IYFCCSD DAY 1

Halo!!! Di postingan kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya mengikuti International Youth Forum on Climate Change and Sustainable Development (IYFCCSD) di-bold dulu biar SEOnya bagus lol. Kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Acara ini dilaksanakan pada 2-5 Juni 2016 di Jakarta. Saya cukup beruntung karena menjadi salah satu dari 100 peserta terpilih dari 600+ pendaftar.

Saya berangkat dari batam jam 11.50 siang dan mendarat di Soekarno Hatta pada pukul 13.30an. Setelah nungguin bagasi, saya menuju C1 untuk bertemu dengan peserta lain yang udah sampai duluan. Ada beberapa orang di sana. Kemudian kita saling memperkenalkan diri. Ada Gio, Ervan, Tisha, Maya dan Ilham. Dua di antara mereka yaitu Nia dan Zul ngambil forum diskusi yang sama dengan saya yaitu tentang Clean Water and Sanitation. So they are my teammate during these four days! :)

Ngomong-ngomong di event kali ini, peserta diminta untuk berangkat sendiri ke venue which was at Aston Marina. Jadi saya ikutan sama Bayu yang udah pesen uber bareng sama Hai dan Tim. Perjalanan dari Soetta ke Aston ditempuh dalam waktu 15 menit aja. Sedikit mengejutkan karena menurut informasi yang saya dapatkan, estimasi waktunya itu sekitar satu jam. Dan driver kita waktu itu bilang kalau macet biasanya lama. Lamanya itu bisa 2-3 jam.

Setibanya di Aston, kami berempat menuju M1 untuk registrasi. Tapi registrasinya belum mulai, kita nungguin ceritanya. Di M1 udah ada beberapa peserta yang lagi santai. Sembari nungguin waktu registrasi kita ngobrol-ngobrol lagi sambil nahan lapar. Niatnya sih mau cari ganjelan dulu. Akhirnya kita gigitin koper sama sofa.

Waktu lagi berbincang bareng peserta lain ada sesosok manusia yang datang. It was Hong! Jadi Hong ini asalnya dari Singapura dan kita ikutan program yang sama, bernama IMYP, Desember tahun lalu di Majene, Sulawesi Barat. Pantesan aja ini anak nanyain harga tiket Batam-Jegardah ke sayaaaa lol.

Dia sempet upset gitu pas tau kalau penerbangan domestik di-reimburse setelah tahu kalau si Hai asal Vietnam yang nyasar studi di Surabaya uang tiketnya diganti karena pakai penerbangan domestik Surabaya-Jakarta nyahahaha. Tau gitu dia mampir dulu ke resort-resort di Batam wkwkwk.

Setelah nunggu dengan perut keroncongan akhirnya registrasi dibukaaa~ Saya dapat temen sekamar anak NTB si Nabiya. Panitia memberikan sebuah amplop berisi kunci kamar. Kamar kita nomer 710 dan kuncinya cuma satu. Btw sedikit ngobrolin tentang roomate saya, dia ini masih semester 2 coba -_-" Padahal baru kemarin rasanya saya ospek, baru kemarin rasanya jadi maba. Eh tahun ini udah mau lulus aja. Time flies fast, berasa banget saya tua bangkanya :')

Berkat cacing-cacing perut yang minta makan saya nyari temen-temen yang kelaparan juga. Fakir makanan ini akhirnya melabuhkan diri di kamar 709 sebab si Nisa bawa makanan. Lumayan kenyang juga abis makan. Kelar dari sana saya ikutan Tisha, Kim sama Hong keliling hotel. Kita terdampar di ruko deket hotel yang ada Indomaretnya. Ada Alfamart juga. Si Hong juga nanya kenapa saya ke Indomaret bukan Alfamart -_- pertanyaan yang simpel tapi susah wkwkwk.

Kelar jajan kita keliling hotel sembari nunggu dinner time. Kita jalan-jalan ke gym, kolam renang, spa, dan tempat-tempat random lainnya. Kelar muter-muter kita makan malam di Cumi-Cumi Cafe yang berada di dekat lobby hotel. Makanan di sini enak pake bangeeeet~ Apalagi buffet gitu, jadi bisa nambah. Dessertnya apalagi x) Perbaikan gizi bangetlah pokoknya makan di sini :9

Sedikit tentang Aston Marina, di hotel ini ada 33 lantai and what I couldn't resist was the elevator. Soalnya kalau mau naik lift kudu pake kartu. Sempat saya ngga bawa kartu dan alhasil saya kejebak di lift dan dipermainkan wkwkwk. Mana cuma sendiri di dalam. Untung ada beberapa peserta program yang naik ke lantai yang sama :P

Selesai makan, peserta diminta untuk menuju M1 karena ada welcoming remark dari panitia. Not much to tell here. Ada perkenalan dari panitia dan beberapa peserta. Kita dikasih goodie bag juga. Setelah welcoming remark, kita ngemil lagi soalnya disediain coffee break muahahaha. Sambil ngopi-ngopi kita ngobrol bareng peserta lain. Acara kayak gini pas banget untuk membangun jejaring pertemanan. Kelar ngopi-ngopi kita balik lagi ke kamar untuk istirahat.

Day 2, Day 3, Day 4 Nyusul yeh postingannya. Tapi sebelumnya karena saya ngga punya Twitter, Path, dan nggak aktif banget di Instragram dan Facebook jadi saya bikin tagar di sini aja #EYC #EcoYouthCorps #IYFCCSD #IYFClimate