Pengalaman Rapid dan Swab Test Covid-19

Balik lagi ngobrol masalah Covid-19 dan kerjaan :) 

Dulu cuma nyaksiin gimana WNI termasuk PMI di-swab test di pelabuhan. Paling ngeri waktu ngeliat alatnya dicolokin ke hidung. Dan beberapa hari lalu, saya nyicipin rasanya gimana di-swab, ternyata ada perih-perihnya gitu.

Oh iya, beberapa bulan lalu juga sempat ada rapid test di kantor. Waktu rapid test, darahnya diambil di lengan kanan. Cuma darahnya engga ngalir. "Am I dead?" Alhamdulillah masih napas. Jadi gantian, darah yang diambil dari lengan kiri. Nah di sini darahnya baru bisa keluar. Mungkin darah di lengan kanan malu kali ya? Yang penting seluruh pegawai hasilnya negatif.

Yang bikin deg-degan itu yang minggu lalu. Jadi ada serombongan PMIB yang dikarantina di shelter nungguin hasil swab test keluar. Ternyata salah satu dari mereka dinyatakan positif covid-19. Itu beritanya pagi-pagi pas nyampe kantor. Saya yang denger lemes, temen-temen juga pada cemas soalnya mereka udah di shelter beberapa hari. 

Setelah dinyatakan positif, PMInya diangkut ke Galang dijemput sama ambulans KKP. Waktu yang yang kita cemasin dia gak kumat depresinya, eh malah positif yang lain :( hidup memang se-random itu. Ngomong-ngomong si PMI gak ada keluhan apa-apa. Jadi kinda shocking to know kalau dia positif.

Setelahnya, ada lagi wacana bahwa PMI yang serombongan doi bakal di-swab ulang termasuk para pegawai di kantor yang konon kontak erat dengan korban. Temen saya nganterin doi dari pelabuhan ke kantor, satu mobil sama PMI yang lain. Bos aing orientasi doi pas hari pertama. Hamba bantuin angkut barang-barang PMI ke dalem shelter, dan beberapa kali papasan juga sama yang positif. 

Tiba-tiba banget nih gak ada hujan, gak ada duit, pas Jumat kemarin dikabarin di grup kantor kalau hari itu juga bakal ada swab test buat PMI dan para pegawai. Padahal sekantor udah hopeless gitu sih karena setelah sekian lama supply vitamin stop, harus ngurusin PMI  dari luar negeri yang pasti resiko terpapar gede. Kek udah siap jihad wkwkwk syukurnya swab ini bakal ngasih kepastian bahwa kita tuh baik-baik aja, kita .... baik-baik ajaaa *crying out loud*

Abis dikabarin di grup, se-kantor beres-beres karena rencananya temen-temen KKP bakal datang setelah Jumat buat nge-swab. Jadilah kita rame-rame mendirikan tenda hijau, bukan tenda biru di depan kantor. Salah satu bentuk sinergi nih.

Siangnya habis jumatan beneran dateng petugas KKPnya. Kita-kita pada deg-degan. Apakah ini yang kita tunggu? Antara khawatir, takut, cuma penasaran juga. Jadi sebagai syarat kita fotokopi KTP dulu 2 rangkap. Ada 2 pos yang harus kita singgahi.

Di pos pertama ditanyain identitas diri, sama kontak dengan korban yang positif ini. Setelah selesai diwawancara, diarahkan ke pos 2 yang ada di tenda buat di-swab. Petugas KKP udah pakai baju hazmat lengkap. 

pengalaman rapid test (kiri), dan swab test (kanan)

Tes swabnya diambil dua kali, lewat mulut dan lewat hidung. Kalau dibayangin sekarang masih terngiang-ngiang rasanya. Pertama diambil dari mulut. Jadi kita diminta untuk duduk tegap, terus mulutnya dibuka sambil bilang 'A', terus petugasnya masukin semacam lidi apa? Ga tau deh itu namanya apa tapi bentuknya mirip kayak lidi warna putih. Terus itu dimasukin ke mulut sampe dalem. Rasanya gak enak karena dalem banget huhuhu

Nah yang kedua lewat hidung. Pas alatnya dimasukin ke hidung, agak gak percaya gitu ternyata bisa masuk sampe kerongkongan alatnya wkwk, terus pas mentok, alatnya di dalem sana diputer-puter dijilat dan dicelupin. Perih rasanya. Tiba-tiba yang nyolokin bilang "udah selesai" seketika saya auto berkaca-kaca. 

Mata berair, tenggorokan ada perih-perihnya kayak lagi ingus rasanya, gak enak. Rasanya gatel pengen digaruk. Pulang dari kantor masih berasa gak enak aja tenggorokan. Besoknya malah pusing, mungkin karena di bawah alam sadar menerka-nerka hasil swabnya gimana. Takut juga kalau positif T_T

Setelah menunggu selama empat hari, akhirnya tadi pagi dapat info kalau hasil tes swab pegawai negatif covid-19. PMI di shelter juga negatif. Alhamduuuuuulillahhh~ 

So, stay safe everyone!

Tetap jaga kesehatan, patuhi protokol covid.

Yuks, Indonesia bisa.

Komentar

  1. Dan sampai detik ini, COVID juga belum kelar. Malah muncul Omicron. Tapi secara kondisi, lebih baik daripada tahun 2020 kemarin.

    Semoga sehat selalu.

    Salam,
    Wevelope

    BalasHapus

Posting Komentar

Ada pertanyaan, kripik dan saran?

Postingan Populer