Kartu ATM BNI Hilang?!

Cara mengurus Kartu ATM BNI hilang:
1. Siapkan KTP, buku tabungan dan surat kehilangan dari Kepolisian
2. Datang ke bank, bilang ke Pak Satpam, mau urus kartu ATM hilang
3. Diarahkan ke CS
4. CS minta tunjukkan KTP, buku tabungan, surat kehilangan, terus kita disuruh isi form
5. Setelah kartu ATM jadi, bayar biaya administrasi di loket

Ceritanya begini ....

Senin lalu, waktu ke ATM, saya baru sadar kalau kartu ATM saya enggak ada di dompet. Terus saya memutuskan untuk balik ke kantor, cek di dalam tas juga enggak ada. Saya balik ke rumah, cek dalam tas lain juga enggak ada. Duh, fix ATMI BNI saya hilang! Mungkin jatuh waktu lagi jalan-jalan di Kepri Mall atau Angkringan Sabtu lalu.

Saya memutuskan untuk ambil buku tabungan untuk tarik duit di BNI Sukajadi Batam Center. Setelah sampai teller, mbaknya nanya KTP sama ATM, karena sistemnya udah beda. Saya bilang "Wah, ATMnya hilang mbak, makanya mau tarik di sini." Mbak tellernya suruh saya untuk urus surat kehilangan buat bikin ATM Baru.

Untung aja di dekat sini ada Polresta Barelang. Kali pertama ngurus surat kehilangan di sini.  Waktu datang, saya nanya di pos penjagaan untuk ngurus surat kehilangan dimana? Kemudian kita diarahkan ke unit SPKT yang letaknya paling pojok.

Sampai di sini, untung sepi. Kirain bakal ngambil antrian atau apa, eh ternyata bisa langsung ngadep Pak Polisi buat ngurus suratnya. Untuk mengurus surat kehilangan ini ditanyai data diri, terus yang hilang apa aja, dan hilangnya kapan, dan yang pasti gak bakal ditanyain kapan nikah.

Nah di sini ada banner wilayah bebas korupsi. Berhubung di kantor saya juga ada, saya pun senang. Yeee gratis, hemat duit gak perlu bayar. Enggak perlu ngasih uang terima kasih juga. Soalnya kalau ngasih, itu namanya gratifikasi. Cukup bilang terima kasih sama bapaknya dengan tulus dan ikhlas. Ngurus surat kehilangan ini sekitar 10-15 menit.

Setelah suratnya jadi, kita balik lagi ke BNI Sukajadi untuk ngurusin ATM yang hilang. Untungggg sepiii, jadi bisa langsung ke CS. CSnya minta KTP, buku tabungan asli, sama surat kehilangan. Terus saya dikasih form buat di isi.

Kebetulan yang hilang adalah ATM yang juga KTM, masih pakai Taplus Muda. Berhubung saya udah bukan mahasiswa lagi, CS nawarin untuk upgrade sekalian. Nah, ditawarin ATM yang pakai buku tabungan, atau ATM doang. Saya tetap pilih yang pakai buku~ soalnya siapa tau ntar butuh.

Ngurus kartu ATM sekitar 15-20 menitan. Setelah jadi, saya diminta untuk membayar biaya administrasi sebesar Rp 16.000 untuk materai dan biaya kartu baru. Berhubung uang cash saya cuma Rp 7.000 saya langsung izin make ATM baru buat narik, syukurnya langsung bisaaa! Untuk biaya administrasi langsung dibayar di teller.

Kartu ATM yang baru ini kata CSnya udah GPN. Abis balik beneran saya browsing apa itu GPN. GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional itu ternyata sistem terintegrasi untuk pembayaran non tunai. Ga terlalu paham, perlu baca lagi wkwkwk

Hikmahnya, saya jadi ngerti bagaimana cara mengurus kartu BNI yang hilang. Syaratnya ada KTP, buku tabungan dan surat kehilangan dari kepolisian.

Udah deh, gitu aja postingan ini.

***

UPDATE

Saya kehilangan kartu ATM kembali Desember 2021 lalu.

Untuk pengurusan ATM saya lakukan di BNI Bandara Hang Nadim berhubung waktu itu ATM ilang pas mau berangkat liburan. Kebetulan lagi sepi, jadi saya bisa langsung urus dengan membawa buku bank dan KTP. 

Waktu itu di CS sidik jari saya diambil untuk narik data di KTP. Katanya kalau misalnya datanya engga ketarik, saya harus urus surat kehilangan dari kepolisian. Nah, untungnya pas dicek sidik jari setelah beberapa kali nyoba, data saya muncul. Jadi tidak perlu lagi mengurus surat kehilangan.

Pas ngurus juga disuruh isi form. Ga susah sih. Kurang lebih 10 menitan jadi ATM barunya.

Komentar

  1. Saya baca tulisan bulan juni 2020 klo penggantian kartu yang hilang engga perlu surat kehilangan dri polisi, itu gmna ya? Mna yg benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa langsung ditanya ke CSnya dulu aja mba. Pengalaman saya pas mau bikin kartu ATM yang hilang, saya disuruh bikin surat keterangan kepolisian dulu

      Hapus
  2. izin bertanya, kalau masih mahasiswa apa bisa langsung ke kantor polisi untuk surat kehilangan atau harus ke kampus lebih dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku bisa langsung ke kantor polisi buat urus surat kehilangan. Cuma lebih baik tanya ke CS dulu soalnya di beberapa kasus malah ga butuh surat kehilangan

      Hapus

Posting Komentar

Ada pertanyaan, kripik dan saran?

Postingan Populer