Pengalaman Volunteer UWRF 2019

Here's my story about Bali.

PROLOG

Oktober lalu saya berangkat ke Bali sebagai volunteer di Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2019. Menjadi volunteer UWRF adalah pengalaman berharga di tahun lalu. The tricky part is, saya izin H-3 sebelum berangkat ke Bali, tiket udah ada, akomodasi udah ada, jadi ada alasan biar tetap pergi. Untungnya tetap dikasih. Ini strategi busuk yang harus dipakai untuk dapat izin.

Festival ini diselenggarakan tanggal 23-27 Oktober 2019. Saya berangkat ke Bali tanggal 22 Oktober dengan rute Singapura-Bali-Singapura. Karena harga tiketnya jauh lebih murah dan udah termasuk tiket feri PP kalau dibandingkan dengan rute Batam-Bali-Batam yang bisa dua kali lipatnya.

Flight saya waktunya ngepas banget. Saya berangkat dari Batam ke Singapura pakai feri pertama jam 6 pagi, untungnya agak sepi. Terus ke Changi deh. Begitu sampai Changi langsung check-in, kelar check-in langsung boarding. Mepet banget ternyata, dan agak terburu-buru dikejar waktu. Flightnya jam 11.05 waktu setempat.

Sebenernya di pesawat juga sambil mikir sih, soalnya sama sekali engga punya temen volunteer di Bali buat event ini. Lebih tepatnya mikirin ke Ubudnya ntar gimana, soalnya enggak ada gambaran sama sekali. Sebenernya udah kepikiran beberapa opsi buat ke Ubud dari Denpasar, cuma entahlah perjalanan kali ini berasa kurang persiapan aja. Kayak ada sesuatu yang kurang, dan enggak tau itu apaan.

Di pesawat saya duduk disebelah penumpang bule, ibu-ibu dari Perancis. Pas landing, saya baru bangun, terus penumpang

sebelah ngajakin ngobrol.

Ibuk : You sleep like a baby
Saya: *nyengir cengengesan, terus ngelap iler*
Bule : Where do you want to go?
Saya: I'm going to Ubud. What about you?
Bule : Me too! I will attend some workshops there
Saya: So, after this, you will go straight to Ubud?
Bule : Yes. You can join if you want, we can split the fare
Saya: Ok, I'll join! We can go together *nyengir lagi*

Ga pake mikir langsung saya iyain aja barengan ke Ubud, daripada ribet. Kejutan pertama di perjalanan, kamu gak bakal tau perjalanan macam apa yang bakal kamu lalui, dan siapa yang kamu temui :)

Ngomong-ngomong penumpang satu ini, ia sudah 7 tahun bolak balik Ubud. Katanya, Ubud itu tempat paling bagus di Bali dan ia udah sering bolak balik. Sementara gueeee orang asli Indonesiaaa boro-boro, ke Bali aja baru sekali doang yang solo.

Seketika merasa bersalah sama negara sendiri karena engga pernah eksplor dan malu juga, orang asing lebih tau negara sayaaa

Nah, saya sama ibu ini jalan ke pangkalan taksi. Sebenernya bisa pesen grab atau gocar, cuma ilegal. Kalau mau ya kucing-kucingan. Namun, kita memutuskan naik taksi bandara saja. Dan ini tuh rada lucu.

Nunggu di Parama Tour, tempatnya lumayan enak, lantai 2 restoran, ada kopi ama teh gratis~

Jadi, di list harga disebutin kalau ke Kuta tarifnya Rp 90.000, cuma di counter bilangnya itu minimal. Terus minta harga jadi Rp 120.000 sekian. Ibu ini komplain dong, perasaaan doi tempo hari cuma bayar Rp 90.000 waktu ke Bali. Gue orang lokal gatau apa-apa jadi kambing conge :( gatau harga, gatau apa-apa, berasa bego, asli.

Setelah dapat taksi, kita otw menuju Kuta. Jadi di Kuta kita bakal naik semacam bus travel namanya Parama Tour. Nah, ibu ini udah booking duluan. Untuk tiket sebenernya saya harus bayar Rp 60.000, cuma karena dianya ada member, jadi ada diskon, dan saya hanya perlu bayar Rp 45.000. Rejeki emang gak kemana! Saya nunggu di Parama sambil makan, sementara ibu ini jalan-jalan bentar.

Jam 4.30 sore busnya nyampe. Nah, kita naik bersama 4 penumpang lain menuju Ubud. Dari Denpasar ke Ubud sekitar 1 jam. Begitu sampai di Ubud, ibu ini dijemput sama temennya, orang Perancis juga. Nah, terus kita jalan deh ke penginapan. Kebetulan beda gang doang. Kebetulan dia juga spare 2 hari setelah kegiatan UWRF di Ubud, jadi kalau ada waktu nawarin buat bikin agenda bareng dan ke bandara bareng juga berhubung flight balik kita beda sejam doang. Endingnya saya iyain, soalnya bener-bener gak ada rencana 2 hari setelah event.

