Pengalaman Latsar CPNS BNP2TKI

Sekarang kita bakal bahas tentang pengalaman ikut Latsar CPNS BNP2TKI angkatan 2017. 

Pada suatu hari yang biasa aja di Tanjungpinang, Grace (CPNS asal Medan) alias temen se-satker saya di Tanjungpinang dapat kabar tentang Latsar yang bakal dia ikuti. Ceritanya dadakan. Dia dapet kabar 3 atau 4 hari sebelum latsar. 

Wisma Kemnaker RI di Ciloto

Jadi CPNS BNP2TKI 2017 angkatan 7 ada 85 orang. Berhubung tiap kelas maksimal 40 orang x 2 kelas, jadi sisa (((sisa))) 5. Yang 5 orang ini bakalan nebeng latsar sama anak-anak Kemnaker yang bakalan Latsar di Pusdiklat Kemnaker di  Kampung Makassar, Jakarta. Kenapa Kemnaker? Karena BNP2TKI belum punya tempat diklat sendiri, terus emang Kemnaker ini 'ibunya' BNP2TKI. Soalnya dulu tuh BNP2TKI asalnya dari Kemnaker ini.

CPNS BNP2TKI Angkatan 7

Sekitar 2 minggu kemudian, datang panggilan buat latsar kita-kita yang 80 orang. Nggak ada SPT atau apa, pokoknya di grup CPNS BNP2TKI 2017 cuma dikabarin tanggal sekian harus udah kumpul di Pusdiklat Kemnaker di Ciloto, Jawa Barat untuk mengikuti Latsar CPNS. Tunas-tunas umbi mah manut aja. 

ANGKATAN HEBOOOHHH!!! HAHAHA

Hari-H, kita yang di Kepri ini berangkat ke Jakarta. Dari Jakarta naik mobil sewaan ke Ciloto. Nyampe di Ciloto hari Minggu siang, hawanya adem banget di sini, deket Puncak soalnya. Waktu kami datang, anak-anak dari satker lain udah ada yang sampai duluan. Beberapa dari mereka lagi nongkrong di pos satpam waktu kami datang. Beberapa orang lainnya ngumpul di warung makan depan pusdiklat. Kenapa? Karena hari itu belom dapat jatah makan siang (bukan curhat ini wkwkwk).

Waktu kita nyampe di pusdiklat tuh ada anggota TNI ngobrol-ngobrol. Denger-denger dari si Grace yang udah duluan Latsar, bakalan ada latihan ala-ala militer gitu kayak push up, guling-guling, merayap kek cicak-cicak di dinding, makan kek orang kesurupan karena dikejar waktu pokoknya yang serem-serem gitu. Jadi sebelum sampai sini kita udah persiapkan hati dan mental duluan a.k.a pasrah hahaha

Angkatan XXI

Pas dateng register dulu, terus dapet tas sama alat tulis. Daaan kita dibagi jadi 2 kelas. 1 kelas 40 orang. Terbagi jadi 2 angkatan untuk diklat. Angkatan XXI dan XXII. Saya masuk angkatan bioskop.

Secara garis besar, siklus latsar tiap hari itu solat Subuh jamaah buat yang cowo-cowo dan yang cewe cukup di kamar aja, dilanjutin sama apel terus senam pagi, makan pagi, masuk kelas, makan siang, masuk kelas lagi sampai sore, baru deh makan malam abis itu tidur. Sebelum tidur, apel dolooo hahaha kadang apel dulu baru bubar makan, tergantung sikon.

Awal-awal latsar kita dilatih sama TNI. Rutin deh tuh sebelum senam pagi kita apel dulu. Jam 6 pagi wajib kumpul di lapangan ngikutin apel. Apel ini ada 2, pagi sama sore/malem tergantung sikon. Awal-awal emang TNI yang jadi petugas, terus diserahin ke kita-kita. Kalau ada yang salah, pus aaap~ atau bahasa kerennya 'serong kiri' :( wkwkwk

Terakhir banget nih sebelum masuk Ramadhan

Oh iya, jadi pelatih yang paling malesin itu Pelatih Rustam, soalnya hobi banget sih nyuruh kita serong kiri hahaha. Pokoknya ngeselin aja wkwkwk tega banget soalnya sama kita-kita :( tapi baiknya suka bantuin kita latihan yelyel bareng sama Pelatih Aji, pelatih favorit angkatan XXI~

Balik lagi ke apel, untuk petugas apel ini gantian. Sehari angkatan XXI, sehari angkatan XXII. Jadi petugas ini hoki-hokian. Paling apes kalau misalnya baca Panca Prasetya Korpri sama Janji Peserta. Harus dihapalin soalnya hahaha waktu itu saya dapet 2 kali baca Panca Prasetya -_- ngapalin setengah mati wkwkwk. Oh iya, Panca Prasetya Korpri ini semacam janji sebagai PNS buat mengamalkan isinya.

Ngantri makan, kasian kalau paling akhir. Kadang gak kebagian laukkk wkwkwk

Kelar apel ya bersih-bersih terus baris dan makan pagi. Nah makan juga ada aturannya. Masuk ke ruang makan kudu baris, duduk harus tertib, ngisi meja kosong. Kalau mau masuk ruang makan itu satu per satu terus harus ngetuk pintu sambil bilang "IZIN MASUK, CPNS!" harus nge-gas ngomongnya. Pas di ruang makan gak boleh brizik. 

