OFFICIALLY DITERIMA JADI CPNS!

Oktober tes CAT
November awal tes SKB
November akhir pengumuman
Desember awal pemberkasan 


 
That was real fast! Sekarang Mei, dan saya sedang mengikuti latsar (latihan dasar) CPNS di Wisma Karya Jasa Kemnaker di Bogor. Segitu sibuknya sampai blog ngga pernah di-update, draft tulisan buat blog juga cuma jadi file pajangan doang di laptop. Tapi tetep, ceritanya bakal saya bagiin di sini.

Sesuatu yang ngga pernah dipikirin malah kejadian. Kayak diterima jadi CPNS misalnya. Sesuatu yang ngga pernah diharapkan. Karena dulu mandangnya PNS money oriented, terus ngurus apa-apa lambat. Sekarang kena 'karma' deh saya, jadi CPNS. Masih belum percaya sampai sekarang. Mamam deh karma~

Pengumuman kelulusan CPNS saya ketahui dari grup temen-temen Kalibata. Jadi ada 4 orang di grup, temen tes bareng. Tapi yang keterima cuma saya diantara kita berempat. Sedih tapi gimana kan ya :(

Setelah berita sukacita tersebut saya terima, orang rumah saya kabarin dong. Hepilah mereka, telpon ke kampung. Anaknya jadi CPNS oiii. Nah, yang ribetnya itu pas ngurus berkas untuk diantar langsung ke Jakarta.

Jeda pengumuman kelengkapan administrasi dan nganterin berkas itu cuma seminggu, dan itu dipotong tanggal merah pula sehari. Padahal harus ngurus SKCK, Surat keterangan sehat, bebas narkoba, sehat rohani juga (padahal jiwa gue rapuh dan rada sengklek, tapi tetep dong lulus), terus fotokopi legalisir ijazah dari SD sampai kuliah dll. Bapak saya sampai pulang ke Padang buat minta legalisiran ijazah SD.

Untungnya saya dikasih cuti dari kantor buat ngurus keperluan CPNS. Kantor juga paham sama karyawannya yang bakal resign, dan bakal jadi abdi dalem negara :') Syukurlah semuanya lancar dan ngga ada yang aneh-aneh. Semua berkas bisa dikumpulin tepat waktu.

Pengumpulan berkas dijadwalin tanggal 6-7 Desember, boleh pilih 1 hari. Saya milih tanggal 6, jadi kalau ada apa-apa bisa ngurus. Nah, berhubung izin cuti cuma sehari, saya berangkat tanggal 5 Desember, pulang kerja ke Jakarta.

Tanggal 6 saya mengantarkan berkas ke kantor pusat BNP2TKI. Paginya masih sibuk ngerapiin berkas. Ujung-ujungnya siang baru sampai dan ternyata nyerahin berkas itu sebentar sekali! Tau gitu sekalian deh beli tiket PP :')

Ngomongin soal tiket pulang, saya cuma beli one way. Kelar antar berkas saya terus panik karena belom ada tiket pulang. Mana udah hampir sore pula. Waktu itu untung ditemenin sama Putri dari Semarang buat ngebolang.

Waktu itu, tiket langsung ada, tapi mahal. Nah kepikiran buat ngambil pesawat pagi. Cuma ngga boleh sama orang rumah -_- ya udah tiket langsung ludes. Endingnya tetep dapet pesawat pagi cuma ngga ada yang direct, adanya yang transit. Ya udah diambil aja jadinya.

Malemnya saya nginep di Soetta, literally nginep di bandara, ngga book hotel atas nama penghematan. Gaji juga udah ludes beli tiket pesawat. Sedih. Paginya saya naik pesawat Jakarta - Palembang - Batam. Sampai jam 8 di Batam, langsung kerja. Tsadeeessst :')

Januari akhir NIP keluar. Chapter baru dalam hidup dimulai~

Komentar

  1. halo kak salam kenal, boleh bagi tips skb wawancara dan toefl ga kak? terimakasih sebeleumnya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Bela! Salam kenal juga yaa. Di tahunku 2017 belum pakai wawancara, jadi kurang tau gimana untuk teknisnya. Kalau TOEFL standar juga, bisa belajar dari materi-materi di aplikasi play store atau buku TOEFL preparation. Ga jauh2 dari itu model soalnya. Mungkin untuk wawancara pahami jabatan yang kamu lamar, motivasi kamu apa buat gabung di BP2MI, jangan grogi, doa, minta restu orangtua :) good luck!

      Hapus
  2. kalo skor toeflnya kemaren juga ada nilai minimalnya jua ngga kak? terus skornya bentuknya sama kayak toefl pada umumnya kah? terus pengumuman skornya langsung keluarkaha atau nanti jadi satu di pengumuman final??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas aku malah ga tau ada nilai minimal atau engga, yang penting usaha buat dapet nilai maksimal. Bentuk soal sih sama kayak soal TOEFL pada umumnya. Waktu itu sistemnya masih yang bulet-buletin di kertas gitu, hasilnya jadi ga langsung keluar

      Hapus
    2. iya kaaaak kemaren kurang lebih sama seperti itu tesnya, makasih banyak kak udah kasi gambaran hehehe. oh iya kak mau nanya lagi kan pas pengumuman itu kan pengumuman lolos jadi cpns gitu. nah untuk pengumuman penempatannya gimana kak? misal kan ada yang daftar posisi untuk di bp3tki/lp3tki pengumuman penempatannya apakah pas hari pengumuman itu juga kak?

      Hapus
    3. Sama-samaaa~ Untuk pengumuman penempatan engga langsung keluar. Nanti diumumin setelah pemberkasan. Angkatan bawahku malah ditarik ke pusat semua, jadi belom ada yang disebar ke daerah lol siap-siap aja ya, siap ditempatkan dimana saja :)

      Hapus
  3. maaf kalo bawel kak hehehehe, itu keterangannya skb 1 apa skb 2 apa ya kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. SKB 1 tes B. Inggris, SKB 2 TPA. Sekarang agak beda kan ya yang dites, tambah banyak~

      Hapus

Posting Komentar

Ada pertanyaan, kripik dan saran?

Postingan Populer