Balada Mul si PMI

Dokumentasi Qistina Yusuf, Pelabuhan Batu Ampar Batam
Dapet objek foto pas hari-H =)

Typical day
di pos pelayanan Batam, kita nerima brafaks (berita faks) setiap minggu dari KJRI. Kadang  bonus, seminggu ada dua brafaks. Dulu sebelum Covid-19, sebulan sekali PMI-B (Pekerja Migran Indonesia Bermasalah) masuk ke kita untuk dibantu fasilitasi ke daerah asal. Sekarang tiap minggu pasti ada aja, dan kondisinya random banget.

Tiap hari Rabu dan Kamis kita udah waswas, nyiapin diri buat nerima brafaks dari KJRI Johor sama Penang. Kadang dari KBRI Singapura juga. Kerjaan fasilitasi pemulangan mungkin terdengar simpel. Cuma kalau dilakoni, di dalamnya sangat kompleks. Complicated gais, kek hubungan.

Kalau dulu PMI-B yang dikirimin ke kita dijemput di pelabuhan, terus dibawa ke shelter dan dicariin tiket pulang, sekarang alurnya beda. PMI dan/atau PMI-B yang datang dari Malaysia atau Singapura di-SWAB di pelabuhan, terus dibawa ke Pulau Galang buat dikarantina sampai hasil SWAB keluar. Yang rentan ditampung di shelter kita.

Setelah hasilnya keluar, PMInya kita jemput ke Galang, terus diinepin di shelter sambil nungguin tiket balik. Kita juga koordinasi ke petugas BP2MI di daerah asal bahwa alamatnya valid, keluarganya beneran masih di sana atau enggak. Kalau udah oke semua, tiket di-issued, petugas kita anterin PMI ke bandara dan koordinasi sama petugas BP2MI di daerah asal. Tidak lupa juga petugas kita nyiapin segala dokumen yang diperlukan buat penerbangan. Nah, semua proses njlimet ini dirangkum dalam satu kata: fasilitasi :)

Apa yang bikin pekerjaan ini semakin menantang adalah tingkat kesulitannya. Kalau pada hari biasa yang ditanganin itu yang sehat, waktu pandemi malah yang dipulangin dari Malaysia lebih banyak yang rentan. Entah itu sakit, hamil, sudah punya anak dan sebagainya.

Saking banyaknya PMI yang ditangani, kita jadi banyak bahan gibah buat menghibur hari-hari karena kelakuan mereka macem-macem. Ada yang sedih kisahnya, yang kocak juga ada, yang mencengangkan juga ada, macem-macem pokoknya. Kalau kelakuannya unik, pasti semua petugas termasuk saya jadi inget namanya plus kelakuan ajaibnya.

Salah satu kisah yang akan diceritakan di sini adalah kisah seorang PMI-B yang bikin pusying sekantor. Kita sebut aja namanya Simul. Doi adalah salah satu PMI-B yang paling lama transit di Batam. Bukan karena betah, tapi karena butuh penanganan khusus dan harus ekstra sabar buat menghadapinya.

Suatu hari pos pelayanan nerima brafaks bahwa ada pemulangan 15 PMI-B dari Malaysia. Kondisinya ada yang hamil, dan dua orang yang sakit termasuk Simul. Biasanya kapal yang dari Malaysia ini masuk sore. Sampai di pelabuhan, penumpang kapal di-SWAB.

Kondisi Simul ini pas sampai Batam tuh lemes kek abis napas. Jadi dirujuklah dia ke rumah sakit langsung dari pelabuhan Takutnya kehabisan napas atau gimana. Ngomong-ngomong dari brafaks dijelasin bahwa doi kena TBC.

Dari rumah sakit kita dapat info kalau sakitnya Simul ini masih harus diobatin. Jadi kalau TBC, tenaga medis melakukan pemeriksaan BTA untuk ngecek bakteri penyebab TBnya masih aktif atau engga. Berita buruknya, BTA masih positif yang artinya berpotensi buat menularkan ke orang lain. Jadi doi harus dirawat. Buat dipulangin pakai pesawat juga BTAnya harus negatif dulu.