Sebelum makan ada laporan dulu, terus baca doa. Pokoknya pas makan gak ada suara. Cuma ini masih mending sih daripada pas latsarnya si Grace. Soalnya makan aja ada durasinya wkwkwk makan kek dikejar setan, untung pas kita enggak. Lauknya juga enak-enak aja. Setelah makan laporan lagi, terus keluar sambil rapiin meja sama alat makan dikumpulin di satu tempat. 

Baris sebelum masuk kelas

Terus kita baris lagi buat masuk kelas. Tiap hari yang piket gantian. Jadi pas masuk kelas yang piket kudu ngacak-ngacak nama di meja. Jadi di kelas ada 5 kelompok, tiap kelompok ada 8 orang. Itu deh nama yang diacak-acak tiap hari, dan mejanya tiap hari juga ganti-ganti tergantung nama kita ditaro dimana sama yang piket.

Masuk kelas baris lagi, terus nunggu widyaiswara. Widyaiswara ini adalah sebutan untuk pengajar kita. Sebelum belajar laporan dulu, terus nyanyi lagu Indonesia Raya, doa, baru deh mulai belajar. Jadi selama on campus, kita belajar materi tentang PNS sebagai pelayan masyarakat yang berkarakter dan profesional sesuai sama Peraturan LAN Nomor 12 Tahun 2018, cari aja whahahaha

Penyampaian materi yang diberikan oleh para widyaiswara sangat menarik. Kadang ada kuis, diskusi, nonton film PNS teladan, terus ada role play juga. Macem-macemlah. Cuma yang paling seru diangkatan XXI itu adalah angkatan kita hobi banget yelyel. Di bawah ada yelyel angkatan kita pas mau sidang rancangan aktualisasi. Yang paling depan itu Mas Budi sama Mbak Nura, ikon angkatan XXI.



Jadi tiap hari pasti yelyel meskipun widyaiswaranya nggak nyuruh. Yang ngajakin yelyel itu Mas Budi sama Mbak Nura, sumpah ini gokil banget mereka berdua. Nggak jarang tiap widyaiswara yang masuk ke kelas kita jadi terkagum-kagum karena pada semangat banget anak-anaknya.

Selama di kelas suasananya lumayan hidup. Karena emang sebelum ke Ciloto kita udah dilempar ke berbagai pelosok negeri buat tugas. Ada yang di perbatasan kayak kita yang di Kepri, ada yang di perbatasan Kalimantan kayak di Entikong. Ada juga yang dari NTT sama NTB, yang penempatan di pusat juga ada. Jadi pas ngumpul, ada berbagai pengalaman yang dibagi sama temen-temen dari daerah lain. 

Ngambil pose unyu-unyu bareng WI (Widyaiswara), pada gokil parah WInya hahaha

Selain itu, faktor pengalaman juga bikin kelas tambah hidup. Jadi di BNP2TKI kemarin, maksimal yang daftar sampai umur 35. Makanya pas ngumpul di kelas, dari yang umurnya muda sampai tua ada. Dari yang fresh graduate banget sampai pengalaman kerjanya seabrek-abrek ada. Jadi ada berbagai ide dan argumentasi selama kelas. Gila sih pada pinter-pinter banget mereka. Cuma yang paling jadi panutan itu Mbak Mira cuy, awardee LPDP ke Inggris. Panutan banget.

Sering banget jadi juru gambar. Ini pas bahas WoG, kita angkat tema tentang Asian Games 2018

Cuma pas kemaren itu yang terepik adalah, kita seharusnya mengikuti kegiatan kunjungan. Tapi berhubung bulan ramadhan, kunjungan ke Istana Presiden yang di Cipanas ditiadakan. Akhirnya ngundang pihak istananya buat sharing pelayanan yang ada di sana ke kita semua. Pada kecewa karena gak ada sesi jalan-jalan hahahaha

Oh iya, memasuki bulan ramadhan, kegiatan olahraga ditiadakan. Cuma apel doang. Jadi beda banget sama latsarnya si Grace yang semi militer banget. Di kita malah jadinya santai. Malah kayak razia kamar gitu yang kita tunggu-tunggu sampai akhir enggak kejadian. Di malam ramadhan, biasanya anak-anak pada solat tarawih. Biasanya yang ceramah ya CPNS yang udah sepuh-sepuh umurnya xD

Kelar bimbingan sama coach kita, Bu Tami yang pake jilbab pink

Di minggu-minggu akhir, kita sibuk bikin rancangan aktualisasi. Jadi ini semacam skripsi untuk bikin aktivitas selama off campus. Ini tuh bener-bener kayak bikin skripsi karena ada bimbingan juga sama widyaiswara yang kita sebut coach. Kelar bikin rancangan aktualisasi, kita presentasiin deh hasilnya. Ini mirip-mirip juga sama sidang skripsi. Selain rancangan aktualisasi, kita juga ada ujian. Jadi semua materi yang kita pelajari selama latsar bakal diuji. Ya sama kayak ujian di sekolahan. 

Selesai ujian, karena emang ternyata jadwalnya lebih cepet, akhirnya pada mutusin buat jalan-jalan dulu sehari sebelum balik ke daerah masing-masing. Pas pulang pada beli Lapis Bogor, enak banget soalnya hahaha 

Semoga dengan kegiatan latsar ini, nantinya kita bisa menjadi ASN yang profesional =)
Semoga juga bisa ngubah image PNS jadul untuk jadi lebih baik ke depannya! Hahaha

Dokumentasi: CPNS Angkatan 7

Komentar

Postingan Populer