Cerita Pengalaman Kerja | BNP: Am I a Joke To You?!

Postingan kali ini akan menceritakan pengalaman kerja di BNP2TKI yang suka bikin orang salah paham.

Saya kerja di BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia). Emang masih kalah pamor sama badan-badan lain seperti BNN, BMKG, atau BIN. Ini juga yang bikin saya geleng-geleng kepala pas pertama kali saya diterima kerja di sini, lantaran banyak yang nanya karena gak tau saya kerja dimana. Taunya saya CPNS aja.

Waktu zaman pendaftaran CPNS, banyak banget yang langsung memutuskan untuk milih formasi di Kemenkumham. Kebanyakan juga nyasar instansi besar seperti Kementerian Agama, Kejaksaan Agung, Kemenristek dan sebagainya. Makanya banyak yang gak tau bahwa ada formasi di badan atau instansi lain yang sepi lowongan karena enggak setiap orang berminat untuk ngecek setiap instansi yang buka.

Sebelumnya saya sudah pernah dengar tentang BNP2TKI. Waktu itu hanya tau bahwa badan ini kerjaannya ngurusin TKI. Milih instansi ini alasan utama karena sepertinya berbau sosial, terus ada penempatan di Kepri dan peluangnya lumayan.

Pas dinyatakan lulus, berita pun nyebar ke keluarga di kampung.
Cuma pada bingung keluarga di sana karena asing banget sama instansi ini.
Reaksinya, "BNP2TKI? NANI?!"
Ga gitu ding, salah.
"BNP2TKI apo tu?" (Apa itu BNP2TKI?)
Kemudian dijelaskan bahwasanya BNP2TKI adalah badan yang ngurusin TKI. Terus muncul lagi kebingungan, "BNP2TKI memangnya badan pemerintah?" Pokoknya banyak pertanyaan seperti itu.

Lain lagi sama temen-temen saya. Begitu tau saya lolos dikasih selamat. Namun setelah sekian purnama berlalu, salah satu teman pun bertanya.
"Qis, bisa bantuin bikin paspor? Temenku ada yang mau kerja di luar negeri"
"Wah, langsung bikin di imigrasi aja, kita gak ngeluarin paspor"
"Oh, kirain kamu kerja di Imigrasi"
"..................." (semesta pun hening)
Si Zubaedah mikir selama ini saya kerja di Imigrasi bagian ngurusin TKI.
Setelah itu baru deh saya briefing, mamam.

Temen saya yang lain sebut aja Bambang waktu itu juga ngasih selamat.
Lalu dia berkata, "Qis, ada yang kosong gak lowongan di tempatmu, kalau ada info ya"
Etdah -_- Yaudah sini saya kirimin ke Zimbabwe.

Yang paling sering itu adalah BNP2TKI disangka PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia). Mungkin karena sama-sama ada TKI-nya. Meskipun PJTKI sebutannya udah diganti menjadi PPTKIS (Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta). Sekarang berubah lagi jadi P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia).

Nyambung lagi cerita tadi, soal kesalah pahaman.
Kadang kalo naik ojol, drivernya suka nanya soal kerjaan.
"Mbak, bisa daftar kerja ke luar negeri ya?"
"Kita ngawasin aja pak, kalau program ada ke Korea sama Jepang"
"Jadi ini PJTKI?"
.............. (kuliah panjang lebar)
Berhubung saya di frontliner, biasanya banyak yang suka datang terus nanya.

*ada orang masuk kantor clingak clinguk*
"Ya mbak, ada yang bisa dibantu?"
"Mbak, saya mau daftar kerja ke luar negeri. Bisa daftar di sini mbak?"
........... (jelasin program G2G Korea sama Jepang)
Paling epic tuh pernah gini.

*orang masuk kantor*
"Ya mbak, ada yang bisa dibantu?"
"Mbak, ini kantor apa ya mbak?"
........... (tepok jidat)
Banyak bangetlah momen-momen epic ketidaktahuan tentang BNP2TKI. Ditambah lagi sekarang lagi transisi jadi BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia). 

Kegiatan pas masa pandemi adalah ngeluarin surat keterangan PMI yang menyatakan bahwa mereka adalah benar PMI yang dibuktikan sama paspor dan visa kerja, ditambah Health Alert Card dari KKP dan KTP. Jadi selama pandemi banyak PMI yang ngurusin surat ini ke kantor biar bisa balik ke kampung halaman.

Kejadiannya tuh macem-macem banget. Ada satu orang yang dateng, terus mau bilang bikin surat. Pas ditanya mau bikin surat apa? Jawabannya mau bikin surat biar bisa terbang karena disuruh maskapai tanpa tahu ini tuh sebenernya datang ke sini mau ngurusin apa :( 

Salah paham juga banyak terjadi seperti yang saya saksikan di kantor. Jadi kalau misalnya mau bikin surat keterangan PMI bakal diverifikasi dulu, nah ini tuh pada luar biasa banget pengetahuan tentang kantor kita.

kejadiannya banyak yang pas lagi wawancara lol
"Pak,bisa tolong dimatikan dulu telponnya?" 
"Ok, nanti ditelpon lagi ya, sedang di kantor imigrasi" (ngomong sama sodaranya lewat telpon)
"Bu, bisa tolong dimatikan dulu telponnya?"
"Udah dulu ya, ini lagi di PJTKI" (ngomong sama keluarga di kampung)
Bahkan yang dateng ke sini ga tau berurusan sama instansi mana :(
Jadi kamu anggep kita apa!? *ngomong pake aksen kek di sinetron*

Pelajaran yang bisa dipetik, BNP2TKI/BP2MI itu ada gaes.


Bye!

Komentar

Posting Komentar

Ada pertanyaan, kripik dan saran?

Postingan Populer