Liburan ke Malaysia #1

Kali ini saya bakal cerita tentang pengalaman travel for the first time tanpa embel-embel program, Agustus lalu (kalo ga salah).

Cerita basi? Gapapa! hahaha. Udah basi, bersambung pula LOL. 

As we know, sepanjang postingan saya di jagad per-blogan, selama ini saya jalan-jalan karena ikutan program. Alasannya karena ngga mungkin bangetlah dibolehin jalan-jalan. Jadilah saya apply macem-macem program biar ada alesan jalan-jalan.

Pengalaman kali ini adalah trip ke Malaysia. Awalnya tuh emang niat ke sana mau nonton Sea Games 2017 mumpung dekat dan waktunya juga pas, ada harpitnas alias hari kejepit nasional. Rencana awal bakalan pergi sama Yuni dan Fathiah. Di tengah jalan, Rio sama Ine (temen seperjuangan seleksi PPAN) pengen ikutan juga. Cuma karena satu dan lain hal Fathiah ga jadi ikut. Terus saya ajak si Luluk karena kasian bangetlah main ama kucing mulu. Dan yang terakhir Mita (anak seleksi juga) pengen ikutan.

Ngga ada rencana yang mulus. Si Ine ngga jadi ikut lantaran gajinya ilang. Apes banget emang nasibnya. Terus si Mita juga ga jadi ikutan. Sisanya 4 orang. H-berapa formasi berubah lagi. Mamak pengen ikutan. Hmm, oke. Gimana pun permintaan gini ngga mungkin ditolak. Bisa-bisa dipecat jadi anak.

Antara percaya dan ngga sih sebenernya kayak "Ya ampun ini beneran?! Seriusan?!" But things just happened. Rasanya itu kayak bocah banget pake ditemenin. Gagal deh jadi traveler beneran. Sedih sih emang, tapi ya gimana, kan? Saya sendiri baru ngabarin si Yuni ama Rio H-2 sebelum berangkat kalau nyokap ikutan. Traveler mana coy yang ditemenin nyokap jalan-jalan?! hahaha. Traveler kemarin sore guys :')

Nah, rencananya kita bakal berangkat tanggal 16 Agustus sore dan balik tanggal 20. Saya datang awal ke kantor dan izin buat pulang cepet. Si Rio udah daripagi di Batam soalnya ada urusan. Siangnya dia nitip tas ke kantor saya, pergi lagi, terus datang ke kantor. Padahal udah dibilang, langsung aja ke pelabuhan. Jadi saya kasi opsi lain. Hari itu kerjaan emang banyak banget, jadilah si Rio dibiarin aja duduk anteng di kantor saya. Sembari mengabaikan keberadaan dia untuk sementara.

Last ferry ke Malaysia jam 17.45 saya keluar kantor sekitar pukul 16.30 lebih. Mana si Rio udah riweh nyuruh cepet. Mana kerjaan lagi banyak-banyaknya. Pas mau berangkat, papa saya dateng naik motor buat jemput ke pelabuhan. Bego banget emang saya ngga ngecek hp dulu. Ternyata papa saya udah sms bilang bakal jemput naik motor biar cepet. Sementara si Rio belom check in. Alhasil kita pesen gojek buat si Rio. Gosh! Harusnya manusia satu ini dipesenin Gojek dari jam 4an -_- chaos banget emang.

Saya berangkat naik motor duluan, bawa paspor dia buat check in-in. Sementara dia nungguin abang Gojek. Posisinya saya udah duluan nyampe di lampu merah Masjid Raya dari Central Sukajadi. Pas di lampu merah, ada mahluk melambaikan tangan mendekat dari kejauhan bersama abang Gojek. Pas lampu merah itu mahluk malah dada-dada terus nerobos lampu merah dan sampai duluan di pelabuhan. Woiiii paspor lu sama masih sama gueee!!!

Sesampainya di pelabuhan, dia langsung ke counter ferry buat check in. Terus dia datang dan bilang kalau ferry-nya penuh. Terus Yuni? Yuni juga belom sampai sodara-sodara. Sementara saya, adik saya dan mama saya udah check in duluan. Soalnya paspor saya ada di mereka. Fix, saya mikirnya ini bakalan jadi family trip.  Terus nasib Yuni sama Rio? "Udah Qis gapapa, pergi aja" kata si Rio. Saya pun berangkat. Yuni dan Rio bakalan nyusul pake first ferry.

Di satu sisi rasanya waktu berjalan cepet banget. Tiba-tiba udah hari H aja dan udah dalam perjalanan ke Malaysia. Di sisi lain waktu rasanya lambat banget gara-gara 2 manusia yang ketinggalan tadi. Besok itu kok rasanya lama? Di kapal ya flash back mulu. Kok bisa-bisanya sih? Ini bakalan jadi perjalanan penuh drama.

Jarak Batam - Johor Baru itu 2 jam naik ferry. Ngga tau kenapa di ferry kali ini penuh sama orang Thailand. Di ferry petugasnya nawarin pop mie terus kalau ada yang beli baunya kemana-mana dan berasa pengen beli. Mereka juga nawarin tuker mata uang. Di dalam ferry ngga bosan-bosan amatlah. Soalnya ada film juga diputer kalau ngga salah film Tongkat Naga Emas atau semacamnya dan yang main Reza Rahardian.

Kita nyampe di Harbour Front JB sekitar jam 9 malam waktu sana. Keluar dari imigrasi, kita nyari taksi. Kebetulan ada satu taksi merah yang lagi nongkrong. FYI taksi merah lebih murah dari taksi biru. Opsi lain bisa pake Grab atau Uber. Taksi merah ini yang nyopir ibu-ibu cuy. Chinese. Ya udah kita langsung naik aja soalnya taksinya ada argo dan dianya juga sibuk telponan sama temennya. Kita pun minta dianterin ke JB central soalnya bakalan naik kereta ke KL. Kalau naik bus, bisa minta anter ke Larkin Terminal.

Ongkos dari Harbour Front ke KL Central sekitar 10 RM. Di KL Central kita beli tiket ke KL. Kalau naik kereta ini ngga langsung tapi harus transit di Gemas. Jadi Rutenya Johor Baru - Gemas - Kuala Lumpur. Harga tiketnya sekitar 21 RM JB - Gemas. Gemas - KL 30 RM. Totalnya sekitar 51 RM. Kereta berangkat jam 11 malam dan bakal sampai sekitar jam 10 pagi udah termasuk transit 4 jam di Gemas.

Setelah beberapa jam naik kereta, kita sampai di Gemas sekitar pukul 3 pagi terus nungguin kereta yang jam 7. Perasaan kemarin-kemarin ngga selama ini amat transitnya. Selama transit di terminal, kebanyakan orang tidur di kursi-kursi kosong. Ada TV juga kalau ngga ngantuk. Ada cafetaria di lantai 1 tapi tutup, untung aja mini marketnya buka jadi bisa jajan. 

Beberapa orang lokal sana terdengar mengeluh soal kereta ini soalnya bayar mahal dan lama. Berhubung ada pembenahan di sistem transportasi mereka, jadilah kereta yang sekarang agak riweh dulu. Karena semua proses butuh waktu. Saran buat temen-temen yang mau ke Kuala Lumpur, mending naik bus daripada kereta api. Naik bus lebih cepet, murah, dan nyaman juga.

(bersambung)

Komentar

Postingan Populer