Setelah sekian hari, Simul mulai gak betah. Sering ngechat anak perlindungan "Bu, kapan saya pulang?" seandainya bisa dipulangin sekarang ya langsung kita kirim balik. Hari-hari temen saya jadi berwarna karena di-chat Simul hampir tiap hari wkwkwk

Ada kalanya waktu itu perawat ngadu ke anak perlindungan kalau Simul ga mau disuruh mandi. Pernah juga Simul minta dibeliin baju. Suatu ketika pernah juga perawatnya nyuruh Simul potong rambut biar bersih. Temen saya sampe nyamperin Simul buat ngebujuk biar dia mau mandi, sampai manggil tukang cukur juga biar Simul makin ganteng.

Lagi nih, temen saya diminta untuk tebus obat buat Simul. Itu weekend ya, hari dimana harusnya kita libur. Tapi demi Simul, temen saya rela berangkat ke kantor, terus otw rs. Ternyata obatnya gratis, dan cuma butuh dianter doang dari lantai satu ke lantai lima. More epic, obatnya ternyata cuma vitamin. Apapun demi Mul deh pokoknya.

Setelah sebulan lebih, Simul tetep masih di RS karena BTA masih positif. Opsi lain yang memungkinkan adalah mulangin Simul pakai kapal dengan didampingi perawat. Sejak saat itu, staf di kantor jadi riweh kesana kemari buat koordinasi. Saking lamanya Simul di RS, perawat pun mengenal doi sebagai Pak RT. Saking seringnya staf kantor ke RS, kita kepikiran buat bikin pos pelayanan di Roti-O. Lumayan kalo ada promo.

Sudah lebih satu bulan Simul dirawat. Waktu itu kita ngecekin kapal Pelni ke Jakarta kapan. Sebenernya Simul ini bukan dari daerah Jawa, cuma karena terbang ga mungkin, jadi opsi yang saat itu ada yaitu naikin Simul ke kapal sampai ke Jakarta. Nanti di Jakarta Simul dirujuk lagi ke sebuah rumah sakit. Kalau udah membaik baru deh dipulangkan ke asal.

H-1 Simul mau dipulangkan naik kapal masih belum terang. Masih ada tarik ulur dan ketidakpastian. Yaudah akhirnya ter-skiplah jadwal Pelni dat day, dan kita harus nunggu jadwal kapal Pelni berikutnya.

Di percobaan kedua buat mulangin Simul, kita mempersiapkan dengan matang. Kordinasi sama stakeholders digencarin beberapa hari sebelum kapalnya bersandar di Batam. Banyak pihak yang terlibat seperti rumah sakit, KKP, Pelni, sempet juga koordinasi ke maskapai cuma ambyar gara-gara masih positif BTA-nya.

Bukan cuma koordinasi. Banyak hal yang harus kita penuhi sebelum keberangkatan Simul. Masalah yang bikin pusing waktu itu adalah CLM. Berhubung Simul rutenya mau ke Jakarta, jadi dibutuhkan CLM. Masalahnya waktu daftarin pakai nomor paspor dan gak bisa daftar. Akhirnya kita minta Simul buat fotoin KTPnya dan akhirnya bisa~

The day has come, sayangnya pada hari itu Simul gak jadi berangkat karena kita kehabisan waktu. Terus nunggu jadwal Pelni berikutnya.

Beberapa minggu kemudian ....

Kita dapat jadwal Pelni dan temen-temen mulai koordinasi ke stakeholders terkait seperti KKP, rumah sakit, dan koordinasi juga sama stakeholders daerah tujuan. Kesempatan kedua ini berjalan dengan mulus, cuma agak gradakan dikit. Jadi koordinasi selesai 2-3 hari sebelum keberangkatan, dan udah dapat pendamping juga buat PMInya. Tinggal eksekusi di lapangan aja nih. Biasanya sih full of surprise kalau udah kerja lapangan.