ORIENTASI

Keesokan paginya saya jalan dari penginapan ke Taman Baca. Di Taman Baca ini akan diadakan orientasi untuk relawan Ubud Writer & Reader Festival 2019 (UWRF). Orientasi ini ada dua sesi, saya dapat yang sesi pagi. Sampai sini juga belom dapet temen hahahaha sumpah, awalnya saya merasa kalau ini kegiatan ter-awkward yang pernah saya ikutin.

Biasanya, sebelom kegiatan udah pada kenalan dulu di sosmed atau mana. Cuma ini gak ada! Ternyata emang saya lupa diundang ke grup, gapapa. Nah pas ngantri, ketemulah saya sama beberapa volunteer lain daaaaan ada satu orang yang floater juga hahahahahahaha akhirnyaaaaaa!!! *sujud syukur*

Namanya Vera dari Jawa Timur, kita satu divisi di floater. Floater ini kerjaannya random sih, tugasnya ngisi divisi yang kekurangan orang. Kelar orientasi, kita kumpul lagi sama divisi masing-masing. Waktu anak-anak floaters ngumpul, kita dikabairn divisi mana yang butuh orang, akhirnya saya mengajukan diri buat di transport, karena katanya kurang. Yaudah deh jabanin aja. Kebetulan divisi transport ini orientasinya siang, dan saya enggak ada agenda kalau siang, jadi saya muter doang di sekitaran Taman Baca. Beli mie ayam sama si Vera terus nongkrong depan minimarket.

pengalaman-volunteer-uwrf-2019
Ini di depan Taman Baca~

Pas orientasi sesi 2, saya ketemu sama temen-temennya Vera. Ternyata mereka udah pernah ikutan event Ubud Food Festival LOL I felt like a stranger. Hello?! Gue kemana ajaaa hahahaha. Di sini kenalan lagi sama temennya Vera, ada Ima sama Vera juga. Akhirnya saya ikutan orientasi lagi karena gak ada kerjaan, sambil mantau kalau misalnya ada anak transport. Dan setelah dipantau ada satu doang wkwkwk. Kelar orientasi, saya ke basecamp volunteer bareng anak-anak yang baru ditemui buat nyari kopi gratis. Di sini ketemu lagi sama anak volunteer transport yang tadi, namanya Yasir.

Setelah ngobrol-ngobrol di basecamp, kita jalan-jalan ke Kintamani yang kurang lebih jaraknya sejam dari Ubud! Saya enggak punya ide itu dimana, berapa jauh, yang penting jalan ajalah. Soalnya kalau di Natgeo suka bilang 'Let's Get Lost', jadi yaudah ayo aja. Kan di Bali emang mau volunteer sama jalan-jalan muehehehe

Di sepanjang jalan, suasana Bali kental sekali terasa. Sawah-sawahnya di sisi kiri kanan jalan, bangunan-bangunan bergaya klasik khas Bali, lengkap dengan pura di halaman rumah dan kain-kain khas bali dan juga bau dupanya. Belum lagi orang jalan dengan baju adat Bali. Makin-makin suka deh sama tempat benama Bali ini. Menurut saya, ini Bali banget!

Beauty of Bali =)

Sesampainya kita di Kintamani, kita duduk-duduk bentar. Nikmatin pemandangan Danau Batur sama gunung-gunung yang berjejer. Enggak jarang kita ditawarin souvenir sama pedagang. Sisanya ya ngobrol-ngobrol doang di sini sampe magrib. Ngetem di masjid dulu, terus makan bentar, terus balik. Satu hal yang saya tahu, ternyata kalau malam di Batur ini dingin!

Kebegoan saya adalah engga bawa jaket. Alhasil balik dari Batur abis maghrib dengan sok-sok tegar, sok-sok engga dingin, padahal udah gemetar karena kedinginan. Untung dapet temen baek-baek, si Ima Minjemin jaket, si Yasir minjemin kupluk.

Untung paginya sehat wal afiat.

***

PENGALAMAN JADI VOLUNTEER DI UWRF!!!

Di UWRF ini ada macam-macam divisi volunteer. Tugasnya juga beragam. Tempat kegiatannya juga beragam. Dan di satu waktu di tempat yang berbeda, kegiatan berjalan bersamaan. Kalau lagi enggak ada shift, kita bisa nonton main program secara gratis. Ini salah satu keuntungan jadi volunteer muehehehe

Berhubung floater ini kerjaannya random, saya juga fleksibel abis sama jadwal. Hari pertama kegiatan, saya masih belum dapet jadwal, katanya sih nanti dikabarin. Terus di grup floater ada info kalau di Green Room butuh volunteer untuk siang.

