International Volunteer Day - Pengalaman Jadi Volunteer

Happy international volunteer day! 

Since I don't have someone to talk to, I think I'm gonna post more stories from now on in this blog like I used to! Kayaknya rajin banget nge-post di sini waktu SMA sampai awal-awal kuliah. Saya mikir, ngapain aja sih selama ini kok jarang banget nge-post? hahahaha

Berhubung hari ini hari sukarelawan internasional, saya mau berbagi pengalaman saya selama menjadi sukarelawan atau volunteer. Pertama kali menjadi volunteer waktu ikut program IYLP di Amrik. Ada beberapa tempat yang ditawarin untuk community service. Saya bantu-bantu di RAM House, serving makanan buat orang kurang mampu. Waktu itu kita bantu nyiapin makan siang. Masih inget banget ada sekeluarga yang makan di sana, bapak ibu sama anak-anaknya masih pada balita :') lah sediiih

Nah, saya yang lagi nyiapin air. Ga sadar kamera -.-

Balik dari USA, saya ama temen saya si Jeri bikin proyek sosial. Nah itu bikin biopori di sekolah. Proyek kelar, saya ama temen-temen saya si Sri, Dita, Surya, Via, Jeri dkk bikin proyek sosial lain. Kita ngasi bantuan ke panti-panti asuhan di sekitar Batam. Caranya adalah dengan fundraising!

Kalau lagi istirahat kita suka jualin cemilan gitu kayak Choki-Choki dan lain-lain. Paling laris ya Choki-Choki iniii hahaha. Sisanya ngumpulin baju bekas sama buku bacaan kalau ada yang mau nyumbang. Serulah pas SMA~

Ini pas kelas 3 SMA kalo ga salah

Zaman kuliah ini zaman paling galau, apalagi pas awal-awal masuk. Cita-cita kerja di bidang desain mendesain kan kandas gitu ceritanya. Jadi merasa kehilangan tujuan hidup. Sampe pas pertengahan kuliah ada lowongan buat jadi LO di Habitat For Humanity (HFH) Indonesia di Batam tahun 2015. Waktu itu bantuin nge-LO pas ada volunteer dari Temasek Holdings. Daaaan ikutan jadi volunteer HFH berhasil nge-brainwash saya untuk kerja di NGO abis lulus kuliah. Demn mungkinkah ini tujuan hidup baru saya? I just love the vibe kerja sosial gini. 

Namun hidup emang ga bisa ditebak. Saya ditawarin kerja kelar skripsi, terus ikutan interview dan keterima. Meskipun bukan NGO. Ya realistis, kita butuh duit :( dan sejak kerja, saya mulai jarang berkegiatan. Setelah Temasek, sempat bantuin nge-host buat event 28uild HFH di 2017. Sisanya nge-host kalo emang HFH lagi butuh sukarelawan. Yah, namanya juga volunteer panggilan hahaha

Volunteer Habitat for Humanity Indonesia Batam
Meet Pak Edy (bukan Rahmayadi) dan Bang Erik gaes~

Inget banget dulu kelar nge-host 28uild ini dicengin masuk jadi PNS gara-gara waktu itu saya ikutan tes CPNS. Mereka paham banget saya pengen kerja di NGO, tapi malah didoain masuk jadi PNS gara-gara ikutan tes CPNS, akhirnya malah kejadian bener hahahahasem. Sekarang dapat kerjaan baru yang settle meskipun bertolak belakang sama impian saya, NGO :') wkwkwk gapapaaa *ngelap ingus*

Keterima CPNS makin sibuk deh pindah-pindah ke sana sini sampe akhirnya saya dipindahin ke Batam lagi. Setelah (mungkin) settle di Batam, saya kembali lagi ikutan kegiatan HFH. Jadi ini kayak short escape setelah seminggu kerja. Buat ngilangin stress, ngilangin suntuk. Meskipun bukan kerja di NGO (padahal masih pengen banget), jadi relawan udah cukup membuat saya senang :') Status tak mengapa, yang penting masih bersama #eaaa

