LPDP Journey: Pengalaman Berburu LoA

Sejak dinyatakan lolos LPDP Juli lalu, sekarang saya siap-siap nunggu oprec universitas incaran. Berhubung pas daftar LPDP diwajibkan untuk memilih tiga universitas tujuan, saya menargetkan untuk mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) salah satu dari tiga universitas tersebut. Pilihan pertama SOAS di UK, pilihan kedua University of Sussex di UK, dan pilihan ketiga University of Melbourne di Aussie. Inceran pertama tetep SOAS dong 💖 udah ngincer dari lama, semoga jadiii~

Saya kira kampusnya bakal buka pendaftaran bulan September, cuma kayaknya baru bakal buka November. Jadi sementara menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan dulu. Yang agak ribet itu bikin essay, dan harus benerin CV lagi. 

Nah, saya juga udah sempet edit CV dan mentok di references. Siapa nih yang bisa jadi references? Saya udah minta izin sama kepala seksi buat jadi references. Dan, satu lagi kepikiran untuk minta tolong sama atasan di kantor lama.

Dan waktu pun menjawab~

Di akhir September sepulang ngantor, temen-temen kantor saya ngajakin nongkrong ke tempat rekomendasi saya di Daily Coffee. Nah, pas sampai sana dan nyari meja ada yang manggil 'Qisss!!!' pas ngeliat ternyataaa ada mantan atasan di kantor lama Pak Julfan, dan temen saya si Devi hahaha astaga bisa-bisanyaaa!!! hahaha kalau dari kantor lama ngesot doang nyampe ke Daily wkwkwk

Yaudah nyampe di sana ngobrol-ngobrol kan, nanyain kantor lama, big boss saya dll. Termasuk juga hobi saya belakangan yang ternyata mereka amatin dari sosmed, terusss saya sempet bahas One Piece jugaaa, soalnya bos saya demen OP, jadi malah bahas OP Red yang lagi tayang 😂

Habis itu saya juga cerita tentang rencana studi tahun depan, dan saya sekalian minta izin ke Pak Julfan buat nyantumin nama beliau sebagai reference. Dan dibolehin donggg, just let him knowww. Cuma jadi lega banget sih asli! hahaha 

NOVEMBER

Bulan ini SOAS udah buka pendaftaran. 

5 November 2022 

ngajuin Letter of Sponsorship (LoS) di akun LPDP. 

Udah tanya ke kampusnya juga terkait LoS ini diperlukan apa engga. 

11 November 2022

Masih nunggu LoS.

In the meantime, sempet konsultasi terkait motivation letter sama mba-mba alumni LPDP yang randomly saya sksd-in di Twitter buat review essay saya. Tidak lupa pula konsultasi dengan mentor saya bang Fajar yang baiknya tiada tara. Sumpah ini pada baek-baek amat :')

DESEMBER

12 Desember 2022

Submit my application to SOAS!!! Gila ga sabarrr!!! 

20 Desember 2022

Hak! Got my conditional offer dan harus lengkapin IELTS. Antara senang dan sedih wkwkwk :')

Ga nyangka banget SOAS memberikan jawaban secepat itu. Kirain bakal digantung dulu, nunggu dulu berminggu-minggu, meskipun masih conditional tetep terharu *brb nyari tisu*

Rada bingung sih, ini offer mau diterima dulu atau harus nunggu IELTS lagi. Beberapa hari setelah menerima berita dari SOAS saya memutuskan untuk accept the offer. Sebagai pertimbangan bahwa saya akan berusaha untuk mendapatkan skor sesuai sama yang diminta kampus. 

We look forward to welcoming you as a SOAS student!! 

Woy pen nangisss T^T

Nah, kemarin sempet bimbang apakah mau daftar kampus lain. Inceran saya Sussex sama Unimel. Berhubung SOAS udah ngasih kabar, saya memutuskan untuk fokus mendapatkan unconditional offer dari SOAS, toh dari pertama emang SOAS yang jadi tujuan utama. Pada akhirnya ga apply di Sussex sama Unimel. Tenanggg SOAS, saya ga bakal berpaling. I'll fight for you! ;)

YOK QISTI, KAMU BISA YOKKKK!!!

11  Februari 2023

Jadwal tes IELTS dirikuuuhhh. 

