Pengalaman Mengikuti Tes CPNS BNP2TKI #Bagian1

Tes CPNS gelombang 1 udah lewat. Datang lagi gelombang 2 dimana 60 Kementerian dan Lembaga (K/L) membuka penerimaan di saat bersamaan. Dimana ada segelintir mahluk-mahluk yang tetep nyinyirin pemerintah minta lapangan kerja, padahal PNS buka gede-gedean di depan mata.

Semua orang termasuk ortu saya juga menggebu-gebu nyuruh saya ikutan. Berkaca dari orang di kampung yang diceritain ke saya, "Anak si A di kementerian xxx, anak si B dokter, anak si C di dinas xxx, cubolah ikuik tes di kementerian keuangan. Biar kayak si A, B, C" etc etc. Cape ngga sih dibanding-bandingin sama anak orang? *otw pindah rumah*

Fix, saya ikutan lagi di gelombang ke-2 dengan syarat dan ketentuan berlaku. Pokoknya saya yang milih mau di K/L apa -_- soalnya kalo kerja ginian kayaknya sekali masuk, ngga bakal keluar. Kayaknya karir-karir model gini bakalan sepanjang hayat gitu. Tau-tau tua, pensiun. Kerjaan yang emang aman banget dan nyaman banget sampai bisa bikin terlena :(

Jadi saya mau sesuatu yang berbau sosial dan jalan jalan *ngarep*. Dari sekaian banyak kementerian dan lembaga yang buka di gelombang ke-2 saya ngga mau nyoba kementerian atau lembaga yang hits dan mentereng kayak Kemenkeu, Kemenlu atau BPK. Jadi yang ada dilist saya Kemenpora, Kemenpar, Kemensos sama BNP2TKI.

Kemenpora, Kemenpar dan Kemensos saya coret dari list karena kuota yang diterima sedikit. Berhubung cuma bisa daftar di satu K/L, pilihan jatuh ke BNP2TKI karena kuota buat jurusan manajemen banyak dan ada penempatan di Kepri. Kerjaannya ala-ala NGO sepertinya *ngarep lagi*.

Tahap pertama adalah administrasi seperti gelombang sebelumnya. Yang beda kali ini, kita harus mengirimkan berkas hard copy ke Jakarta via pos. Total yang daftar di BNP2TKI ini sekitar 6000an orang. Jauh lebih sedikit dibanding sama CPNS gelombang pertama. Beberapa minggu kemudian, akhir September, keluarlah nama-nama yang lolos administrasi, nama saya juga ada di list. Ada 3800an orang yang lolos.

Kemungkinan yang ngga lolos seleksi berkas CPNS karena ada berkas yang kurang, ngelamar di instansi yang harusnya ditujuin ke BNP2TKI cuma di surat lamaran malah Kementerian lain, legalisir ijazah ngga ada, akreditasi kampus bukan A atau B, dan lainnya. Jadi kalau temen-temen mau daftar gelombang selanjutnya, pastiin semua berkas memenuhi syarat.

Tes berikutnya TKD (Tes Kemampuan Dasar) bakal diadain terpusat di Jakarta. Saya dapat tes tanggal 26 Oktober jam 2 siang. Jadi ada sekitar 3 mingguan buat belajar TWK meskipun ujung-ujungnya buku UUD sama RPUL diliatin doang. Beruntung banget di Kaskus ada thread tentang CPNS BNP2TKI jadi bisa memetakan gimana tesnya. Untungnya lagi ada link grup telegram. Demi-demi, akhirnya saya unduh deh tuh Telegram.

Menurut saya penting banget buat cari tau tesnya gimana apa aja yang diujiin (misalnya gimana materi yang bakal diujiin di TIU, TWK atau tes kepribadian), tempat tesnya dimana, akomodasi dan segala macam. Ibarat orang mau tempur di medan perang, harus tau medannya dan bawa senjata. More preparation means more chance to win the battle.

Di Jakarta, tesnya bakal diadain di gedung BKN. Saya dapat di Gedung B lantai 8. Beli tiket PP Batam - Jakarta - Singapura berhubung jadwal maskapai yang terbatas. Book di Kalibata yang paling deket dan murah. Biar makin murah, saya cari temen yang mau bareng di Tele. Dapetlah beberapa temen yang mau bareng. Tiwi, Erika sama Marina dari Semarang, dan Diana dari Kalimantan.

Kali ini saya solo dong tesnya. Ngga pake dianterin -_- padahal mamak udah bilang "diantar aja ya, kan ngga tau Jakarta". Bisa dibayangin kalo bareng mamak-mamak. Kadang suka panikan sendiri gitu, ujung-ujungnya ntar kita yang panik. Dan belum tau juga rutenya gimana. Jadi udah saya putusin saya berangkat sendiri. Tiket udah ada, akomodasi udah ada. Cuti? Untung jatah cuti masih ada huehehe

Sesungguhnya saya juga ngga paham Jakarta. Berhubung ada Google Map dan Gojek, perjalanan ke Jakarta kali ini bakalan terbantu. Berhubung ini rute baru, dan biasanya tiap program ada yang jemput di bandara, saya cari temen di grup Tele yang naik pesawat juga, biar bisa janjian di Soetta.

Tele saved me! Ada peserta juga yang naik pesawat dan jadwal pesawatnya ngga jauh beda sama saya. Namanya Bang Jun dari Medan. Meskipun abang ini bilang flightnya jam 5 pagi -_- yang penting ada temen. Jadi rute kita dari Soetta langsung ke BKN buat ngecek lokasi tes di Gedung BKN.

Oke sip, tiket udah, akomodasi udah, temen yang bareng -biar ngga nyasar- juga udah.

Jakarta, see you soon!

Komentar

Posting Komentar

Ada pertanyaan, kripik dan saran?

Postingan Populer