Seleksi Relawan World Cup Russia 2018

02:24

Ajang Piala Dunia (World Cup) adalah ajang prestisius yang ditunggu tunggu di seluruh dunia. Wooo! Orang rumah saya bela-belain nonton tengah malam termasuk emak saya. Sayang rasanya kalau ngga nonton juga, meskipun saya cuma penonton musiman. Seru aja gitu, rela-relain begadang buat nonton terus tebak-tebakan siapa yang bakal menang. Nebak skor kira-kira pertandingannya gimana. Meskipun kadang ujung-ujungnya ngantuk dan ketiduran bhahaha

Cuma ada hal lain yang menarik. Semuanya berawal dari situs ini yang nawarin untuk jadi sukarelawan World Cup 2018 dan bikin saya mikir "Oke, ini patut dicoba!" Meskipun timnas Indonesia ngga ikutan berlaga :'( Semoga suatu hari nanti timnas kita juga bisa ikutan. Lagian kapan lagi bisa terlibat di ajang sebesar ini, men! Sukur-sukur kalau bisa bertugas sambil nonton pertandingan gratis.

Sedikit tentang World Cup 2018. Ajang ini bakal dilaksanakan di Rusia dan akan ada 11 kota yang jadi tuan rumah (host city). Mereka membutuhkan 5.000 sukarelawan untuk piala konfederasi dan 15.000 sukarelawan untuk World Cup. Syarat jadi relawan adalah berusia 18 tahun minimal, kemudian bisa berbahasa Inggris. Bukan bahasa tubuh atau bahasa kalbu. Yakali ntar ngomongnya dari hati ke hati wkwkwk

Untuk menjadi sukarelawan ada beberapa tahap yang harus dilalui. Yang pertama adalah seleksi administrasi. Kemudian tes bahasa Inggris online dan yang terakhir adalah interview! Buat yang tinggal di luar Rusia interview-nya via Skype. Nah, kalau dinyatakan lolos tahap berikutnya adalah training~

Saya pun memutuskan untuk daftar sekitar bulan Juli melalui volunteer portal. Tahap pertama itu melengkapi administrasi seperti data diri, pengalaman volunteer dll. Terus juga kita disuruh pilih mau ditempatkan di kota mana dan volunteers' functions yang mana. Pertimbangan soal kota yang pasti saya ngga milih Moscow sama St. Petersburg karena pasti banyaaaaak banget orang yang mau daftar di sana dan mengingat living cost *uhuk* di sana cukup *uhuk* mahal *uhuk uhuk uhuk* akhirnya saya pilih yang lain.

Namanya juga sukarelawan. Suka rela alias tanpa pamrih dan ngga dibayar. Yang ditanggung cuma makan dan transportasi selama di sana. Tapi saya mikir kalau pengalaman dari sana ngga bakal bisa dibeli sama apapun. So, it is worth to try laah.

Email pertama dari FIFA

Tanggal 20 Juli saya dapat email dari FIFA. Meskipun cuma automatically generated email rasanya udah seneng aja hahaha. Emailnya ini ada 2 bahasa. Pertama bahasa Rusia sama di bawahnya bahasa Inggris. Cuma karena ngga ngerti akhirnya saya Google terjemahin biar saya bisa ngerti artinya.

Email kedua disuruh tes online

Setelah beberapa purnama berlalu *eaaa* akhirnya email yang ditunggu datang jua. Kirain saya bakal diemail lagi 2017 bhahaha. Isinya tentang tes Bahasa Inggris. Ini versi lengkapnya:

Dear candidate!
We are pleased to invite you to complete the English Levelling Test. This stage is essential so that we can assess your knowledge of this language and find the best position for you.
You can complete your test online. Please go to the Volunteer Portal, login and follow the link to your English Levelling Test. Please use only your computer while doing the test. Test is not available on mobile devices or tablets.
Test is assessing your grammar, listening and reading comprehension, which will take approximately 40 minutes to complete. We recommend you to be careful while answering the test because you will not be able to get back to the previous question.
Please complete this test within a week. After completing the test, we will contact you to inform about next steps.
If you have any queries, get in touch with us over the Customer Services channels.
Thank you,

Awalnya grogi juga tesnya bakalan kayak gimana. Setelah di klik muncullah situs EF. Di sini mereka bakal liat kemampuan bahasa Inggris kita dari segi grammar, listening dan reading. Setelah selesai mengisi semua jawaban, secara ajaib hasil test keluar! Kirain bakal nunggu lama dan harap-harap cemas dan bertanya-tanya. Tapi ternyata ada kejelasan wkwkwk


My score!!!

