Trip Malaysia 3D 2N (KL & Genting)

Di kesempatan kali ini, saya nge-trip murah meriah ke Malaysia selama 3 hari 2 malam dengan teman-teman saya ber-1, 2, 3, totalnya 8. Tujuan trip kita ke Malaysia kali ini adalah KL dan Genting Highland buat nyobain cable car. Ini bakal jadi pengalaman pertama yang bikin kita bersemangat buat liburan huehehe

Hari ke-1
- Perjalanan dari Batam via Johor ke Kuala Lumpur
- Makan di Alor Street
- Mengunjungi Menara Petronas

Seperti biasa, kita ke Malaysia menggunakan kapal fery dari Batam. perjalanan dimulai dari Batam Centre Ferry Terminal menuju Johor selama 2 jam. Nanti dari Johor ke KL sekitar 3 jam.

"Batam-KL-via-Johor"
Rute ke Malaysia lewat jalur Laut

Untuk tetap eksis, kita beli simcard lokal waktu sampai di pelabuhan. Satu simcard buat dua orang biar hemat dan fokus buat jalan-jalan huehehe. Jadi kalo mau internetan tinggal tethering.

Dari pelabuhan kita nge-grab ke Larkin Terminal. Terus kita naik bus menuju TBS (Terminal Bersepadu Selatan). Namun karena macet dan mampir, kita sampai agak lama. Molor sampe 5 jam di perjalanan. Sampai terminal aja udah sore menjelang magrib. Belum pesan grab buat ke Alor tempat nginap kita. Belom lagi telpon-telponan ama driver nanyain posisi.

"nescafe_tarik"
Jajanan pas bus lagi ngetem. Rasanya? Cobain aja wkwkwk

Lokasi nginep kita di Alor Street yang banyak makanan. Tinggal ngesot dari hotel, dan Alor Street itu pas di depan hotel. Cuma harus pilih-pilih kalau makan, soalnya banyak yang non halal. Takutnya hap lalu ditangkap. Yang suka lucu kalo ngetrip ramean adalah kita bingung buat memutuskan mau makan dimana. Jalan-jalan nyari, terus ujung-ujungnya makan deket hotel juga wkwkwk

"Alor-Street-Malaysia"
Liat deh plang makanannya. Awas ngiler gaes~

Di Alor Street ini beneran berjejer kedai makanan. Dari makanan yang berat-tapi-bukan-rindu sampai makanan ringan ada. Sepanjang jalan juga disuguhin sama menu-menu beragam yang gambarnya dipajang dengan visual yang sangat mengundang seolah-olah ngajak mampir buat dicicipin. Sayangnya beberapa gambar disertai dengan tulisan Mandarin. Pusing deh mikirin halal engga, itu mengandung beibi apa bukan.

"Alor-Steet-KL"
Salah satu sudut Alor Street

Malemnya juga kita sempatkan main ke Menara Petronas. Banyak juga orang Indonesia di sini, kelihatan dari bahasanya. Ketahuan Anda. Di sini kita foto-foto kan ya, seperti turis pada umumnya. Gantian. Kadang minta fotoin orang, kadang bantuin orang foto. Zaman sekarang kan konten nomor satu.

"Petronas-Tower-at-night"
Menara Petronas di malam hari gak kalah cakep ;)

Yang kasian tuh ada cowo sendiri, ambil selfie berkali-kali. Jadi kita pantau. Sampai suatu ketika temen saya minta tolong buat ngambilin foto kita. Terus pas udah kelar, temen saya bantuin dia foto. Abis dibantuin langsung sumringah dong mas-masnya. Akhirnya ada bahan yak buat di-up di sosmed =)

Hari ke-2
- Genting Highland
- Chin Swee Caves Temple
- Batu Caves

Di hari kedua kegiatan kita rada padat. Yang akan kita kunjungi pada trip kali ini adalah Genting Highland, Chin Swee Caves Temple, terus Batu Caves dan yang pasti Menara Petronas. Highlight dari perjalanan ke Malaysia kali ini adalah menaiki cable car di Genting Highland! Wohoo~

