Refleksi 2019 dan Harapan 2020

Tahun baru sudah di depan mata. Jadi di postingan kali ini saya bakal nge-review tentang apa yang sudah dilalui tahun ini, dan harapan di tahun depan. Meskipun postingan liburan belom satu pun yang dinaikin ke blog hahahaha maafin inyong.

Di 2019 ini, secara garis besar engga se-hectic 2018, tahun ini cenderung kalem-kalem aja meskipun ada beberapa masalah juga. Intinya sih tahun ini tahun yang santuy. Namanya juga hidup, pasti ada enak engga enaknya. Yang baik-baik disyukuri, yang kurang baik cukup diambil hikmahnya, dijadiin pelajaran ke depan. 

Sebelumnya saya nulis beberapa harapan di 2019, ada beberapa yang kesampaian, ada juga yang enggak. Jadi sekalian mau rekap juga hahaha

Harapan 2019
1. Lebih produktif (bikin vector, foto-foto) -> Gagal! hahaha
2. Belajar hal baru kayak nyetir -> still on progress
3. Jalan-jalan -> Kesampaian
4. Persiapan nyari beasiswa  -> No progress LOL

REFLEKSI 2019

1. Pelantikan
Setelah setahun jadi CPNS dan galau menerka-nerka kapan dilantik, akhirnya Cnya ilang. Sempat bingung juga soalnya anak CPNS baru masuk, sementara kita belom juga dilantik. Bahkan kita sampai nambahin titel sendiri dari CPNS jadi CPNSS (Calon Pegawai Negeri Sipil Senior). Dan alhamdulillah penantian kita datang. Resmi dilantik Mei 2019 di Jakarta gaes. Semoga dengan titel baru bisa ngasih kontribusi lebih buat masyarakat, bangsa dan negara.

2. Pertama kali nyetir di jalan
Kerjaan yang sekarang sebenernya nuntut mobilitas juga. Apalagi tahun depan bakalan ada rotasi dan pengurangan. Akhirnya bokap nyokap ngebet biar anaknya belajar nyetir. Mulai bulan September kemarin. Terus November off karena habis kecelakaan. Desember lanjut latihan lagi. Udah sampai nyetir di jalan, cuma masih serem kalau ke jalan raya beneran. Berhubung mobilnya manual, jadi masih belum bisa bawa kalau posisinya mendaki.

3. JALAN-JALAN!!! =)
Hal yang paling saya sukai. Tahun ini meskipun engga jadi ke Filipina saya tetap jalan ke satu daerah yang belum saya kunjungi, yaitu Bali! Pernah deng, dulu pas SD, udah lama banget. Ke sini dalam rangka volunteer sekaligus jalan-jalan. Yay!

Selain ke Bali, tahun ini juga ke Malaysia sama Singapura. Ke Malaysia 2 kali. Pertama ke Malaka bareng Nurmei, kedua bareng anak-anak sengklek (Yuni, Rio, Faisal, Nurmei dan temennya Nisa, Rivan dan Dios). Kita ke KL dan Genting. Planningnya pas pulang dari Malaysia kemarin mau ke Thailand, akhir tahun berubah mau ke Yogyakarta hahaha asal jangan wacana doang gaes :)

Terus ke Singapura. Lupa deh berapa kali. Dua kali transit waktu ke Bali, pas pulang mampir dulu liat Jewel Changi. Sekali lagi nge-guide senior yang jalan-jalan ke Batam dan dia mau jalan-jalan ke Singapura cuma ga ada temen. Yaudah karena emang sayanya gabut di Batam melulu akhirnya saya ayoin.

6. Kecelakaan :')
Ini kembali lagi soal Bali. Termasuk kejadian epic karena semuanya baik-baik aja di Bali, kecuali pas waktu-waktu terakhir pas mau ke bandara pula. Motor yang saya tumpangi di-tackle... sama ibu-ibu ... sampai sekarang trauma kalau liat gambar kecelakaan atau ibu-ibu naik motor ...

Kalau dulu ngeliat video orang jatuh dari motor suka ketawa, sekalinya udah ngerasain ternyata sakit. Jadi kalau liat video orang jatuh ya ngakak juga, tapi sedih di waktu bersamaan. Semacam mixed feeling :') soalnya jatuh dari motor itu sakit.

Jadi kaki saya kena knalpot sama kegesek aspal. Recovery sebulan. Seminggu pertama nyeri, susah berdiri. Minggu kedua perihnya berkurang. Sebulan baru bisa jalan normal.

Musibah engga ada yang tau. Saya jadiin ini bagian dari pengalaman. Kapok enggak, agak trauma iyaaa hahaha

Lanjut lagi ke harapan saya di tahun 2020. Semoga tercapai!

HARAPAN 2020

1. Ambil TOEFL
Belum bisa nyoba beasiswa tahun depan, jadi mungkin bakal ambil TOEFL yang harganya lebih murah untuk dipakai nyari shortcourse sembari nunggu 2021 buat nyari beasiswa.

2. Jalan-jalan ke Jawa
Berhubung temen saya si Fathiah ternyata pindah ke Yogya buat lanjut studi S2, salah satu teman saya mewacanakan untuk liburan ke Yogyakarta. Sekaligus Jawa Timur, tepatnya Bromo. Semoga jalan-jalan ini beneran dan bukan cuma angan-angan semata~

Kalau pun engga jadi ya minimal ngunjungin satu tempat baru di tahun depan.

3. Beneran produktif
Mungkin harus ningkatin produktifitas sekaligus nyari income dari tempat lain. Bisa jadi vector, cuma ini skip dulu kayaknya berhubung kebijakan shutterstock ganti, jadi bakalan lebih rajin buat hunting foto. Dan yang pasti bakalan lebih rajin untuk menulis di blog ini. Semoga di 2020 bisa taubat dari golongan kaum rebahan.

Last but not least, is to be happy and be grateful.

Kesimpulannya, 2019 engga jelek-jelek amat meskipun ada beberapa konflik yang terjadi. Namun masih bisa dijalani dengan baik, meskipun juga engga terlalu banyak pencapaian di tahun ini. Intinya 2019 oke, not good but not bad either.

Semoga di 2020 bisa lebih baik lagi. Saya engga mau berekspektasi, semoga ada kejutan di 2020 =)

Selamat tahun baru untuk semua,
semoga segala harapan di tahun depan dapat tercapai!!! :)

Komentar

Postingan Populer