Saya dapat level 11 - Upper Intermediate. At least untuk volunteer function yang saya pilih udah memenuhi syarat minimal. Tanggal 25 Oktober mereka ngirim undangan untuk tes bahasa Inggris. Kelar tes bahasa Inggris, tanggal 27 saya dapat undangan interview.







Undangan interview

Dapet email interview saya ngacir ke portal volunteer. Tapi ternyata ngga ada apa-apa. Beberapa minggu kemudian saya dapat undangan interview lagi. Di portal volunteer, kita diminta untuk memilih waktu interview baik hari maupun jam. Jadi tinggal pilih hari/tanggal dan jam berapa. 

Interview saya dijadwalkan pukul 8.30 malem WIB. Ngomong-ngomong WIB sama Russia (UTC + 3) beda 4 jam. Waktu ngatur jadwal interview, waktu yang dipakai adalah waktu Rusia. Jadi mau ngga mau deh ngitung. Terima kasih untuk jarak dan waktu, saya jadi belajar matematika lagi :') 

23 November jam 8.23 Skype account saya di-add sama volunteer centre Kazan. Ada pesan "Are you ready to start now?" Thanks to kebiasaan ngaret yang udah mendarah daging, saya telat untuk interview -_- saya baru buka Skype jam 8.33 cuma saya ngga ditelpon padahal dianya online. Kan sedih kan -_-

Paginya saya baca pesan dari mereka untuk reschedule interview karena ada problem. Ya udah, saya reschedule ke tanggal 30 jam 3 sore. Waktu itu saya lagi di kantor dan ada pesan "Hello, are you ready to start the interview?" 

Bukan Skype namanya kalau ngga pakai game halo-halo. Game dimana kita berusaha untuk mendengar dan terdengar sama orang yang ada di sana hahaha. Hello can you hear me? Do you hear me? bla bla bla. Btw ini Skype-annya di kantor dan saya ada di dalem ruangan. Mana orang kantor concern nanyain "bisa ngga? bisa ngga?" "udah pake wifi kantor?" mana si Lilis minjemin headset. Aduh baik banget mereka :')

Karena koneksi yang jelek kita putusin Skypenya. Oh iya, untuk memudahkan penulisan, interviwernya kita sebut saja Masha. And the bear. Setelah mutusin Skype, Masha ngirim pesan:

Masha: "I don't see you" 
saya: ....

Padahal awalnya telponan. Ternyata dia ngajakin video call!!! Tau gitu henponnya ngga saya taruh di kuping bhahahaha.

Beberapa menit kemudian saya dapet panggilan Skype lagi. Kali ini hpnya ngga saya taruh di kuping lagi. Masa iya dia mau saya sodorin rambut? Yang ada ntar di layar Skype dia isinya hitam semua :')

Setelah panggilan diterima, ada seseorang di sana yang nanyain saya. Awalnya standardlah nanyain nama. Untuk pertanyaan lain saya list aja pertanyaan yang masih saya ingat secara random urutannya. Here are some volunteer interview questions for World Cup
  1. Why do you want to be volunteer for World Cup
  2. Why do you choose Kazan
  3. What volunteer function do you choose
  4. Tell a situation when you have to change assignment quickly
  5. Tell a situation when you work in a team
  6. Are you a leader or a follower
  7. Do you take initiative
  8. Can you do daily work
  9. What's your hobby
  10. What languages do you speak
  11. Can you speak Russian
  12. Your shirt and shoes size
Kelar interview saya diinterview lagi sama temen-temen sekantor wkwkwk. 

Pengumuman diterima atau nggaknya sebagai relawan Piala Dunia 2018 bakal diumumin awal 2018 at the latest. Pendaftaran relawan juga masih buka sampai bulan Desember ini. Langsung aja register di https://ems.fifa.com/volunteer/Login/RUSSIA/

пока!)

You Might Also Like

1 comments

Ayooo! Dikomen dikomen. Dikomen dikomen.