Anda telah memasuki kawasan Puncak

Setelah bangun pagi dan siap-siap, kita order Grab ke KL Sentral untuk beli bus sekaligus tiket cable car di Go Genting Ticket counter yang terletak di lantai dua KL Sentral. Dari KL Sentral ke Genting highland durasinya satu jam dan kita udah beli tiket buat naik Awana Skyway. Gondolanya sendiri ada dua macem, yang pertama yang bentuknya B aja, terus satu lagi yang di bawahnya kaca. Jadi bisa ngeliat pemandangan dari bawah. Sepertinya sih seru, tapi serem dan lebih mahal.

Dari KL Sentral ke Genting Highland sekitar satu jam naik bus. Jalannya berasa kayak jalan ke puncak karena banyak kebun teh. Sesampainya di Genting, berasa banget udaranya beda. Lebih dingin gaes. Fix mirip di Puncak. Kita lalu menuju ke Awana Station untuk naik cable car. Karena kita satu rombongan, sama petugas sana dicariin satu cable car.

"Awana-station"
Stasiun pertama cable car hoho~

Pengalaman pertama naik cable ini seru sekali. Apalagi pas pertama kali, rasanya deg-degan parah hahaha antara heboh sendiri dan gelisah. Takut kalau tiba-tiba kabelnya kenapa-kenapa. Untungnya perjalanan aman dan lancar. Pas udah jalan, kebetulan cuacanya sedang berkabut. Ada masa dimana kita gak bisa ngeliat apa-apa dan ini rasanya serem-serem gimana.

"kabut-genting-highland"
Kameranya berdebu wkwkwk tapi gini nih kabutnya

Setengah jalan, cable carnya berhenti di Chin Swee Station. Di sini ada Chin Swee Caves Temple. Turun dari cable car, kita menyusuri lorong menurun. Lumayan capek juga. Terus ketemu spot bagus dan kita foto-foto dulu. Untungnya pas kita mau foto, ada orang yang bantuin. Ternyata orang Indonesia juga yang lagi kerja di sana sedang istirahat. Kerja gak kerja ketemunya PMI juga =)

"Chin-Swee-Genting-Highland"
Ada turis yang bantuin kita foto full team

+Chin Swee Temple Genting"
Pada mencar, ga full team, ga full cream

Tempatnya ini keren, berasa ada di Tiongkok meskipun belum pernah ke sana. Buaaaguuussss pokoknya. Karena kami datang pagi, jadi masih berkabut. Kalau agak siang bisa lihat pemandangan dari atas bukit dengan lebih jelas.

Pengalaman mengunjungi Chin Swee Caves Temple di Malaysia
Berasa di negeri Tiongkok

"kupu-kupu_sayap_segitiga"
Ada kupu-kupu. Kirain nyamuk, untuk ga ditepok

Dari Chin Swee kita lanjut lagi naik cable car ke Sky Avenue. Berhubung udah lumayan siang, jadi yang naik cable car rame. Rombongan saya terpisah jadi dua.

Cable car di malaysia
Silahkan bayangin setinggi apa jalurnya. Menara sutet aja kalahhh

Waktu turun balik ke stasiun Awana Station, cuacanya tidak lagi berkabut. Jadi kita bisa lihat pemandangan sekitar.

Dan epic moment di sini mulai terjadi. Adalah si Fai yang ternyata takut naik cable car wkwkwk abislah dia jadi bahan bully seperti biasa. Sepanjang jalan istighfar mulu sambil merem dengan posisi tangan ngerekam pemandangan sambil malingin muka, dan satu tangan lagi pegangan di besi. Sekali-kali manusia ini curi-curi pandang liat pemandangan di bawah dari layar hp sambil terus ngucap.

