah dan di hari terakhir kami diharapkan untuk membuat satu karya ilmiah per kelompok. Di hari kedua ini juga ternyata banana! Banana song yang saya pikirkan di hari pertama ditampilkan oleh seorang peserta! Kira-kira gini bentuknya, cuma yang ini kerenan :3


So, for the rest of the day people are like crazy about banana! Unluckily, kita kehilangan 3 orang personil grup 5 #eaa personil :D 2 karena ada ujian, 1 lagi karena insiden kecil :3

Skip, lanjut ke hari ketiga. Di sini kita bakal mempresentasikan karya ilmiah yang udah kita buat. Kelompok saya mengambil tentang kesehatan masyarakat miskin yang biasanya di-nomer-duakan. Diantara semua tim, kita itu yang paling singkat, cuma bikin bab 1 doang sesuai sama permintaan mereka. Tapiii, herannya grup lain malah sampai bab III. That was strange  but we got like a compliment :D

Terus di hari ketiga juga nama kelompok kita baru tersebut setelah memasuk hari terakhir! Soalnya selalu saja setelah kelompok 4 itu kelompok 6. They forgot 5! Asumsi pertama adalah mereka beneran lupa, asumsi kedua kita terlupakan dan asumsi ketiga adalah mereka belum bisa berhitung dengan baik. Okay, skip the third assumption. Di hari ini juga akhirnya kita disuruh yel-yel dengan semangat yang sudah tidak ada lagi. Setelah kita berkoar-koar 5 5 5 :V

Saya sedikit excited setelah tahu kalau kita bakalan bikin semacam kelompok karya ilmiah angkatan 2013 dan namanya setelah disepakati adalah KIPI (Karya Ilmiah Pemuda Indonesia). Ya, KIPI sounds like kepo kepo, hahaha. Kita mengadakan pemilihan ketua dan wakil juga. Tenang, bukan saya kok :3

End of the day, kita harus berpisah, tapi nanti ketemu lagi bulan Juli untuk pertemuan rutin seperti yang telah disepakati.

Kesan saya:
Nggak selamanya apa yang terlihat buruk itu buruk. Mungkin saya bakalan mencoba untuk memulai menulis karya ilmiah :3 Besides, I got new friends, new experience and new knowledge.

Pesan saya:
Mungkin ini untuk KIPI ke depan, saya cuma mau realistis aja. Yang paling penting itu adalah kekompakan. Soalnya kalau udah kompak bakalan enak kemana aja alurnya.

Btw ini banyak yang ketinggalan, mood saya jelek. Besok-besok sepertinya posting harian bakalan lebih ada rasanya buat nulis :3

See ya later! 
XOXO

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ayooo! Dikomen dikomen. Dikomen dikomen.