Main Program, yang temanya The Price of Democracy yang mostly bahas tentang pasca pemilu 2019 di Indonesia

Green room ini semacam ruang tunggu untuk para penulis yang akan jadi pembicara. Berhubung saya enggak ada kerjaan, saya mengajukan diri. Yaudah jadi paginya saya ikutan nonton main event, terus siangnya volunteering. Di Green Room saya bareng sama dua orang bule yang udah ibu-ibu juga, dan udah beberapa kali juga jadi volunteer di sini.

Tugas di green room ini adalah memastikan kalau tempat ini steril, dan yang masuk cuma pembicara. Terus pastiin deh minum atau cemilannya ada. Pastiin semua bersih dan rapi. Biasanya kalau pembicaranya dateng ke Green Room kita scan dulu atas bawah, ini siapa, beneran pembicara apa bukan. Kalau bukan, dipindahin dengan cara baik-baik~

Sorenya, saya dapat kabar kalau di transport saya bisa volunteer di sore - malem. Kelar dari Green Room saya ke transport. Shiftnya dari jam 4 sore sampai malam, sekitar jam 8. Di transport ada tiga shift. Shift pagi, siang, sama sore. Tiap shift dua orang. Saya dapet shift malem bareng sama si Yasir. Selain itu ada Harun juga, anak intern yang bantu-bantu di UWRF. Koordinator buat di Transport ini Bang Reindy.

Kerjaannya di transport, ya ngurusin transport wkwkwk misalnya penulis minta dianter kemana, terus dicariin driver atau ojek, atau ada yang nanya. Jadi kadang kita ngerangkap jadi information centre kalau malam, soalnya information centre udah tutup.

Museum Puri Lukisan
Penginapannya lumayan jauh ternyata dari lokasi acara, ke museum ini udah keringatan duluan :')

Besoknya, saya jalan ke Museum Puri Lukisan karena katanya ada shuttle gratis untuk volunteer dan peserta UWRF. Waktu sampai di sini, pas banget ada shuttle yang mau berangkat ke Taman Baca. Waktu di shuttle, saya duduk di sebelah orang, yang kayaknya orang Indonesia juga! Mbak ini ternyata dari NTT, namanya Nona, volunteer juga. Nambah lagi satu temen.

Sesampainya di Taman Baca, saya muter-muter doang. Nonton main program, habis itu ketemu sama Vera soalnya kita mahluk gabut. Pas jam makan siang kita ambil makan gratisan di basecamp. Nahhh, waktu makan, ketemu lagi sama mbak Nona yang saya jumpai di shuttle pas pagi tadi, kita ajakin gabung dan ngobrol bareng bertiga. Kelar makan kita memutuskan untuk ngopi dengan free voucher yang kita dapatkan waktu orientasi. Di sini baru ketahuan ternyata pada suka traveling muahahahaha jadi kita janjian suatu hari bakal traveling bareng entah kemana.

Ubud Writers and Readers Festival main event
Sesi main program, rame! Ini waktu live bareng Behrouz Boochani yang jadi tahanan politik. Asli pecahh sesinya!!!

Terus di hari ke-3 kalau ngga salah, si Ima balik karena harus menghadiri wisuda. Jadi kita anterin dong, sedih-sedihan dulu, foto-foto dulu. Meskipun singkat, cuma seruuuu. Meskipun di setiap pertemuan pasti ada perpisahan. But still, ketemu orang baru itu sesuatu banget bagi saya.

Satu hal yang saya suka ikut acara begini ya itu, kita bisa ketemu sama orang yang pemikirannya kurang lebih kayak kita. Bisa ketemu temen yang ternyata se-ide. Belum lagi tiap orang pengalamannya beda-beda, jadi bisa sharing juga. How I wish I can join more programs like this, and meet more people like them :')

Ngomong-ngomong, divisi floater ini random. Di lain kesempatan, saya juga bantuin di main program. Tugasnya sebagai time keeper. Enaknya sih jadi bisa nyobain dan kenalan lebih banyak orang karena kita tugas di banyak tempat, terus pengalamannya juga lebih beragam. Enggak enaknya, jadwalnya random, jadi sempet beberapa kali gak jadi nonton main program LOL

Satu hal yang bikin betah terlibat di UWRF ini adalah suasana yang internasional banget, meskipun diadakan di Indonesia. Terus bisa liat penulis lalu lalang dari dekat. Sayang saya bukan pecinta buku, kalau enggak pasti udah ke sana ke mari ngejar penulis buat foto.