Rasanya seru aja ketemu orang-orang baru. Kenalan sama pemilik rumah yang rumahnya dibangun. Ketemu volunteer yang kadang suka nanya hal yang simpel tapi membingungkan. Waktu itu pernah nih kita lagi ada build di daerah Kabil. Terus volunteernya nanya, tanah yang di-build itu punya siapa? Kerjaan orang di daerah sana apa? Penduduk Batam berapa? Rumah yang udah dibangun HFH berapa? Pokoknya yang umum cuma kita ngga pernah mikirin, berasa auto-bego udah kalau ditanya begini hahahaha

Ngomong-ngomong di sini saya jadi local volunteer, tugas saya bantuin terjemahan karena rata-rata volunteernya datang dari Singapura. Cuma kalau lagi ngga dibutuhin translate-translate, saya bantuin build juga daripada bengong doang. Kerjaannya seputar ngiket besi, transfer bata, ngecor. Kalo ngecor saya paling bantu translate doang, kalo ngaduk semen saya ga kuat paaaakkkk ngahaha

Selain kenalan sama volunteer, kita juga kenalan sama pak tukang. Makan bareng juga sambil ngobrol-ngobrol. Kadang sering juga gibahin volunteer ngahahaha. Volunteer itu kelakuannya macam-macam. Ada yang rajin banget, ada yang males, ada yang main-main juga -.- tapi Seneng aja rasanya bisa ketemu orang-orang baru.

Pemilik rumahnya juga pada baik-baik sih. Soalnya hampir tiap build kalau ada volunteer, pemilik rumahnya masak-masak. Duh, jadi enak :9 hahaha cuma tetep aja kadang bikin terharu. Pernah waktu itu saya ikutan liat rumah yang kelar dibangun, terus ngebantu nge-translate testimoni kesan-kesan pemilik rumah yang rumahnya udah kelar dibangun. Ada yang nulis anaknya bisa belajar karena atap rumah udah gak bocor lagi, yang ga khawatir lagi atap bocor kalau lagi hujan, yang anaknya bisa tidur nyenyak dan lain-lain. Dan pas dibaca itu kok mendadak melow :') jadi nge-translate sambil terharu. Duh, tisu mana tisu? wkwkwk intinya sih seneng aja bisa bantuin orang, seneng liat orang punya kehidupan yang lebih baik setela ditolong.

Selain HFH, belakangan saya ikutan jadi volunteer di Sahabat Hinterland. Ini kayak ngunjungin pulau-pulau sekitaran Batam, terus interaksi sama anak-anak yang ada di sana. Salah satu short escape juga setelah semingguan kerja di kantor mulu.

Ayo gue dimanaaa? x)

Kegiatannya SH ini ngenalin profesi, ada DIY juga terus outbond, pemeriksaan kesehatan juga ada. Cuma saya ikut sekitar 3 kali kayaknya. So far ok. Hepi aja bawaannya berinteraksi sama anak-anak. Energi mereka ngga habis-habis. Di sana seketika kamu inget umur hahahaha 

Terakhir, kegiatan yang saya ikuti adalah outbond di Pulau Selat Nenek. Disediain makanan (lagi) sama gurunya pas kelar acara. Baik banget duh :') 

Berhubung udah malem nih, ikutan kegiatan volunteering gini menurut saya amat berfaedah. Pertama bisa nambah pengalaman. Contohnya di HFH saya jadi paham takaran ngecor hahaha atau di SH saya belajar buat nge-handle anak-anak. Kedua, bisa nambah koneksi. Tambah temen baru dari macam-macam latar belakang. Ketiga, bisa bantuin orang. Kalo bantuin orang itu rasanya bahagia itu bisa berkali-kali lipat ngeliat orang yang dibantu bahagia. Terakhir, lumayan nambah pahala hahaha

Where to start? Simple aja. Kesukarelawanan bisa dimulai dari lingkungan sendiri. Misalnya bantu orang terdekat kita yang butuh bantuan. Baik itu nyumbang tenaga, gagasan, materi, atau bahkan doa! Bantu aja sebisanya yang pasti.

Percayalah, membahagiakan orang bisa bikin lebih bahagia. 

Jadi, selamat hari relawan untuk teman-teman yang udah melakukan sesuatu di lingkungannya =)

Komentar

Postingan Populer