Salah satu rute ga ngotak selama bekerja

Pagi Hari-H amat sangat hectic gais. Saya waktu itu dapat tugas untuk ambil hasil SWAB di KKP Batu Ampar, dan kalau hasilnya sudah keluar langsung berangkat ke Galang buat jemput PMI (ini ceritanya lagi ngurusin PMI lain). Meanwhile temen saya berangkat ke RS buat ngurusin Simul, dan sebagian di kantor ikut Zoom Meeting sambil bikin semacam shield di meja pelayanan.

Setelah kelar dari Batu Ampar, saya transferin duit pembayaran RS Simul ke temen-temen yang ngurus. Takutnya kalau udah sampai Galang gak ada sinyal buat transfer. Terus mastiin juga kalau saya gak harus nyusul ke RS.

Kelar dari Galang, ternyata ada telpon masuk dari temen-temen yang lagi di RS. Jaringan lagi error, jadi gak bisa transfer untuk bayar tagihan rumah sakit Simul. Dan kalau tarik tunai gak bisa karena kepentok limit. Yaudah karena saya masih di jalan kita tunggu aja sampai jaringan lancar.

Sesampainya di kantor, temen saya nelpon lagi, jaringannya masih error. Yaudah, akhirnya kita putuskan buat bayar tunai aja karena saya baru tau kalau ternyata BNI berlogo GPN limit tarik tunainya tiga kali lipat lebih besar. Jadi bisa narik banyak meskipun masih butuh bantuan ATM temen karena limit.

Di sepanjang jalan dari kantor kita nyari ATM BNI. Mana nemunya yang pecahan Rp 50.000. Bayangkan gais, tas penuh duit. Narik semaksimal limit. Berasa horangkayah.

Temen saya udah nunggu di RS, dan kita langsung menuju ke kasir. Setelah kita pastiin nominalnya sama kasir, bakal dibayar tunai. Sah??? Jadi kita ngitung duit jutaan di depan kasir, pecahan Rp 50.000. Bayangin aja. Waktu kita lagi asyik ngitung duit, tiba-tiba ada ibu-ibu komen di sebelah kita.

"Wah, banyak ya"

"Iya bu, mau bayar tagihan"

"Zaman sekarang masih tunai? Milenials biasanya paham ebanking, mbanking"

"....." *siap-siap baku hantam*

Kita kasih penjelasan ke ibunya bahwa jaringan lagi error. Kasirnya juga bantuin jelasin. Sempet lucu waktu tau temen-temen saya gak bisa bayar pake debit, terus mereka bolak balik transfer duit nyoba kartu debit masing-masing gantian. Disuruh bersihin kartu debit sama pegawe sana. Tetap tidak bisa. Terus karena gak bisa juga, pegawainya bilang mungkin saldonya kurang. Hmm baiklah~

Setelah selesai bayar-membayar, kita langsung berangkat ke pelabuhan Batu Ampar. Di jalan kejar-kejaran sama ambulans biar gak ketinggalan. Sheet! Itu berasa kayak di Fast & Furious. Mana duduk di depan lagi, terus mobil nyelip-nyelip di jalanan. Live action banget sumpah!!! Berasa kek di film-film.

Sesampainya di pelabuhan, koordinasi lagi sama stakeholders terkait sembari nunggu kapal berlabuh. Apakah Simul udah bisa langsung naik ke kapal atau gimana.

Sekitar jam 7 malam, Simul akhirnya bisa dinaikin ke kapal. Kita senang karena Simul yang udah bikin drama sampe bikin satu kantor ribet bisa pulang ke daerah asal. Engga perlu lagi baku hantam sama stakeholders terkait demi Simul. Setelah satu setengah bulan :')

Kelar dari ngurusin Simul kita balik ke kantor udah jam 9 malem. Abis temen-temen ngelapor di grup dikomen "Sarung tangannya mana?" sama atasan huahahahaha satu scene lagi yang terjadi karena kita terlalu fokus sama Simul.

Beberapa hari kemudian temen saya ngecekin keadaan Simul lewat WA. Sepertinya Simul baik-baik saja. Doi baru ganti profile picture WA yang bikin kita berdecak heran. Wow, tetep eksis. Semoga sehat selalu buat Simul dan temen-temen di perlindungan.