Stress banget sih sebenernya harus dapetin 6.5 tiap subscore untuk direct entry. Akhirnya booklah buat tes IELTS, dan pertama kalinya saya ikut IELTS computer-based. Pertimbangan ngambil yang computer-based karena hasilnya bakal lebih cepat keluar dalam 3-5 hari.

Sedikit cerita soal persiapan, persiapan kurang dari sebulan dan memang kurang maksimal. Belajar tiap malem sampe jam 23.00-23.30. Jadi mungkin gumoh, otak udah tumpul dan ga bisa nerima lagi 😵 bahkan seminggu sebelom hari-H bener-bener stress banget karena nilai stuck aja di 6.0-6.5 kek ga gunaaa belajar hahahaha *nangis gigit bantal sambil guling-guling*

Semoga ga mengecewakan amat skornya. I don't want to waste another 3.1 mio!! Kaga ada duit lagi woyyy wkwkwk. Akhirnya stress sampe sebelom hari-H :')

Oh iyaaa, buat yang lagi mempersiapkan diri bisa ke situs ini buat latihan soal IELTS. Dan ini tuh gratissss https://ieltsonlinetests.com/ ada seksi yang berbayar, tapi seksi yang gratis tetep bisa dimanfaatkan kok~

15 Februari 2023

Hasil IELTSnya keluar dengan overall score 6.5. Yang jelas stress sih karena kampus minta 6.5 tiap subscore untuk direct entry. Sementara saya masih ada yang 6, cuma untungnya writing dapat 6.5 harusnya bisa masuk dan ga perlu ikut pre-sessional.

Sambil nunggu hardcopy dan jawaban kampus apakah saya bakal tetep bisa dapet unconditional, saya jadi stress banget susah tidur. Pun kalo tidur tiap jam kebangun :( stress wkwkwk

17 Februari 2023

Dichat sama staff Republic Education (RE) kalau hasil IELTSnya kemungkinan bakal sampe Jumat. Sedikit lega Test Report Form (TRF) bakal ditangan. Cumaaa tetep aja stress sama jawaban kampus nantinya.

Btw saya baca lagi offer letter dari kampus, harusnya sih semua unconditional pada akhirnya karena untuk pengurusan visa emang perlu unconditional letter. Semoga yaaa huhuhu~

20 Februari 2023

Follow up ke Republic Education, cuma TRF belom sampe. Masih stress banget hari ini. Targetnya begitu dapet langsung setor ke kampus sama sounding ke pimpinan terkait tugas belajar. 

Bentar lagi gw gila kayaknya :(

Sorean sekitar jam 4an dichat sama RE bahwa TRFnya udah bisa diambil. Yaudah dari kantor langsung cabut ngambil ke Yehonala. Balik ke kantor lagi scan TRFnya dan langsung kirim ke kampus. Semogaaa hasilnya baik.

25 Februari 2023

Pagi-pagi ngecekin email dan ternyata ada email dari SOAS. Sebenernya udah masuk dari tanggal 24 Februari sore, tapi berhubung itu email ternyata bukan di kotak masuk utama jadi kaga ada notif :(

Pas buka, ada pemberitahuan tentang revised offer.

Yak, langsung deh buka admission websitenya. 

Yak, udah ter-convert jadi unconditional :')

Lega sih ga perlu lagi ngambil IELTS karena beneran nguras pikiran, nguras dompet, nguras waktu juga karena harus nyicil belajar hampir tiap malem. Mereka tetep rekomendasi untuk ambil in-sessional English session. 

Habis dapet LoA saya konsultasi sama senior saya mas Taufik. Apakah harus ngurusin tubel dulu atau daftar PK dulu. Akhirnya dapet pencerahan. 

Hari ini saya juga udah daftar buat PK LPDP. 

Kelar satu chapter selama tiga bulan ini untuk berburu LoA :')

Moral story yang didapat yaitu harus bener-bener usaha buat apapun yang dikerjakan, dan harus fokus. Meskipun bukan hasil yang terbaik, tapi cukup buat memenuhi persyaratan. Bahkan untuk memenuhi persyaratan aja banyak yang dikorbanin.

Wajar ya, namanya mau sesuatu pasti harus ngorbanin sesuatu. Kalau kata orang-orang ga ada makan siang gratis. Makannya gratis, abis itu cuci piring~

Pokoknya usaha maksimal, especially if it's something worth fighting for. 

Akhir kata, let's get ready for the next chapter! =)

Komentar

Postingan Populer