Sesampainya di Awana Station, kita keliling dulu sembari nungguin bus yang akan membawa kita kembali ke KL sentral. Beli mi seduh lokal kek popmi. Lumayan enak. Terus nyobain minuman random. Ada Pepsi rasa vanila, rasa ginseng juga ada. Kalo ke luar kota kudu banget nyobain cemilan aneh yang gak ada di Batam.

"pepsi_vanila"
Coba tebak, ini botol minuman apa botol kecap

Keajaiban salah satu teman kita, si Fai, terus berlanjut. Pas kita naik bus balik, dia duduk di sebelah cewe. Pas keluar bus malah mabok gara-gara nyiumin parfum cewe sebelahnya selama perjalanan. Kasian wkwkwk

Setelah sampai di KL Sentral dengan perut kelaparan, kita pun cari tempat makan. Dari pagi udah ngidam makan di kedai mamak dan akhirnya terkabulkan. Kita menemukan kedai mamak di seberang KL Sentral. Udah murah, enak lagi :9 Kedai mamak ini adalah salah satu hal yang saya rindu di Malaysia. Murah, enak, banyak.

Pengalaman mengunjungi batu caves
Batu Caves yang penuh warna

Sorenya, kita jalan-jalan ke Batu Caves. Ikon familiarnya itu patung emas gede, terus ada tangga tinggi menjulang warna warni. Ini kali kedua saya ke sini. Bedanya, sekarang lebih terawat karena tangganya udah dicat. Di sini sebenernya kuil tempat ibadah. Kalau naik ke atas bakal ketemu goa, nah di dalem itu biasanya mereka doa.

"sri velayuthar temple batu caves"
Dalem goa ada bangunan. Luas bet sumpah

Banyak monyet di Batu Caves. Kadang suka iseng gangguin wisatawan. Mana tangganya agak curam. Jadi saya sebenernya agak takut juga naik turun tangga di sini hahaha

"tangga-batu-caves"
Credit pic: Nurmei

Di sini saya sempat melihat dari jauh ada sekolah. Terus ada anak-anak main bola di lapangan. Sekolahnya enggak kayak sekolah negeri kita. Mereka punya sekolah kebangsaan. Waktu itu sekilas saya lihat sekolah Tamil. Gak bisa bayangin deh kalau di Indonesia bikin sekolah khusus Batak, Padang atau sekolah khusus Jawa :)

Salah satu sekolah kebangsaan yang saya lihat

Malemnya kita jalan-jalan nyari oleh-oleh. Oleh-oleh yang biasanya saya beli barang-barang lokal sana seperti Maggie sama teh-teh sana, terus cemilan juga sama milo. Barang sana pokoknya. Alesan beli oleh-oleh begini karena murah dan bisa dinikmati hahaha

Hari ke-3
Balik dengan Rute KL - Johor - Batam

Pagi-pagi banget kita ke TBS buat ngejar bus KL - Johor. Karena jumlah kita ramean, jadi agak susah buat dapat bus yang kursinya cukup buat kita. Akhirnya dapat juga meskipun harganya agak mahal huhu. Btw pintunya lucu sih, ada stiker edisi orang lebaran lagi salam-salaman wkwkwk

Sesampainya di Larkin kita sempat pisah. Satu rombongan mau makan dulu karena udah kelaperan. Takutnya kalau ditunda makan bisa pingsan di jalan. Satu rombongan lagi buat ngejar check-in tiket di pelabuhan.

Sampai pelabuhan yang antri udah mengular. Yang ngantri orang Indonesia semua yang abis liburan. Untungnya kita masih dapet kapal buat pulang, soalnya ngantrinya lumayan lama.

Oh iya, trip 3 hari 2 malam ke Malaysia ini budgetnya habis sekitar 1.3jt udah sama tiket PP, jajanan, dan oleh-oleh juga.

Sorenya kita sampai di Batam. Horeeee~