UWRF Closing party
Sesi closing bareng The Hydrant, suasananya seru parahhh!!!

Hari terakhir di sini, ada closing party di Museum Blanco. Yaudah, kelar shift kita cabut ke sana. Seru banget sih acaranya. Ada musik, tari, makanan juga ada. Seru deh pokoknya!

Di waktu-waktu akhir juga pada saling bertanya, "tahun depan ke sini enggak?". Atau ada yang bilang "Yok, tahun depan ketemu lagi di sini". How I wish I could, it's something that I will miss =)

Senang sekali bisa terlibat di acara ini, ketemu orang-orang baru, dan pengalaman baru.

EPILOG

Setelah liburan di Bali, si Yasir dengan baik hati nganterin saya ke bandara. Rencananya kita mau ngopi dulu sama beli oleh-oleh. Cuma sayangnya waktu di jalan, motor yang kita tumpangi disenggol sama ibu-ibu. Bukan cuma motor kita, ada 2 motor lain yang kena senggol juga. Alhasil kita jatuh.

"Dek, gak apa-apa? Parah kayaknya," kata bapak-bapak yang kena senggol juga.
"Enggak apa-apa pak," ujar saya.

Waktu itu emang engga begitu terasa perihnya. I thought that I still can handle it

Dan ibu-ibu yang nabrak pingsan -_- terus ditolongin sama orang-orang sekitar. Kita nungguin ibunya sampe siuman, terus ibunya trauma, ga bisa ngomong, tetep kita tungguin sampai suaminya dateng.

Dengan waktu yang agak mepet, kita sampai di bandara. Sempat menertawakan apa yang telah terjadi sama kita, dalam keadaan yang kayak gini. Saya kena di bagian kaki kanan, si Yasir kena di bagian tangan. Bekas luka ini bakal ngingatin cerita tentang Bali. Sure, I won't forget!

Sampai di bandara rencananya mau nyari klinik, saya check in duluan, rencananya setelah check in, keluar lagi buat nyari klinik. Dan ternyata kita dirujuk ke karantina untuk pengobatan.

Yaudah saya dianterin si Yasir ke dalem, terus nanya sama bapak petugas check in-nya. Si bapak nawarin diri untuk ngobatin seadanya, karena katanya, kalau ke karantina bakal bayar mahal soalnya ini tempat penerbangan internesyenel :( untung bapaknya baik mau bantuin.

Oleh-oleh dari Bali~

Kita disuruh duduk di lounge, terus bapaknya bawain kain kasa, betadine, cuma enggak ada plester. Si Yasir dong bantuin ngobatin luka saya wkwkwk baek banget nih orang. Terus bapaknya enggak kalah baik, meskipun enggak ada plester, bapaknya ngasih ide buat ngasih selotip bening biar kasanya bisa tertempel. Inovatif sekali. Setelah mengucapkan terima kasih dan sampai jumpa lagi (I don't wanna say goodbye! LOL), saya pun boarding.

Bawa temen dari Bali hahahaha

Sampai di Changi, saya sempet-sempetnya jalan-jalan ke Jewel Changi, berhubung belum pernah liat. Sakitnya masih belum berasa. Balik ke Batam sore, orang rumah agak kaget waktu saya bilang saya jatuh waktu mau balik ke Batam. Terus pura-pura gapapa, pura-pura lukanya kecil doang.

Waktu diobatin, perih tapi saking sakitnya gak bisa nangis, malah ngakak sambil keluarin air mata. Yang ngobatin ikutan ngakak juga wkwkwk

Besoknya langsung susah bangkit. Badan nyeri, kaki apalagi. Mau bangkit aja meringis, kalau berdiri gak sanggup, pas jalan nyerinya minta ampun. Sorenya langsung ke klinik buat pengobatan. Di kliniknya meringis pas dokter ngobatin. Perih banget gaes :') Dua minggu pertama susah buat berdiri dan jalan.

Yang lebih sedihnya, setelah kejadian ini saya kena travel warning. Kegiatan volunteering enggak dibolehin juga. Sekarang juga masih agak stres masalah ini. Soalnya jiwa jalan-jalan saya memberontak, enggak bisa dibendung :')

***

Ada satu hal yang penting yang saya dapetin dari Bali. Bagaimana memelihara komunikasi. Selama ini saya suka cuek, terlalu larut sama dunia sendiri. I know, I am too selfish. Mungkin udah saatnya buat sedikit terbuka, dan enggak ada salahnya buat peduli sama orang.

Kalau bisa jadi volunteer UWRF lagi, yang pasti saya mau banget. Cuma gak tau kapan :)