Pengalaman Mengikuti Tes CPNS Kemenkumham

Siapa yang pernah ikutan tes CPNS? Ayo tunjuk tangan *ngacung*. Yak, tahun lalu emang ada penerimaan CPNS sejak moratorium tahun 2015 lalu. Kementerian pertama yang membuka rekrutmen adalah Kemenkumham dan Mahkamah Agung. 

Dulu pas daftar jadi relawan Piala Dunia, 180.000an pendaftar world wide rasanya udah banyak banget. Eh, sekalinya yang daftar Kemenkumham sama Mahkamah Agung sejutaaa cuy yang daftar! Sejuta itu orang semua. Banyak banget coba. Saya jadi salah satu peserta diantara sejuta orang yang daftar.

Dulu saya ngga pernah kepikiran untuk jadi PNS soalnya stereotype PNS itu negatif. Kerjanya gabut. Dateng terus ngopi-ngopi, apa-apa butuh duit biar cepet, kalo ngga segala urusan bakal lama. Udah gitu disumpah serapahin sama orang-orang. Kesian banget sih. Cuma ya gimana. Oke .... mungkin itu oknum doang. 

Berkat teknologi informasi, berita tentang recruitment CPNS ini jadi viral. Semua orang jadi tau, termasuk orangtua saya. Endingnya orangtua saya suruh saya daftar CPNS. Biar mereka seneng, saya ikutin aja. Ceritanya mau jadi anak berbakti, padahal dalam hati berdoa biar ngga lolos -_-" 

Tahap pertama waktu tes CPNS ini adalah seleksi administratif. Jadi kita diminta untuk upload-upload berkas di situs BKN. Ngga terlalu ribet, situsnya juga lumayan user friendly. Cuma error aja kalo demen last minute. Hobi orang Indonesia nih yang last minute-last minute gini. 

Kita cuma bisa pilih satu formasi yang sesuai dengan jurusan kuliah. Waktu itu saya pilih analisis kekayaan intelektual -kalo ga salah-. Meskipun saya sendiri ngga ngerti itu kerjanya ngapain aja. Berhubung jurusan saya ada pilihan formasinya itu, ya udah saya pilih aja. 

Saya lupa pernah daftar CPNS hingga satu ketika saya dapet screenshoot-an dari Bang Dani. Sh*t! Ada nama saya. Saya lolos administrasi hahaha. Artinya saya bakalan ke Tanjung Pinang buat ikutan TKD (Tes Kemampuan Dasar). Taunya lolos dikasih tau, itu pun mikir-mikir mau berangkat atau ngga. Taunya H-4an sebelom TKD. Zuper ngga niat emang :') Bang Dani juga lolos administrasi, cuma tesnya beda hari sama saya. 

Hari-H ke Tanjung Pinang, saya cuti sehari. Tesnya dijadwalkan jam 2 siang. Saya ke Tanjung Pinang pake first ferry, bukan First Travel. Sesampainya di Tanjung Pinang, dijemput Bang Dani. Baek banget emang nih orang satu. Makasi banyak loh bang, baek banget dah :') Terus kita makan Mie Tarempa bareng Dodik dan Sulaiman a.k.a Nugraha. Reuni kecil-kecilan jadinyaaa~ 

Kelar makan mie, kita lanjut ke rumah Mita. Lumayan men, risol gratis. Btw si Mita ini selain kuliah juga pengusaha risol. Cek aja @risolgud di Instagram. Terus order. Dari rumah Mita saya berangkat ke Hotel Comfort buat ikutan tes. 

Setibanya di Hotel Comfort, udah rame banget manusia pada ngumpul pake baju putih item, banyak juga nenteng-nenteng map. Guys, ini bukan audisi Idol atau Dangdut Academy. Ini tes CPNS!!! Pas saya dateng rasanya kayak ngelamar kerja beneran. Lah, emang ada ngelamar kerja boongan?! Wkwkwk 

Pas dateng, kita kudu ngantri dulu buat registrasi. Setelah registrasi nitipin tas karena emang ngga boleh bawa apa-apa kecuali kartu ujian. Kemudian kita berkumpul dan dengerin penjelasan dari panitia. Sembari nunggu, panitia juga muterin video cara ngisi soal CAT pake komputer. 

Jadi untuk lolos CAT, kita harus memenuhi nilai passing grade (PG) dari tiap bagian CAT karena tiap komponen PG-nya beda. Untuk TWK 75, TIU 80 dan kepribadian 143. Tes CAT ini satu jam dan ada tiga bagian. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi.

Penjelasan kelar, kita pun jalan menuju ruangan tes. Sebelum masuk ruangan, kita dicekin satu-satu gitu. Panitianya mau mastiin bahwa kita ngga bawa barang macem-macem. Di ruangan, kita diberikan kertas kosong sama pensil buat coret-coret. 

Pas tes, yang agak ribet itu di TWK kalau saya, ngga tau deh kalo Mas Anang. Ditanya tanggal, pasal-pasal, sejarah dll. Materinya kayak pelajaran SD. Terus pancasila juga ditanyain. Pokoknya 4 pilar kebangsaan itu. Kalau udah jawab semua, kita tinggal pencet tombol selesai di laptopnya.

Kelar tes, saya pencet tombol selesai. Muncul angka "343" terus ada tulisan lolos di bawahnya. Saya ngeliat monitor agak lama dan mikir, "ini beneran lolos?" saya baca lagi dan cerna. Oke, fix lolos. 

Keluar dari ruangan ternyata banyak yang ga lolos. 343 ngga jelek. Lolos aja udah syukur banget. Pas pulang saya kasih tau orang rumah, terus Bang Dani selaku host Tanjung Pinang. Jadi selama di jalan, abang ini bertanya-tanya kok bisa ngga lolos dianya -_- yaelah bang, aku hoki doaaang hahaha 

Cuma endingnya ya ketebak ga bakal lolos. Secara yang bakal diambil ke tahap SKB cuma 45 orang se-Indonesia. Se-Indonesia raya cuy! Wkwkwk terus saya bilang ke ortu meskipun lolos PG, ngga bakalan ikut tes selanjutnya karena nilainya bakalan di-rank se-Indonsia. 

Meskipun belom lanjut seenggaknya udah pernah nyicipin gimana rasanya ikutan tes CPNS. Oh iya, panitianya bagus. Tesnya terorganisir dengan baik dan transparan. Mantap!

Komentar

  1. Atuh lah aku abis lulus S1 langsung S2
    Belum pernah ngerasain tes-tes semacam iniii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh bro @aul ini lanjut S2 tho #mantab

      Hapus
    2. Wkwkwk ntar berarti bang kelar S2 dicobain. Atau mau jadi dosen yaaa? Huehehehe

      Hapus
  2. Ya, sensasi ikt CPNS itu ky nano-nano. Kalau sudah pernah ikt tes SPMB atau UMPTN pas masuk PTN, ya hampir sm dg level lebih tinggi lg sensasinya.
    Perlu 20% keberuntungan mengiringi qt dalam proses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, setuju bang. Keberuntungan memang sepertinya berpengaruh sekali~

      Hapus
  3. wah jadi ikut deg-degan, aku juga ikut ujian tahun lalu tapi gagal, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut lagi tahun ini. Semangat, semoga berhasil!

      Hapus

Posting Komentar

Ada pertanyaan, kripik dan saran?

Postingan Populer