Pengalaman Mengikuti Tes CPNS BNP2TKI #Bagian3

Pengumuman SKD Tanggal 3 November 2017.
Dan SKB akan dilaksanakan pada tanggal 6 s.d. 7 November 2017


Cuma jeda sekitar seminggu setelah selesai pengumuman SKD coy! 

Jumat izin cuti, Minggu pagi berangkat ke Jakarta buat ikutan tes di hari Senin dan Selasa. Nginep lagi di Kalibata dengan beberapa temen baru yang didapet di grup Telegram. Ada 2 orang lagi yang barengan nginep di sana. Mereka adalah mbak Anin dari Semarang dan Mbak Angkik dari Bandung. Ketemunya baru Minggu sore soalnya mbak-mbaknya pada dateng sore.

Sembari nunggu kedatangan mbak-mbak ini, saya meet up sama temen lama, lamanya lama banget. Temen SMP saya, sebut saja Yuyud (24 th) yang udah lama jadi perantau di Jakarta. Terakhir ketemu pas SMP. Kalo diitung itung sekitar 10 taun lalu ketemu. Lama banget jiiir D:

Senin pagi kami nge-gojek menuju Graha Bima Sakti untuk ikutan tes SKB. Untuk SKB, bahan yang akan ujikan adalah TPA Bappenas untuk hari senin dan Bahasa Inggris yang soalnya merupakan TOEFL dari UI pada hari Selasa.

Kita datang jam 7 pagi, sementara tes akan dilaksanakan pukul 8. Peserta mulai berdatangan dari berbagai penjuru nusantara, dari Sabang sampai Marauke. Kita kenalan dengan beberapa peserta tes juga. Salah satunya adalah Mbak Icha dari Jatim. Salah duanya Merina dari Lampung, yang milih penempatan di Tj. Pinang juga. Urutan SKD kita 14 dan 15. Misi kami adalah: MASUK DI TOP 8!!!

Sebelum tes dimulai, peserta registrasi dulu di meja panitia dengan mengisi absen. Kemudian menuju ke ruangan yang telah disediakan. Untuk peserta penempatan Tj. Pinang, kita dapet di lantai dua. Peserta diurutkan berdasarkan rank SKD. Nah saya duduk di row paling belakang nomer 2 dari kiri.

Yang kasian itu pas ada yang dateng, tapi ternyata namanya ngga masuk SKB. Usut punya usut, doi-doi namanya ngga masuk 3x formasi dan ngga baca pengumuman sampai akhir. Kasian banget sumpeh, padahal udah jauh-jauh.

Setelah 3 jam nonstop mengerjakan tes TPA Bappenas, kita pun tepar. Next level banget soalnya, syushaaah. TPA ini terbagi 3 bidang. Verbal, numerik dan penalaran. Verbal itu yang padanan, lawan kata dan sebangsanya. Kalo numerik, itung-itungan cuma susah bangetlah. Mending nyiapin strategi gimana jawaban numerik ini keisi semua, bukan ngajarin hopeless, namun memang begini faktanya wkwkwk. Kalo penalaran, gambar-gambar dibolak balik.

Kalau dipikir lagi, banyak peserta yang ngga mantap strateginya. Terlalu fokus di satu soal, sementara waktu terbatas meskipun bisa ngerjain. Alhasil banyak yang ngga dijawab. Manajemen waktunya harus diperbaiki. Meskipun pinter, cuma kalau ngga ada strategi ya siap-siap aja tersingkir :')

Sebenernya selesai tes TPA, soal TPA ngga terlalu kepikiran karena yang jadi pikiran pada waktu itu adalah, jadwal tes berbarengan dengan jadwal kedatangan big boss ke Batam, dan saya lagi cuti. Gue dicariin coyyy!!! Harus gimana aing?! Ya udah deh, saya bilang aja yang sebenarnya ke menejer, bahwa saya sedang mengikuti tes CPNS di Jakarta. Dududu~ Abis deh disikat pas balik ntar wkwkwk

Kelar SKB di hari pertama kita langsung pulang ke Kalibata. Beruntung ada mall di sana yang bisa menyelamatkan kita dari kelaparan yang melanda. Kelar makan kita berencana balik ke apartemen. Rencana tinggal rencana saat kita melewati sebuah karaoke.

Dan aha!!! Ide cemerlang pun muncul. Kita melipir ke karokean. Entah ini rejeki atau ujian buat kita, karokenya lagi diskon. Puas karoke, kita balik ke apartemen. Semoga karokenya berfaedah buat tes B. Inggris yaaah sodara-sodara.

Besoknya tes dilaksanakan pukul 8, sama seperti hari sebelumnya. Tesnya susah-susah gampang, soalnya TOEFL prediction UI. The 2nd day was better, lah. Kelar tes saya cabut ke Bandara. As suggested sama si Yudha, Saya ke Gambir dulu, terus naik Damri dari sana ke Soetta.Siap-siap deh dipanggil big boss pas nyampe Batam bhahahaha x)

Komentar

  1. Klo melihat cerita mba ini saya amazing banget dengan perjuangannya. Yang tadinya diposisi 14 loncat jauh ke posisi 3. Klo berdasarkan pengalaman mba, apa nih kiat suksesnya. Dan untuk B.Inggris apa sebelum SKB mba sudah menguasai TOEFL.? berapa nilai TOEFL di SKB.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilainya udah dipersenin mas di pengumuman, jadi ga tau nilai utuhnya ehe

      Hapus
  2. Saya juga dari Sumatra mba, Lampung. Rekan SKB saya nanti banyak dari pulau Jawa, semoga walaupun saya dari Sumatra dengan pengalaman apa adanya semoga bisa memberikan yang terbaik dan meraih nilai yang maksimal, aamiin. Mohon Doanya dan Mentoringnya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Ada pertanyaan, kripik dan saran?

Postingan Populer