Jadi Sahabat Hinterland

Tahu kan gimana siklus kehidupan manusia biasa? Bangun - kerja - pulang - tidur. Saya ngga mau kalau misalnya harus menghabiskan hidup dengan cara seperti ini. Terlalu biasa agaknya.

Untuk membuat hidup sedikit lebih berwarna, saya memutuskan untuk bergabung dengan salah satu organisasi. Sebelumnya saya juga aktif di komunitas English Speaking Community, Gabfest. Berhubung pengen banget kegiatan baru, daftarlah saya jadi relawan di Sahabat Hinterland.

Sebelumnya si Yuni, Nurmei sama Rio udah duluan gabung dan ikut satu kegiatan di Pulau Air Raja. Saya nggak ikutan karena masih dinas di Tanjungpinang, ya udah deh cuma denger kabar doang kalau mereka ikutan organisasi baru.

Setelah dipindahin ke Batam, saya mendaftarkan diri. Prosesnya itu mengisi data diri online, mereka punya form volunteer. Kemudian datang briefing

Kegiatan pertama yang saya ikuti adalah kelas inspirasi di Pulau Selat Nenek. Kalau ngga gabung mungkin saya nggak tahu bahwa nama pulau kayak gini ada! Selat Nenek, nama yang cukup nyentrik.

Di kegiatan ini, saya masuk ke 3 kelas yang berbeda. Kelas pertama kelas 6. Saya dipasangin bareng Yuni, Yuni ada banyak btw. Handle kelas 6 cukup aman, karena mereka udah ngerti kita ngomong apa.

Nah, saya sama Yuni kebagian untuk menjelaskan tentang profesi. Karena saya noob banget masalah ginian, saya ajakin aja main game. Jadi anak-anak kita bagi jadi 5 grup, masing-masing 4 orang.

Tiap grup kudu nge-list nama profesi sebanyak mungkin. Terus mereka diminta untuk bikin nama kelompok. Dan tahu nggak apa? Nama kelompoknya ada yang Alan Walker -_- saya aja ngga tau coba itu siapa! Wkwkwk

Kebanyakan dari mereka mau jadi TNI, polisi, guru dan arsitek, ada juga yang mau jadi ustad. 15 menit akhir di kelas 6 kita kehabisan bahan gaes, suasananya agak krik-krik hahaha next time ngga boleh garing, ngga boleh :')

Kelas ke-2 yang saya masukin itu kelas 4. Beda dong suasananya sama yang tadi. Di kelas 4 saya bareng Nurmei. Anak kelas 4 cenderung lebih aktif, sangat aktif bahkan. Di sini saya jelasin tentang pekerjaan saya. Gila coy, gimana ngejelasinnya ke anak-anak? Wkwkwk 

Show must go on. Saya minta anak-anak sebutin nama, sebutin negara-negara, sebutin profesi cuma buat nge-lead mereka ke TKI. Gilaran ditanya anak-anaknya pada nunjuk tangan semua. Sementara mereka ngga tahu TKI itu apa :') Kalian luar biasa! Yang saya salut itu anaknya pada aktif banget sumpah. Mereka nunjuk tangan, belum disuruh maju dianya maju. Tinggi bet inisiatifnya wkwkwk. Gila deh pokoknya.

Jadilah hampir 1 sesi itu ngejelasin TKI itu apa. Intinya: "kerjaan kakak mengurus dan melindungi Tenaga Kerja Indonesia. Apa? Tenaga.. Kerjaa.. Indonesia" *claps* sukur-sukur paham nih bocah-bocah wkwkwk

Sesi terakhir, saya ditempatin di kelas 1 bareng Umi. Kelas 1 ini kelas yang cukup brutal. 11 12 sama kelas 4 yang saya masukin tadi. Di sesi terakhir, saya sama Umi ngajarin keterampilan. Rencana awal mau bikin pembatas buku dari origami, sama dari stik es krim. Apalah daya ngajarin ngelipet origami bisa 1/2 jam sendiri.

Parahnya lagi anak-anak itu ternyata random abis. Ada yang rapi banget ngelipetnya, ada yang asal aja. Ada yang tiap bentar nanya jam. Pengen pulang banget nih anak :( wkwkwk belum lagi yang jalan-jalan keliling-keliling. Energi anak-anak ini nggak abis-abis geng. Energy of Selat Nenek bisa ngalahin Energy of Asia kali. Mana ibu-ibu mereka udah nungguin depan pintu buat jemput. Giliran bel bunyi anaknya ngga mau pulang. Makin random.

Kelar kegiatan ternyata ibu bapak guru nyiapin makan siang buat kita-kita :') baik banget ibu bapak gurunya. Kita yang tersanjung pun berterima kasih atas sambutan mereka yang hangat. Mana dianterin lagi sampai pelabuhan sama bapak-bapak gurunya.

Naasnya, pompong yang kita naikin kena hujan pas di jalan. Mana atapnya ngga ada, cuma terpal doang yang dipegang manual pakai tangan. Untung 1 hari sebelum hari-H beli life jacket gelombang ditengah laut udah nggak karuan ngahahahahaha

Pesan moral
- Semangat dan kegembiraan itu ada dimana aja 
- Energi positif itu bisa nular
- Kadang kita perlu melihat dari perspektif yang berbeda

Btw gambar sama ceritanya bakal di-update kalau saya punya waktu lagi x)

Terima kasih buat yang udah baca =) 

I hope I can write more! haha

Komentar

Postingan Populer