Exchange Program, Short Course dan Degree

23:42

Berawal dari salah satu pertanyaan di grup pemburu beasiswa di Facebook, saya pun terpancing untuk mencari tahu tentang exchange program, short course dan full degree. Walaupun secara garis besar kita mengerti, tapi tanpa definisi yang jelas dan gambaran yang konkrit. Buat scholarship hunter silahkan dicermati dan diberi masukan kalau ada yang kurang :D

Exchange program 

Exchange program atau program pertukaran adalah program dimana pelajar dari sekolah menengah atas atau universitas belajar di luar negeri di salah satu institusi terkait. Selain belajar, peserta juga akan belajar tentang adat dan budaya setempat. Jadi, nggak cuma belajar, tapi juga menambah wawasan.

Untuk program pertukaran internasional, ada 2 yaitu:

1. Short term exchange. 
  • Durasinya 1 minggu sampai dengan 3 bulan
  • Contohnya JENESYS (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths)

2. Long term exchange. 
  • Durasinya lebih lama dari yang diatas, biasanya sampai 1 tahun.
  • Contohnya The Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES)
Short Course

Short course atau kursus singkat adalah program dimana kita mempelajari tentang bidang tertentu terkait dengan keahlian. 

Degree

Degree atau gelar (menurut kamus Inggris-Indonesia) diasosiasikan sebagai jalur untuk menempuh studi di perguruan tinggi untuk mendapatkan gelar akademis. Misalnya gelar sarjana. Nah, beasiswa yang banyak adalah untuk masters dan doctoral degree.

You Might Also Like

2 comments

  1. Kalo bisa exchange program ko mau kemana Qis? Dari dulu penasaran sama YES itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berhubung YES cuma buat anak SMA, aku maunya ke Australia atau Kanada (soalnya gratisan) :3 Tiap tahun ada, cek aja PPAN provinsi masing-masing xD

      Delete

Ayooo! Dikomen dikomen. Dikomen dikomen.