Satu Bulan Pertama di London


Udah lama ga update blog, tetap sama, beberapa postingan yang berkaitan sama beasiswa masih tetap di draft :) Here we go, cerita tentang kepindahan ke London untuk lanjut coolyeah.

Jadi sekarang saya udah di London. Yap! London. Kadang masih lucu aja, bisa-bisanya udah di sini, masih ga kebayang udah ngelewatin perjalanan panjang and it took years to finally here. Dannn ga berasa udah sebulanan juga stay di sini.

Perjalanan saya dimulai 16 September lalu, dengan rute Jakarta - Singapura - Abu Dhabi - London. Perjalanan sehari semalam lintas negara, lintas benua. But isn't that what I'm looking for? A life changing experience, or ... an escape? Apapun itu, saya udah di sini.

17 September pagi saya udah sampai di Heathrow, ngantri di imigrasi dan beberapa saat kemudian udah nyari rute kereta menuju asrama di Paul Robeson House. Harusnya naik jalur Picadilly line, cuma berhubung lagi libur rutenya tutup, berakhir dengan ngambil rute Elizabeth line dannn harus ganti kereta dengan geret-geret koper. Sempet nyasar juga dan dibantuin stranger buat ambil jalur yang sesuai. Sesampainya di King's Cross ga ketemu lift, akhirnya dibantuin juga sama anak kuliah yang baru sampe dan juga geret-geret koper. Yak, makasih buat mas-mas India yang udah bantuin saya angkatin koper naik tangga!! 

Hal paling susah adalah adaptasi dengan cuaca. Batam biasanya panas banget, sampai sini dingin, cuma lebih parah lagi anginnya sih. Hembusannya menusuk sampe ke tulang merasuk relung jiwa. Dinginlah pokoknya. Di hari pertama juga kenalan sama teman-teman baru. 

Hari pertama juga naik bus merah legendaris, ternyata seru juga. Transportasi umum di Inggris oke banget. Tube ada, bus ada. Cuma prefer bus sih, lebih murah dan simpel. Tube ribet nyari jalurnya hahaha lebih kompleks daripada MRT di Singapura. Jelaslah, London underground is the oldest metro system in the world. 

Meskipun oke, kadang ada aja kejadian di luar nurul soal transportasi di sini. Salah dua contoh nih ya, pertama pas mau belanja sama mba Ipeh naik bus. Busnya tiba-tiba nurunin penumpang di tengah jalan, alesannya karena mau ada demo dan rutenya kek dipake buat march gitu. Yaudahhh ada kali setelahnya diturunin beberapa kali wakakak

Kedua, baru aja kemarin kejadiannya. Ceritanya saya balik dari kantor pos, terus pas mau turun, sopirnya salah rute :( heuuu jadilah turun di King's Cross aja dan cari bus lain wkwkwk tapi mereka bertanggung jawab sih, busnya muter lagi kembali ke rute yang seharusnya, ke tempat dimana harusnya berhenti di awal.

Nah ada lagi yang lucu sih, sinyal internet di sini suka ga stabil, atau emang karena dosa-dosa hamba sudah terlalu banyak? Jadi ini semacam hukuman? Entahlah ya. Kadang sering dikomplain sama si bangcat kalo nelpon, dibilang di Papua :( heuuu kek masih enak pake WiFi Indigo anjirrr stabil kecuali pas hujan badai. Hujan di sini tuh kek sopan banget pula kek butiran debu turun, ga barbar kek di Indo, hujan turun kayak ngajak tawuran. Kalo ujannya bisa ngomong di sini tuh mungkin mereka bilang, "Excuse me, sorry, sorry."

Oh iyaaa, London nih orang-orangnya pada cashless. Saya sendiri antara emang tolol, pasrah atau kombinasi keduanya, saya ga bawa uang cash GBP. Cuma modal Jenius sejak awal dateng. Untungnya ga ada masalah sampai sekarang dengan tap-tapan. 

Yang agak kaget pas datang pas belanja ke Argos. Jadi ini tuh tempat buat belanja keperluan rumah tangga gitu ya. Pas masuk kaga ada barangnya. Cuma ada kek tab sama mesin edc. Jadi kalo beli, beli di sanaaa. Pas udah bayar, baru ambil barang di counter wkwkwk asliiii kirain itu tuh tempat jual HP soalnya ga ada keliatan fisik benda-benda yang dijual kek di Ace Hardware LOL

Naw, let's talk about university life. Saya kuliah di SOAS University of London. Kampusnya kecil tapi dinamis. Dan itu juga yang bikin temen jadi banyak. Sejauh ini perkuliahan di sini seru sih ya, temen-temennya juga pada baik-baik. 

Selain kegiatan perkuliahan, saya juga ikut society, kayak semacam UKM kampus gitulah. Saya join jadi pengurus Indosoc (Indo Society). Terus juga ikut ekstrakulikuler silat. Jauh-jauh ke sini ikut silattt wkwkwk udah dua kali ikutan latihan di Dojo, soalnya masih nunggu jadwal dari kampus. Jadi langsung latihan di Dojo deh, berhubung gratis buat anak-anak SOAS. Ntar kalo udah settle, baru latihannya di kampus.

Oh iya, sedikit cerita tentang proses adaptasi di sini. Beda kayak di Indo yang bisa pesen gojek atau grab, di sini kemana-mana biasanya jalan. Ke kampus jalan, sekali jalan 20 menitan, PP 40 menitan. Belom lagi kalo mampir-mampir dulu wkwkwk hidup sehat banget. Terus sejak di sini jarang banget konsumsi gula, mentok kalo mau manis ditambahin madu, bukan gula :') beda banget kayak di Batam, dikit-dikit pesen teh obeng!! Hahahaha

Soal makanan juga berdampak. Awal pas dateng beli makanan di Tesco yang tinggal microwave. Cuma di sini lama-lama berasa kek plain aja rasanya :( dan akhirnya memutuskan untuk masak aja, biar ada rasanya -entah enak atau ga enak- dan hemat aja. Yang penting edible, kenyang dan tidak sakit perut udah cukuplah. Pernah eksperimen bikin bakwan, dipuji sama temen-temen dibilang enak!! Jadi termotivasi untuk bikin gorengan lainnnn~

But the most important part is that I slowly heal myself here. Saya ada masih ada sesi personal coaching dari kegiatan YSEALI. Tiap sesi refleksi diri, total ada 6 sesi. Kemarin banget sesi ke-4 dannnn I discover my fear. What if someday I go back home, and thing is not changing. Kek you have change yourself and push your limit, then you go back and back to your old routine which is parah bangetlahhh mo nangissss. Honestly, it really scares me out, to fall again. Cuma ntar kalau kejadian ga tau lagi escapenya harus gimana hahahahamatiajaaaa

Yang pasti harus menikmati sisa 11 bulan lagi di sini, the only chance I have :')

Butuh waktu ya menyembuhkan luka~

Komentar

Postingan Populer