ENJ 2016

Btw kali ini saya mau posting tentang ENJ atau Ekspedisi Nusantara Jaya 2016. Jadi ENJ ini adalah salah satu program Kemenko Kemaritiman yang dimulai tahun 2015. Hal ini tidak lepas dari keinginan dari presiden kita untuk membuat Indonesia sebagai poros maritim dunia. Btw ini ada sedikit kutipan dari situs resminya ENJ:

Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, yang bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) dan Kementerian Perhubungan dengan menggunakan kapal-kapal perintis dan Kapal Perang (KRI) dalam rangka meningkatkan meningkatkan wawasan kemaritiman untuk generasi muda serta penguatan konektivitas di pulau-pulau terdepan, terpencil dan wilayah perbatasan, melalui peningkatan akses terhadap kebutuhan bahan pokok sehari-hari, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, sarana dan prasarana, serta percepatan pembangunan di wilayah pulau-pulau dan perbatasan.
Oke udah dapat gambaran kan tentang ENJ? Intinya dengan program ini, generasi muda lebih bisa dekat sama laut sekaligus juga berkontribusi melalui berbagai kegiatan kemasyarakatan. Iya, seru banget bukan? Dan ini juga yang bikin saya tertarik untuk daftar. 

Untuk tahun ini ada 24 provinsi yang terlibat. Provinsi saya juga masuk. Nah, jadi saya daftar yang rutenya Kepri. Kapan lagi bisa keliling Kepri, gratis pula! Haha. Meskipun sebenernya saya ngga bisa berenang atau ngga doyan-doyan amat sama makanan laut, saya tetep cinta laut. 


Jadi target program ini adalah sebanyak 2000 orang dan hal ini menimbulkan polemik di antara caper-caper (calon-calon peserta) karena yang dinyatain lolos tiap provinsi cuma 15-25 orang, dan totalnya peserta hanya sekitar 400an orang. Asumsi saya sih sisanya itu dari universitas yang diundang. Dan beruntunglah saya karena nama saya nyantol untuk kegiatan ini, meskipun kampus saya ngga diundang. Yaaaay!!! .... *diem* *inget skripsi* Seenggaknya selesai sidang skripsi bisa refreshing ngoahahaha

Oh iya, sedikit flashback. Meskipun saya gagal ikutan SSEAYP untuk keliling Asia Tenggara-Jepang, namun melalui ENJ saya dapat kesempatan untuk keliling Kepri. Memang rejeki ngga kemana. Apapun bentuknya. Asean gagal Kepri pun jadi. Selalu ada hikmah dibalik semuanya, asal mau bersabar dan berusaha #eaaa 

Komentar

  1. Sama kita peserta ENJ 2016 juga,salam kenal dan selalu semangat :), kunjungi saufigreen.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum kak, saya Novi, kak saya boleh minta contact atau email kakak. saya mau tanya-tanya seputar ENJ, kalo boleh ini email saya kak novitaaz137@gmail.com terimakasih :)

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum kak, saya Novi, kak saya boleh minta contact atau email kakak. saya mau tanya-tanya seputar ENJ, kalo boleh ini email saya kak novitaaz137@gmail.com terimakasih :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Ada pertanyaan, kripik dan saran?

Postingan Populer