Pengalaman PK-204 LPDP Nyala Bentala

Akhirnyaaa setelah menunggu lebih dari dua bulan saya dapat pembagian batch Persiapan Keberangkatan (PK) LPDP. Sesuai prediksi dapat PK-204 dan kegiatan ini diselenggarakan pada 11-17 Juni 2023 secara luring di Ancol, Jakarta. Akhirnya ada kejelasan *sujud syukur nangis terharu*

Kegiatan PK terbagi tiga yaitu pra-PK, PK, dan pasca PK. Di pra-PK kita ngerjain macem-macem tugas, ketika PK kita ngikuti kegiatan di tempat, dan pasca PK kita punya kegiatan social project.

Persiapan PK-204 Kurang dari satu bulan dengan bermacam tugas. Ada tugas angkatan, tugas kelompok dan tugas individu. Angkatan kita diharuskan untuk kasih nama angkatan, bikin lagu angkatan, tema angkatan, nama kelompok dan lain-lain. Sementara tugas kelompok salah satunya disuruh kopdar per domisili, bikin yel-yel angkatan. Terus kalau tugas individu tugasnya ngapalin mars LPDP dan ikrar LPDP. Macem-macem pokoknya  :')

Sesampainya di Mercure ancol, peserta dibagi random beda daerah, beda kelompok, beda tujuan. Saya sekamar sama mba Irsa yang baik hati. Namanya juga pake Qisthi wkwkwk samaan dong~

Kegiatan PK ini padet banget yak. Dari jam 5 pagi sampai jam 9 malem. Dimulai dari olahraga pagi dan diakhiri dengan menahan kantuk mendengarkan materi. Tapi temen-temen tetep aktif buat nanyain pertanyaan. Nahh, sewaktu PK kegiatan yang dilaksanakan itu dengerin pemateri yang keren-keren banget. Ada Yanuar Nugroho, Batara Sianturi, Teten Masduki, Rori Asyari dll.

Setiap kegiatan mulai, ada yang namanya class call. Jadi 10 menit sebelum kelas dimulai diputerin musik dan kita nulis absen dengan cara nempelin stiker smiley di kertas presensi. Class call kita adalah lagu Pelajar Pancasila. Karena lagunya baru denger pas kegiatan ini, jadi suka kepikiran "Apaan yak judulnya? Pemuda Pancasila? keknya bukaaan lagu ormas~" sampe akhirnya hapal, judulnya Pelajar Pancasila! 

Di beberapa kesempatan juga ada aktivitas integrity sport dan outbound yang dilakukan per kelompok. Seru sih yaaa dan lucu jugaaa. Ngakunya ga ambis, targetnya ga juara paling terakhir, tapi tetep semangat memberikan yang terbaik wkwkwk ga ambis, ga ambis, tapi berjuang maksimal 😂

Long story short -sebenernya karena deadline ngumpuling tugas- hal paling berharga itu adalah dengerin cerita temen-temen PK tentang bagaimana perjuangan mereka untuk mendapatkan beasiswa ini. Dengerin cerita life changing experience, struggle mereka, dan masa-masa sulit mereka dan gimana mereka bisa bangkit dan tetep fight buat dapetin beasiswa iniii :')

Komentar

Postingan Populer